review website kampus indonesia

Review Website Kampus Indonesia, Siapa Yang Menjadi Terbaik

Taufiksi – Website emang menjadi hal yang sangat wajib untuk sebuah kampus, karena bisa menjadi media informasi tentang kampus tersebut.

Dari sebagian besar universitas di indonesia sudah mempunyai website. Banyak sekali juga macam macam desain websitenya.

Entah itu unik ataupun tidak membingungkan buat si usernya. Tapi intinya website untuk kampus memang menjadi komponen media informasi.

Karena tidak semua informasi di tempelkan pada mading, emang kamu mau ingin masuk universitas tersebut tapi susah ingin tau informasi kampus tersebut.

Bahkan harus susah susah ke kampusnya yang padahal ada di luar pulau tempat kamu tinggal. Maka dari itu dengan menggunakan website semua informasi menjadi lebih mudah.

Kampus di indonesia itu ada banyak sekali, seperti contohnya UGM, ITB, UI dan lain sebagainya. Menurutmu bakalan bagus apa ngga website kampus yang ada di indonesia ?.

Baik atau buruknya sebuah website menurut orang awam adalah dari aspek user experience-nya, misalnya apakah website tersebut tidak membingungkan.

Meskipun tampilannya menarik kalau navigasinya tidak jelas, itu sudah pasti user yang menggunakannya akan kebingungan.

Aspek Yang Membuat Website Kampus Jelek

Ada beberapa aspek lainnya yang bisa membuat website jelek di mata user, apa saja itu? Bukan jelek sih, tapi perlu untuk di perbaiki di beberapa hal.

User Experience

Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa sebuah website harus memiliki tampilan yang sangat ramah untuk user.

Bagaimana bisa user akan memahami semua informasi yang di tampilkan di dalam website tapi website tersebut tidak mudah untuk di pahami juga.

Jadi menurut saya user experience menjadi komponen yang sangat penting untuk sebuah website, apalagi website kampus.

Rata rata webiste kampus indonesia sudah mempunyai user experience yang baik, tentu ini menjadi poin plus.

Kecepatan Website

Biasanya website kampus itu mempunyai gambar gambar yang cukup banyak, dan ini akan memberatkan si website tersebut.

Tentunya si user akan kehilangan mood jika membuka website tapi lemotnya minta ampun karena ada beberapa komponen yang memberatkan website.

Seperti javascript juga bisa memberatkan website. Dan serperti yang sudah saya katakan jika gambar memang menjadi komponen yang bermasalah dengan kecepatan.

Saya pernah tuh masuk kedalam sebuah website kampus di indonesia dan itu sangat lemot karena harus internet mengunduh gambar yang terlalu besar sekitar 8mb.

Dua detik aja untuk membuka website sudah termasuk lama loh, dan ini akan menghilangkan pengunjung.

Apalagi yang harus meloading website hanya karena browser mengunduh gambar dulu yang besarnya minta ampun.

Daftar Website Kampus Di Indonesia

Yep, saatnya untuk membuat daftar website kampus yang ada di indonesia yang mungkin bisa kamu kunjungi juga dan mendapatkan informasi.

Berikut ini adalah daftar website universitas yang ada di indonesia, yang bisa buat refrensi kamu untuk freelance membuat website sekolah.

Website ITB (Institut Teknologi Bandung)

ITB adalah salah satu kampus ternama di indonesia, memang sangat banyak mahasiswa yang ingin masuk ke kampus tersebut.

Bahkan sayapun dulu sempat ingin masuk ke universitas tersebut, karena memang kelihatannya sangat cerah jika masuk ke situ wkwk.

Tapi mau gimana lagi ya kan wkwk. Dan untuk website ITB bisa di bilang sudah baik sih, seperti user experiencenya bisa di pahami dengan mudah oleh pengunjung.

Bahkan untuk masalah kecepatan bisa di bilang lumayan lah, dalam kategori cepat kalau menurut saya, meskipun ada beberapa gambar tapi sizenya tidak terlalu memakan internet.

Website UGM (Universitas Gajah Mada)

Untuk sekelas universitas yang di gadang gadang memang menjadi universitas terbaik di indonesia sudah pasti mempunyai website dengan performa yang ciamik dan tentunya menarik.

Semua informasi tentang universitas gajah mada ini tersedia di dalam websitenya, bahkan jika kamu masuk kedalam home maka akan mendapatkan tontonan vidio.

Loadingnya pun lumayan cepat meskipun ada vidio pembuka seperti salam sambutan sekilas tentang universitas tersebut.

Tidak menutup kemungkinan memang universitas gajah mada menjadi salah satu kampus terbaik di indonesia, karena dari websitenya saja sudah kelihatan berkelas.

Bisa di bilang rapih juga, dengan navigasi yang mudah untuk di pahami oleh orang awam, ada yang bilang kalau pembeli adalah raja, tapi kalau di website pengunjung adalah raja.

Tau dong kalau websitenya lemot gimana, website ibarat istana dan pengunjung adalah raja, kalau istana berantakan raja pasti akan kesal.

Yap semacam itulah.

Telkom University

Telkom university adalah salah satu kampus IT idaman bagi beberapa orang. Bahkan mungkin ada yang rela tidak masuk negeri untuk kampus ini.

Jurusannya bukan hanya tentang IT juga sih ada seperti manajemen bahkan ada akuntansi juga di telkom university.

Emm agar lebih enak kita panggil dengan sebutan Telyu, jadi sebagai kampus yang mengungsung teknologi apakah punya website yang menawan ?.

Tentu saja telyu punya sebuah website akademisi yang menurut saya dari tampilan sangat friendly namun loadingnya agak sedikit lambat, atau gara gara koneksiku ?.

Entahlah tapi secara tampilan saya sih oke. Dengan aksen warna merah yang memang identik dengan telkom.

Bisa cek sendiri dah websitenya.

Binus University

Nah, terus ada dari kampus binus nih. Binus merupakan salah satu kampus idaman juga sih, dan rumornya anak anak binus itu hits semua.

Entahlah mungkin kalau ada anak binus bisa komentar wkwk karena saya juga belum pernah masuk ke binus dan di dalamnya ada apa aja juga tidak tau.

Binus kalau setau saya untuk jurusan IT juga sangat bagus jadi tidak menutup kemungkinan kalau binus menjadi kampus terbaik dong.

Yaps kamu bisa cek sendiri aja wkwk karena saya sudah bingung hehe. Ini artikel udah panjang banget ya wkwk.

Universitas Jendral Soedirman

Terakhir deh, ini ada kampus yang berasal dari purwokerto. Emm bisa di bilang salah satu kampus negeri di purwokerto dan menjadi satu satunya kampus tertua di purwokerto wkwk.

Website kampus ini bisa di bilang mempunyai exeperience yang lumayan yang saya sukai adalah tampilan navigasinya yang sangat rapih dan terlihat jelas.

Namun bukan berati tidak ada jeleknya, pasti semua website mempunyai kekurangannya masing masing termasuk website unsoed.

Pribadi saya sedikit tidak suka dengan beberapa tampilannya sih dan mungkin agak sedikit lelet ya ? hmm.

Tapi overall sangat bagus lah.

Penutup

Yaa, kita sudahi dulu artikel ini karena saya sudah ngantuk dan ingin tidur, bantal juga sudah menunggu untuk di tiduri.

Jadi sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.