gaji web developer

Web Developer dari Gaji Profesi Freelance Sampai Tugasnya

Memang membuat website akan sangat menyenangkan, dan tugas tersebut biasanya di pegang oleh seorang web developer.

Dengan menjadi developer terutama pada bidang website, kamu harus menguasai suatu bahasa pemrograman atau yang biasa di sebut dengan coding.

Baca : Apa Itu Coding

Banyak sekali bahasa pemrogramman yang mendukung untuk kamu membuat website. Karena artikel ini membahas secara umum mengenai apa itu web developer beserta gaji gajinya, jadi tidak ada tutorial khusus untuk membuat website.

Kalau ingin belajar membuat website bisa kunjungi Republik Code untuk tutorial membuat website dari nol, yang bisa di akses secara grats.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Daftar Isi

Apa Itu Web Developer

Tentunya kamu sudah mengetahui bahwa web developer itu bertugas untuk membuat website. Namun untuk melengkapi artikel ini, mungkin akan sedikit panjangan dikit ya ocehan mengenai pengertian ini.

Secara singkat web developer adalah seorang programmer yang mengembangkan website yang bekerja sebagai pembuat, perancang dan memelihara suatu situs web atau aplikasi berbasis website.

Seorang web developer tau bagaimana caranya membuat website dari nol dengan membuat source code custom jika memang di perlukan fitur khusus untuk website yang sedang di kembangkan.

Bisa di bilang mereka adalah orang yang bertanggung jawab penuh untuk membuat dan mengelola website. Namun jika ingin mengulik lebih dalam, pekerjaan ini memiliki tugas yang sangat banyak, akan kita bahas setelah ini.

Kebanyakan dari web developer di pekerjakan oleh perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak di bidang IT atau bidang konsultasi komputer.

Tidak jarang pula beberapa pengembang website bekerja sebagai freelancer yang tidak terikat dengan perusahaan namun terikat pada client mereka.

Baca Juga : Cara Menjadi Freelancer

Atau kalau kamu tidak tertarik menjadi pengembang website bisa juga menjadi mobile dev terutama android. Namun saran dari minsi untuk fokus pada satu bidang terlebih dahulu. Kuasai yang ingin kamu capai.

Tugas Web Developer

Ohh ya, kamu juga harus tau, ini juga untuk menyederhanakan artikel ini ada beberapa jenis web developer seperti list berikut ini :

  • Front End Dev
  • Back End Dev
  • Full Stack Dev

Di ketiga jenis tersebut mempunyai tugasnya masing masing, seperti yang di jelaskan di bawah ini.

Front End

Di dalam pengembang front end memiliki tugas yaitu di haruskan untuk mendesain dan membangun antarmuka website.

Beliau inilah yang bertugas mulai dari penggunaan font, warna dan bahkan menu dropdown dan slider mereka yang mengurusnya.

Bukan berarti jika seorang front end developer itu kerjaannya nyantai karena cuma ngurusin antarmuka doang ya wkwk. Menguasai beberapa bahasa programming juga hukumnya wajib bagi mereka.

Seperti contohnya HTML, CSS dan Javascript kalau soal pecahannya seperti framework bisa menyusul. Contohnya framework css ada bootstrap dan framework javascript ada jQuery.

Back End

Jika front end bertugas di antarmuka, maka back end ini mempunyai tugas di sisi server. Atau kasarannya adalah melakukan perhitungan, menyimpan data pengguna dan memproses form pendaftaran dan lain sebagainya.

Back end juga wajib menguasai bahasa pemrogramman, karena tugas back end ini sangat inti sekali dalam proses pengembangan website.

Contoh bahasa pemrogramman yang wajib di kuasai oleh back end developer adalah PHP, Phyton, SQL dan lain sebagainya.

Full Stack

Yakin mau jadi full stack developer ? Sulit banget loh, itu menurut minsi sih wkwk. Karena kamu harus bisa menguasai front end sekalian back end nya.

Namun tenang aja, kalau kamu ingin menjadi full stack bisa kuasai node JS karena bisa mencakup keduanya. Pelan pelan aja, ikuti arusnya janga tergesa gesa.

Gaji Seorang Web Developer

Untuk gaji, bisa terbagi menjadi beberapa kategori yang bisa minsi simpulin. Jika kamu bekerja sebagai web developer di perusahaan pasti akan memiliki gaji yang tetap. Mari kita bahas satu persatu.

Gaji Web Developer Di Perusahaan

Untuk gaji profesi ini di perusahaan bisa mencapai sekitar 5 – 12 juta per bulan menurut lowongan kerja yang tersedia di indonesia.

Namun hal tersebut di pengaruhi oleh posisi dan jabatan yang bakalan kamu terima dan dimana kamu akan bekerja, bisa jadi kamu akan memperoleh gaji yang lebih besar.

Gaji Freelance Web Developer

Memang kalau kamu sudah berniat menjadi freelancer pasti akan ada client yang meminta bantuan kamu untuk membuatkan sebuah website.

Biasanya untuk gaji seorang freelancer dalam membuatkan website bisa mencapai 3 – 5 juta per project. Mungkin terdengar kecil ya, tapi bisa bayangin kalau kamu memang berjiwa freelance dan bisa mengerjakan project sebulan 3 kali aja berapa coba.

Namun ada hal yang perlu kamu ketahui bahwa skill juga mempengaruhi. Berikut ini adalah skill yang bisa buat bekal kamu menjadi web developer.

Apa Aja Skill dan Kualifikasi Web Developer ?

Jika kamu sudah bertekad untuk menjadi seorang developer website, maka kamu paling tidak memiliki skill berikut ini agar bisa bersaing dengan developer lainnya.

Teliti Dalam Memecahkan Masalah

Kalau kamu tidak teliti dalam memecahkan masalah, itu adalah kesalahan terbesar untuk kamu yang ingin menjajaki profesi ini. Kenapa ? Bisa bayangin kan, satu kesalahan penambahan koma di dalam codingan kamu akan berakibat fatal untuk websitemu.

Maka dari itu pengembang harus ahli dalam memecahkan masalah dan dan yang paling penting adalah teliti.

Pengetahuan Luas

Kamu juga harus berpengetahuan luas, kalau bisa kamu harus belajar ngeblog untuk memperoleh pengetahuan yang luas tentang dunia perkodingan maupun perkomputeran.

Selain itu kamu juga harus memiliki pondasi yang kokoh tentang teknologi, karena akan terus menerus berkembang tanpa ada batasnya. Tidak usah muluk muluk ingin sejajar dengan teknologi cukup sekedar tau aja udah cukup kok.

Multitasking

Kemampuan multitasking ini akan berguna jika kamu ingin menjadi web developer, terutama untuk full stack.

Kegunaan multitasking yang lainya juga bisa di terapkan kalau kamu seorang freelancer, karena harus mampu menyelesaikan masalah atau banyak proyek sekaligus.

Penutup

Mantap bukan, masih ingin menjadi web developer yang handal ? Semangat, jalanmu masih sangat panjang dan jangan menyerah.

Kita cukupin sampai di sini karena minsi cukup sibuk untuk beberapa pekerjaan seperti tidur dan males malesan wkwk. Engga engga, cuma lagi magang aja.

Well, sekian artikel ini. selamat beristirahat dan sampai ketemu di artikel berikutnya. Bye.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.