use case

Use Case Diagram Contohnya Beserta Penjelasan Lengkap

Hallo teman teman, akhirnya setelah berminggu minggu ngga update artikel sekarang update dan kali ini akan membahas tentang use case diagram.

Yah, gitulah karena ke-mageran yang menyelimuti tubuh, jadinya berimbas pada rasa malas yang kian menggerogoti. Namun tenang saja, minsi akan mencoba dengan sekuat tenaga melawan rasa ini wkwk.

Okelah dari pada lama – lama, kita langsung aja mengupas tuntas persoalan use case diagram. Mungkin yang biasa di temui oleh sejumlah mahasiswa jurusan informatika. Dan jika lebih spesifik biasanya di mata kuliah rpl atau ppl gitulah.

Materi ini memang biasanya di gunakan pada bidang digital, bagi mereka yang tiap hari membuat berbagai aplikasi atau yang di sebut developer baik itu android atau website penting untuk tau.

Mari simak penjelasan yang mungkin aja kamu sedang mencari cari contoh use case atau pengertiannya gitu.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Isi Artikel

Apa Itu Use Case Diagram

Pengertian use case sendiri adalah kegiatan yang saling berkaitan dari users dan aplikasinya. Umumnya bisa di artikan sebagai teknik yang di gunakan untuk pengembangan software.

Kenapa pengembangan software harus menggunakan use case ini ? Jika ada yang bertanya begitu, tentunya akan sangat berguna.

Misalnya kamu ingin mengetahui seberapa banyak kebutuhan fungsionalitas dari software yang kamu buat tersebut. Nah Use Case Diagram adalah sebuah proses penggambaran yang di lakukan guna menunjukan sebuah hubungan antar users dengan sistem, dalam bentuk diagram.

Masih bingung ? Sebenarnya use case ini terbilang cukup mudah di pahami. Namun terkadang membuat beberapa orang pusing terutama yang nulis ini waktu awal awal masuk kuliah wkwk.

Pemrogramman aja ngga tau apa lagi use case dan lain lain wkwk. Tapi alhamdulilah sekarang juga belum terlalu ngerti haha.

Maka dari itu, dengan di buatnya artikel ini anggap aja sebagai catatan supaya tidak lupa.

Fungsi Use Case Diagram

Setelah diatas sempat menyentil salah satu fungsi dari use case ini, namun ada beberapa lagi fungsi use case diagram yang perlu di ketahui, sebagai berikut :

  • Menunjukan hubungan user dengan aplikasi
  • Menggambarkan proses bisnis yang sedang di bangun
  • Menjembatani developer dengan user mendeskripsikan aplikasi

Manfaatnya

Jika ada fungsi yang di dapatkan, sudah pasti ada banyak manfaat yang bisa di ambil oleh materi ini, apa saja ? Berikut ini beberapa manfaatnya, simak selengkapnya :

  • Bisa di gunakan untuk verifikasi aplikasi
  • Berguna untuk gambaran interface dari sebuah sistem
  • Identifikasi user yang dapat berinteraksi dengan sistem
  • Mempermudah komunikasi

Componen Use Case

Fungsi udah, manfaat udah, sekarang kita bahas komponen yang terkandung di dalam use case diagram. Apa aja sih ? Simak selengkapnya :

Sistem

Sistem secara umum di gambarkan dalam bentuk persegi. Kenapa bentuknya persegi ? karena untuk membatasi interaksi dari luar sistem.

Untuk mengetahui fungsi sistem itu apa, kita harus memberikan label yang sesuai. Tapi tidak di beri gambar karena tidak terlalu memberikan makna pada sebuah diagram.

Actor

Peran dari actor ini sangat penting, tentu ini berguna untuk menciptakan use case jadi lebih mudah. Fungsi actor di sini adalah menjelaskan siapa yang berinteraksi dengan sistem.

Lebih jelasnya actor adalah segala hal yang di luar sistem yang akan menggunakan sistem tersebut. Bisa dalam bentuk manusia, sistem atau device yang memiliki peranan dalam keberhasilan aplikasi.

Use Case

Sebuah gambaran fungsional dari sebuah sistem merupakan definisi dari use case itu sendiri, seperti yang ada di atas juga sih.

Contoh Use Case Diagram

Hadeh kok cape sekali rasanya ya. Tapi mau gimana lagi ya habis ini mungkin akan kita tutup aja deh mau tidur.

Mesin ATM

Yah begitulah.

Penutup

Karena minsi lagi mager, maka kita sudahi dulu penjelasan pada materi ini. Semoga bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Ohh ya, minsi saat ini sedang membangun artikel tentang semua berita yang bersliweran di sini

Sampai jumpa. Terima kasih.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.