tujuan membuat blog

Tujuan Membuat Blog Sebenernya Buat Apa Sih ?

Taufiksi – Udah lama juga ngga nulis artikel ya, pengin nulis yang agak santai aja kayak ngebahas emang apa tujuan membuat blog. Emang ada untungnya ya ?. Kalo ada emang apa untuknya membuat blog di masa sekarang.

Dulu saya juga pernah membuat sebuah artikel yang membahas alasan programmer harus ngeblog. Berbeda dengan youtube, kalo youtube itu kita ngevlog, yahh bisa di bilang itu adaptasi dari kata blog sih, ngga tau juga deh.

Kalau ada yang bertanya tanya untuk apa sebenarnya ngeblog, setiap orang pasti punya tujuannya masing masing, tidak akan bisa di sama ratakan. Mungkin ada yang hanya sekedar hobby menulis, atau ingin terkenal tapi tidak bisa banyak omong di depan kamera.

Yang pasti semua pasti ada tujuan masing masing. Sama halnya tujuan hidup, emangnya semua harus lurus lurus aja ? Saya kenal beberapa sosok teman yang jika di tanya tujuan hidupnya untuk apa, dan itu sudah pasti akan di jawab dengan gelengan kepala atau dengan beberapa jokes.

Bakat ?. Apakah ngeblog butuh bakat, saya kira tidak sekaku itu untuk ngeblog di sebut bakat, jika di lihat dari beberapa tulisan saya emangnya itu sebuah bakat. Banyak sekali tulisan tulisan saya itu saya anggap sampah karena jauh dari kata sempurna.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Terus kalo gitu untuk apa sebenarnya ngeblog jika emang tidak ada yang di capai. Mungkin saya akan bahas secara umum aja kali ya.

Apa Itu Blog ?

Sebelum membahas tentang tujuan, saya rasa lebih baik untuk basa basi mengenai pengertian blog itu sendiri dulu.

Dari wikipedia di tulis bahwa blog itu berasal dari dua kata yaitu web dan log yang merupakan aplikasi web yang terbentuk dari berbagai tulisan. Dan biasanya tulisan ini di urutkan dari yang terbaru ke yang terlama.

Awal mula kata blog ini di populerkan oleh blogger.com yang saat ini menjadi milik dari google. Dan sampai sekarang sudah banyak sekali blogger blogger yang berkeliaran.

Tapi tidak banyak juga orang yang beranggapan jika ngeblog itu sudah sangat susah sekarang dan sudah ketinggalan jaman. Atau mengatakan kalau youtube lebih di cari oleh orang orang. Itu benar dan saya tidak akan menyangkalnya.

Fungsi Blog

Kalau sudah ada youtube, terus sekarang fungsi blog itu buat apa ? Apa cuma buat yang hobby nulis doang. Jika di rasa untuk orang orang yang hobby nulis doang mungkin tidak sepenuhnya benar.

Terus apa aja fungsi dari blog ?. Mari kita bahas itu disini.

Marketing

Bukan rahasia umum jika blog adalah salah satu teknik marketing yang bisa kamu terapkan selain menggunakan sosial media. Kenapa blog bisa menjadi salah satu teknik marketing. Kamu sadar ngga kalau rata rata website jualan itu mempunyai blognya masing masing.

Ubah Tampilan Blog

Tampilan blog cuma gitu gitu aja ? Mungkin kamu perlu mencoba beberapa template untuk menambah suasana baru di blog yang kamu miliki.

Kenapa mereka mempunyai blog ? Tentunya untuk strategi marketingnya. Dan ada satu hal yang perlu kamu tau kalau marketing menggunakan blog itu gratis. Tentu kamu tidak perlu repot repot iklan asalkan kamu tau caranya SEO dan lain lain dengan menggunakan blog.

Maka dari itu banyak website yang menggunakan blog untuk stategi marketing mereka. Perlu contoh ? Oke deh kita ambil aja contohnya marketplace sepert tokopedia. Bukankah tokopedia juga mempunyai blog ?

tokopedia blog

Kenapa marketplace sekelas tokopedia saja mempunyai sebuah blog, ya salah satunya itu menjaring pengunjung melalui teknik SEO google. Sudah berapa banyak juga keyword di google yang di lahap oleh blog blog seperti tokopedia dan lainnya.

Bahkan buat blogger pemula saja tidak ada harapan.

Branding

Blog juga bisa kamu gunakan sebagai cara untuk membranding dirimu. Entah itu kamu sebagai programmer, freelancer, designer, enginer, dokter, apoteker, seller, gamer, yutuber, manajer, teacher, dan er er lainnya.

Kamu bisa membuat blog dan menceritakan apapun yang kamu mau ceritakan. Kita ambil contoh aja emm petani deh. Kenapa petani ? emang ada bisa ya petani ngeblog. Bisa bisa aja sih, dan lagi pula keyword untuk petani juga banyak topiknya.

Misalnya seperti obat obatan untuk mengusir hama tumbuhan atau apa gitu pasti banyak yang mencari, meskipun tidak sebanyak keyword lainnya. Tapi itu menandakan jika petani aja bisa buat memulai ngeblog dengan berbagi cara cara mengatasi hama kek atau apa kek.

Tapi sepertinya kamu masih belum puas dengan argumen tersebut, mungkin kita ambil contoh lagi seperti sopir. Sopir juga bisa bikin blog tentang tips cara mengemudi yang baik dan benar, atau cara merawat mobil dan lain sebagainya. Ahh masih banyak lah intinya, dan itu semua bisa menjadi branding untukmu.

Tujuan Membuat Blog

Tujuan ngeblog dengan fungsi sebenarnya tidak jauh beda, hanya saja jika tujuan lebih kepada personal, seperti yang udah saya bilang kalau tujuannya setiap orang itu beda beda. Tapi kurang lebih akan seperti dua poin fungsi diatas sih.

Sumber Passive Income

Siapa juga yang tidak mau mendapatkan income tambahan. Kenapa saya sebut sebagai passive income, karena pastinya kamu sudah mempunyai beberapa pekerjaan misalnya seperti menjadi petani, dan kamu bisa ngeblog dan mendapat passive income dari blog meskipun di tinggal berkebun dan lain lain.

Karena blog di tinggal juga masih bisa berjalan, yahh lebih bagus lagi kalau kamu sering mengupdate blog yang kamu miliki itu akan lebih bagus lagi.

Dari mana kamu bisa mendapatkan passive income dari blog ?. Ada banyak sekali cara kamu mendapatkan passive income melalui blog seperti adsense atau menjual produk produk yang kamu miliki.

Kalau kamu mempunyai produk ini akan lebih mudah mendapatkan passive income. Contohnya petani lagi deh, kalau petani kan pastinya mempunyai barang hasil bumi kan, nah itu bisa juga di jual melalui blog yang kamu miliki.

Atau bisa juga dengan mempromosikan obat obatan pengusir hama dan lainnya. Banyaklah yang bisa kamu lakukan jika kamu membuat blog sebagai sumber passive income.

Penyalur Hobby

Ada beberapa orang yang hobby-nya menulis, maka dengan membuat blog maka tujuan hobby menulisnya terlampiaskan. Yahh hobby emang menjadi salah satu kewajiban yang sangat penting bagi seseorang.

Menjadi Influencer

Tujuan membuat blog selanjutnya adalah untuk menjadi seorang influencer. Kamu tau apa itu influencer ?. Secara harfiah kata influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada orang lain, tapi tentunya pengaruh yang baik ya.

Influencer bisa menggunakan platform apa aja, seorang yutuber aja bisa di katakan influencer jadi tidak ada bedanya dengan blogger.

Memperluas Pertemanan

Pertemanan di internet itu sangat luas, dan kamu juga bisa mendapatkan teman dengan melalui blogging. Dengan kamu mempunyai jaringan pertemanan yang luas maka akan membuka banyak sekali peluang seperti pekerjaan, jodoh mungkin.

Dokumentasi

Tidak jarang pula orang orang yang ingin menjadikan blog sebagai dokumentasi online semacam buku harian dan lain lain.

Dengan menjadikannya dokumentasi maka siapa tau bisa juga bermanfaat bagi orang orang yang sedang membutuhkan.

Penutup

Hehe, mungkin begitu aja mengenai tujuan membuat blog yang bisa saya tuliskan, sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.