text editor

Tips Memilih Text Editor Untuk Ngoding

Taufiksi – Oke kali ini saya ingin membahas masalah text editor, karena sebagai programmer butuh alat untuk merancang aplikasinya dan menulis codingan dong.

Ada banyak untuk saat ini text editor yang berkeliaran, entahlah tapi emang sudah banyak sekali. Apalagi ngoding lewat smartphone aja sudah ada loh.

Mungkin saya hanya akan membahas yang bisa di gunakan di desktop aja kali ya, dan khusus untuk website aja.

Meskipun untuk ngoding buat mobile, atau desktop ada text editornya sendiri, tapi mungkin kamu sudah tau sih.

Kalau buat ngoding mobile android sudah ada seperti android studio dan bahkan kamu bisa menggunakan intelij.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Tapi ngomong omong text editor, kamu juga harus bisa memilihnya. Kenapa harus milih ? tentu ada beberapa kelebihan dan kekurangannya dong.

Saya akan menyediakan beberapa refrensi text editor yang mungkin bisa kamu gunakan, sebagai senjata kamu untuk mendevelopment website.

Text editor merupakan sebuah aplikasi yang di gunakan untuk menulis sintax dan kode dari program yang di tuliskan oleh sang programmer.

Sebenarnya udah di sediakan oleh sistem operasi, seperti windows menyediakan notepad, tapi nih ya tapi mungkin hanya programmer yang sudah sangat pro yang ngoding lewat notepad wkwk.

Coba aja sendiri kalau ingin ngoding sangat sangat manual dengan menggunakan notepad hehe, sapa tau kamu bisa di rekrut babang zuck.

Macam Macam Text Editor

Okelah daripada lama lama mungkin udah saatnya membahas berbagai macam editor yang bisa di gunakan programmer untuk ngoding.

Ada beberapa sih, editor yang bisa kamu gunakan, selain notepad ya. Dan juga pasti dilengkapi beberapa fitur yang bisa membantu proses ngoding.

Visual Studio Code

Yang pertama mungkin adalah visual studio code ya, karena editor ini cukup populer karena berbagai fungsinya.

Bahkan banyak sekali ekstensi yang bisa di gunakan di dalam editor ini, jadi akan lebih leluasa si programmer dalam membangun perangkat lunak.

Mungkin nanti nextnya saya akan membahas ekstensi yang bisa di gunakan oleh visual studio code supaya kamu lebih mudah menggunakannya.

Contohnya seperti ekstensi autocomplete dan lain sebagainya. Kamu cobain sendiri aja hehe, ngga tau kenapa agak mager juga sih.

Sublime Text

Kemudian ada sublime text, sebagai text editor yang cukup banyak di gunakan oleh programmer karena mempunyai kelebihan juga.

Bahkan untuk versi saat ini, sudah banyak sekali pengembangan di bandingkan dengan versi versi sebelumnya.

Editor ini mempunyai tampilan yang cukup elegan dan ciri khas warna coklatnya, dan tersedia untuk windows, mac dan bahkan linux.

Atom

Hampir sama seperti sublime tapi sedikit lebih berat jika memang harus di bandingkan. Tapi kalau boleh di bandingkan dengan tampilannya saya lebih memilih Atom.

Karena tampilan dari editor atom lebih terkesan kalem aja, dan enak di lihat hehe, tapi nih, visual studio bisa menggunakan tampilan dari atom loh.

Dengan menggunakan ekstensi maka sudah bisa menggunakan tampilan dari text editor satu ini. Sama seperti sublime yang bisa digunakan di windows, mac dan linux.

Notepad++

Kemudian, kamu bisa menggunakan notepad++ yang merupakan salah satu text editor lumayan banyak juga yang pake.

Text editor ini khusus bisa digunakan untuk windows dan free lisensi, artinya kamu bisa menggunakan tanpa mengeluarkan biaya.

Notepad++ mempunyai ciri khas tersendiri dan juga banyak fitur yang bisa di instal.

Penutup

Entahlah lagi mager banget cok, mungkin udah dulu kali ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.