syarat menjadi programmer

Syarat Menjadi Programmer Profesional Yang Kamu Perlu Tau

Taufiksi – Cuy, kamu ingin menjadi programmer tapi ngga tau syarat nya ?. Yee kan, sebenernya ada beberapa ketentuan supaya kamu bisa menjadi programmer seutuhnya.

Sebenernya ngga ada syarat khusus untuk menjadi programmer, karena siapapun bisa menjadi programmer entah itu dari jalur otodidak ataupun jalur pendidikan.

Hmm, yang dari jalur pendidikan aja belum tentu bisa ngoding loh. Ada banyak sekali orang yang ketika ujian di jokiin. Jadi jangan berkecil hati.

Masih banyak peluang di luaran sana yang bisa membuat kamu menjadi seorang programmer profesional.

Apalagi sekarang perusahaan perusahaan beralih semuanya ke dunia teknologi, jadi tidak menutup kemungkinan jika semakin di butuhkan profesi ini.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Ada pepatah programmer juga, kalau di indonesia itu sedang krisis programmer. Entah itu fakta atau tidak saya tidak tau.

Mungkin di artikel ini saya akan membahas secara keseluruhan tidak membedakan antara yang belajar otodidak ataupun dari pendidikan.

Apa Itu Programmer ?

Sudah menjadi kebiasaan jika menulis artikel harus di awali dengan basa basi, karena tidak mudah untuk bersaing dengan website raksasa di luaran sana.

Untuk kamu yang mungkin tidak tau profesi programmer itu ngapain aja, mungkin dengan penjelasan apa itu programmer bisa membuka wawasan.

Sebelumnya juga sudah saya buatkan artikel khususnya untuk membahas pengertiannya, tapi ternyata tidak tembus di google wkwk.

Jadi programmer adalah seseorang yang berusaha membuat sebuah program komputer yang bisa di konsumsi oleh publik dengan cara ngoding.

Sebagai programmer kamu tentunya akan di paksa untuk mempelajari bahasa komputer, ya banyak sih ada php, c++, java, kotlin wah banyak deh pokoknya.

Tapi kalo kamu sedang dalam proses belajar, tidak harus menguasai semua bahasa program, kuasai aja satu dulu.

Kenapa Kamu Harus Menjadi Programmer

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus menjadi seorang programmer, hmm bukan soal uang tapi ada yang lebih indah daripada uang.

Kepuasan

Dengan menjadi programmer kamu akan merasa puas ketika berhasil menyelesaikan error yang sudah satu jam di pandangi terus menerus.

Bahkan sampai terbawa ke sudut mimpi dan konyolnya lagi kamu bisa menemukan solusi eror tersebut di dalam mimpi tapi ironinya ketika kamu bangun langsung lupa.

Dikira Hacker

Sudah bukan rahasia umum kayaknya kalo programmer di anggap tukang hack, ya begitulah. Nikmati saja wkwk.

11 Syarat Menjadi Programmer

Daripada kelamaan mending langsung pada pembahasan karena saya juga sedang banyak sekali tugas tugas yang belum di selesaikan wkwk.

Suka Coding

Sebenarnya yang perlu menjadi syarat pertama adalah kamu harus suka pada dunia perkodingan, kalau ngga suka gimana mau jadi programmer.

Kan programmer juga membuat sebuah program dengan berbaris baris kode, atau paling tidak kamu suka dengan komputer deh.

Kalo kamu sudah ada ketertarikan maka sudah pasti kamu akan dengan mudah belajar menjadi programmer bahkan sampai profesional.

Anggaplah kamu sedang jatuh cinta pada pandangan pertama, apa yang kamu lakukan ? bohong kalo ngga melakukan PDKT.

Proses PDKT deh kita bahas, kamu kalo melakukan proses ini biasanya ribet kan, tidak beda jauh dengan PDKT bahasa pemrograman.

Mantapkan Tujuanmu

Kalau tujuanmu sudah jelas, maka semuanya akan terasa lebih mudah jika ingin di lalui, dengan memantapkan tujuanmu maka kamu akan menjadi lebih niat untuk menjadi programmer.

Tentu saja tidak mudah kalau kamu ingin menjadi programmer tapi kadang goyah akan sesuatu yang dirasa lebih menguntungkan.

Untuk menekuni dunia profesional kalau tidak ada tujuan yang jelas maka akan di pastikan kamu akan kehilangan mood dan bahkan menjadi tidak suka terhadap koding.

Jika sampai terjadi maka poin pertama akan menjadi sia sia. Bahkan ada banyak sekali resiko yang harus kamu hadapi di dunia programming.

Contohnya seperti tidak kuat adanya error, stress dan lain sebagainya.

Paham Minimal Satu Bahasa

Bukan seperti bahasa indonesia, yang saya maksudkan di sini adalah bahasa programming. Tentu kamu tidak harus menguasai berbagai macam bahasa programming sekaligus karena akan sangat membuang waktu kamu.

Paling tidak kamu sudah menjadi seorang programmer yang expert di salah satu bahasa programming, misal seperti c++ dan lain sebagainya.

Daripada kamu bisa semua bahasa pemrograman tapi dengan kemampuan yang sangat terbatas, bahkan hanya rata rata doang.

Tau Dasar Dasar Programming

Nah selanjutnya kamu harus tau bagaimana cara kerja programming, algoritmanya seperti apa dan masih banyak lagi yang harus kamu lakukan.

Contoh nih, seperti kamu harus tau bagaimana caranya memakai array kek, API kek atau apapun yang penting tau dasar dasarnya dulu.

Penutup

Terpaksa kita akhiri dulu, mungkin lain kali akan saya lanjutkan. Ngantuk bre




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.