syarat masuk teknik informatika

Syarat Masuk Teknik Informatika Yang Harus Kamu Tau

Taufiksi – Hai, kamu ingin masuk jurusan informatika ? Tapi bingung syarat masuk teknik informatika kayak gimana. Tentu saja saya juga tidak tau wkwk.

Mungkin kamu perlu menyiapkan barang barang wajib untuk mahasiswa it terlebih dahulu supaya tau apa saja syarat syaratnya.

BTW, artikel ini akan di tulis dengan sedikit humor yang sangat norak, karena saya sedang lelah mengerjakan skripsi yang tak kunjung selesai.

Jadi jangan di bawa suasana wkwk. Tapi sebisa mungkin saya menulis artikel yang sangat informatif supaya kamu tidak menyesal mengunjungi website ini.

Hayoo apa aja tuh syarat wajib masuk teknik informatika nya. Kalau ada yang tau bisa tambahkan di kolom komentar di bawah. Ohh tambahin gini, Subskrek dan share ke temen temen kalian wkwk dan jangan lupa dilike kalau anda suka. Udah kayak yutuber terkenal belum.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Hadeh malah curhat ngga jelas wkwk.

11 Syarat Masuk Teknik Informatika

Sebenarnya ada 50 syarat yang harus kamu lalui sebelum masuk teknik informatika. Namun supaya artikel ini tidak kepanjangan saya singkat aja.

Mental

Syarat pertama yang perlu kamu ketahui adalah kamu kuat mental dan tahan banting pokoknya supaya siap menghadapi tugas tugas yang membuat otak panas.

Bahkan bukan cuma panas, bisa bisa meledak kalau kamu tidak kuat mental wkwk. Saya pun hampir aja meledakan otak supaya tidak lagi mengerjakan skripsi.

Maka dari itu mental disini sangat penting. Kalau ada situs lain yang tidak menyertakan mental maka di pastikan kamu tidak bisa masuk teknik informatika wkwk. Canda dong wkwk. Tetap bisa tapi bakalan super duper pusing kayak saya.

Tidak Buta Warna

Memang tidak semua universitas menerima mahasiswa yang buta warna. Kenapa buta warna di anggap penting untuk masuk teknik informatika.

Mungkin ada beberapa mata kuliah di teknik informatika yang tidak di perbolehkan mempunyai buta warna seperti jaringan dan lain sebagainya.

Ya masa berurusan dengan kabel jaringan kamu buta warna hmm, nanti kalau ada yang salah gimana. Tapi tidak bisa digunakan sebagai acuan. Karena mungkin ada universitas yang memperbolehkan buta warna.

Lulusan SMA SMK MAN MAK Paket C

Ya, kamu bisa lolos dari syarat untuk masuk teknik informatika adalah dengan menjadi lulusan ke tujuh poin tersebut.

Tidak harus berasal dari SMA, kalau kamu dari SMK bahkan MAN bisa kok. Temen saya aja banyak yang dari MAN dan jago jago aja tuh wkwk.

Intinya kembali lagi ke poin pertama yaitu siapkan mental.

SMA IPA

Mungkin lebih spesifik lagi ya, SMA jurusan ipa biasanya di unggulkan untuk bisa masuk jurusan apapun bahkan bisa mengeksploitasi jurusan ips.

Kalau kamu jurusan IPA maka kamu beruntung lolos syarat masuk teknik informatika, karena kalau kamu jurusan ips biasanya agak kurang dalam hal matematika.

Bukan tidak mungkin ada murid IPS yang jago banget matematika namun akan lebih baik ipa. Ini juga berguna untuk masuk teknik informatika di PTN.

Lulusan SMK Tetanggaan Teknik Informatika

Kalau kamu lulusan SMK dari jurusan yang masuh tetangga dengn teknik informatika mungkin masih bisa masuk. Namun yang jadi masalah seperti mungkin di smk kamu jurusannya perawat, mungkin agak berat ya.

Bukanya tidak mungkin bisa masuk tapi kesempatannya terbilang sedikit. Kalau kamu SMK perawat sebisa mungkin untuk melanjutkan yang masuh satu RT.

Lolos Tes PTN

Saya tidak bisa bilang bahwa ini menjadi syarat penting, namun kalau bisa kenapa tidak. PTS pun tidak buruk juga untuk menjadi lulusan Teknik informatika.

Yang penting kamu lulus aja terlebih dahulu.

Bahasa Inggris

Syarat ini mungkin agak mainstream karena bahasa inggris yang bagus bisa menunjang mentalmu untuk masuk teknik informatika.

Kenapa mental ? Bayangin kalau tidak percaya coba kamu belajar kotlin untuk tau bahasa apa yang di pakai ketika program yang kamu buat error.

Matematika

No, kalau kamu menjadi maba teknik informatika dari semester 1 sampai 4 kamu akan berkutat dengan yang namanya kalkulus bahkan fisika masih di pelajari.

Tidak hanya itu, statistik yang kamu anggap enteng kamu akan bermain main dengan itu. Dan selamat otak kamu di kuras sampai ke akarnya wkwk.

Logika

Jujur ya, kalau kamu ingin memperbaiki logika kamu cobalah untuk masuk di teknik informatika. Kamu akan belajar bagaimana logika bekerja.

Meskipun saat sekolah kamu jarang berfikir, namun saat kamu masuk ke jurusan ini maka kamu akan mengalami perubahan dalam hidupmu.

Punya Komputer

Sudah baca barang barang wajib mahasiswa IT ? Kalau kamu tidak punya komputer mungkin tidak apa apa, siapa tau dari kampus tercinta mengadakan beasiswa untuk membeli laptop yang bisa kamu gunakan untuk ngoding.

Berharap aja, siapa tau rejekimu.

Pantang Menyerah

Semangat adalah jalan ninja dari mahasiswa IT, karena banyak sekali rintangan yang akan di lalui mulai dari error bahkan sampai masalah cewe wkwk.

Ya, intinya jangan mudah menyerah

Mau Belajar Hal Baru

Jangan males belajar hal baru kalau kamu masuk ke teknik informatika. Bisa di bilang kamu akan bertanding dengan ilmu teknologi.

Teknologi semakin berkembang tapi otak yang kamu miliki masih stack di situ situ aja.

Penutup

Sekian ocehan tidak jelas dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih babay




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.