membuat splash screen android studio

Membuat Splash Screen Android Studio Panduan Lengkap #01

Taufiksi (Purwokerto) – Hey saya kepikiran untuk membuat aplikasi android sampai jadi di mulai dengan membuat splash screen android studio.

Mungkin tutorial ini akan di baca kamu yang berasal dari jurusan informatika atau bahkan seorang android developer. Jadi kalau ada yang salah dalam codingan yang saya buatkan sebagai tutorial maka mohon maaf.

Tapi sebisa mungkin jika terdapat koreksi maka akan segera di perbaiki. Namun kamu bisa mengikuti tutorial tidak jelas ini yang mungkin saja di butuhkan.

Tidak perlu berlama lama lagi dan mungkin juga artikel ini akan sangat panjang, semoga kuat mengikuti ya.

Cara Membuat Splash Screen Di Android Studio

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Sebelum masuk ke tutorial apa kamu tau apa itu splash screen ? Jadi splash screen itu adalah tampilan layar awal dari sebuah aplikasi. Biasanya muncul sebelum aplikasi berjalan dan hanya beberapa detik saja.

Alat Yang Digunakan Membuat Splash Screen

Kita bongkar terlebih dahulu apa saja alat yang di gunakan untuk membuat aplikasi ini, supaya tidak ada kekeliruan dan error ketidaksengajaan.

Apa saja alat yang di gunakan ?

  • Android Studio, software untuk ngoding
  • Kotlin, bahasa programming
  • Nox, emulator. Tidak wajib, bisa menggunakan kabel data di sambungkan ke smartphone
  • Adobe XD, software untuk edit gambar
  • Sportify, ini yang paling berguna. Karena lebih enak ngoding sambil goyang wkwk

Rekomendasi Spesifikasi Hardware

Beberapa rekomendasi hardware yang di gunakan untuk bisa menjalankan semua alat yang ada di atas. Ya, contohnya seperti RAM gitu deh.

  • Sistem Operasi : Windows, Linux atau MacOS
  • Prosesor : Intel Dual Core (Rekomendasi i3 sampai i yang terbaru)
  • RAM : 1GB (Rekomendasi 2GB)

Oke oke, mungkin langsung ke tutorialnya.

Tutorial Membuat Splash Screen

Basa basinya ngga kepanjangan kan. Kalau kepanjangan bisa komen aja di bawah. Ohh ya kalau ada yang error dalam tutorial ini juga boleh banget diskusi di kolom komentar ya.

Adobe XD

Pertama tama kamu siapkan terlebih dahulu gambar yang ingin di munculkan pada splash screen. Kalau bingung download aja di google contohnya seperti gambar facebook. Cuma buat belajar aja.

Setelah punya gambarnya masukan kedalam Adobe XD. Kemudian export dengan cara ikuti langkah berikut : klik file > export > selected > android > export.

Setelah di export maka akan muncul beberapa folder dengan nama drawable dan sebagainya. Kalau bingung pada tahap ini bisa lihat vidio di bawah. Tapi juga terdapat beberapa revisi.

Di dalam vidio saya mengubah nama drawable menjadi mipmap, seharusnya tidak perlu di lakukan karena mipmap itu harusnya untuk icon. Kurang ngopi hehe.

Masuk Ke Android Studio

Pastikan juga kamu sudah mendownload android studio agar bisa memprogram aplikasi. Jika ada yang menggunakan aplikasi lain seperti eclips dan lain sebagainya maka kamu salah masuk kamar hehe.

Mungkin lain kali bikin tutorial menggunakan tools tersebut.

Buat New Project

Setelah kamu masuk ke android studio kamu tinggal klik pada button yang bertuliskan new project. itu akan membawamu kedalam halaman yang di penuhi dengan template untuk membuilding android.

Pilih Aja yang Empty Activity

Setelah kamu klik next. Maka kamu tinggal mengisi formulir seperti nama aplikasi tersebut, package name aplikasi lokasi penyimpanan, bahasa programming sampai SDK.

Disini kita akan menggunakan kotlin untuk membuat aplikasinya. Dengan minimum SDK pada API 21 atau setara lolipop.

Setelah menyeting kemudian klik next untuk lanjut pada poin berikutnya. Dan tunggu gradle sampai selesai, pada tahap ini kekuatan dari hardware yang kamu punya di uji wkwk.

Buat Package

Buatlah package yang bernama splash atau terserah mau di namain apa. Gunanya untuk apa ? mungkin bagi kamu yang android developer expert akan ketawa. Tapi menurut saya dengan membuat folder begitu akan mempermudah pengelolaan file yang nanti akan sangat banyak.

Kemudian di dalam package tersebut buat file activity dengan cara klik kanan pada package splash > new > activity > empty activity.

Isilah formulir yang di sediakan.

Masukan Gambar Ke Dalam Folder Res

Jika di dalam vidio sebelum memasukan gambar mengubah folder drawable menjadi mipmap itu salah ya. Yang benar ngga usah di ubah.

Langsung aja copy dan pastekan pada folder res. Maka yang akan terjadi adalah gambar akan masuk kedalam res > drawable.

Layout activity_splash

Bukalah file activity splash dan pastekan kode berikut ini.

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    tools:context=".splash.SplashActivity">

    <ImageView
        android:layout_width="286dp"
        android:layout_height="71dp"
        android:src="@drawable/facebook"
        app:layout_constraintBottom_toBottomOf="parent"
        app:layout_constraintEnd_toEndOf="parent"
        app:layout_constraintStart_toStartOf="parent"
        app:layout_constraintTop_toTopOf="parent" />
</androidx.constraintlayout.widget.ConstraintLayout>

Ubah Android Manifest

Masuklah ke android manifest untuk mengubah jalur activity agar splash screen di muat terlebih dahulu di bandingkan main activity.

Karena secara deafult kode main activity akan dimuat terlebih dahulu.

Masukan Library Anko Kotlin

Sebelum itu kamu bisa memasukan library kotlin yang sangat terkenal untuk mempermudah kamu memproses kodingan kotlin.

Banyak sekali manfaat dalam menggunakan library anko ini. Caranya cukup mudah yaitu tinggal memasukan kode di bawah ini kedalam gradle.

implementation "org.jetbrains.anko:anko-commons:0.10.8"

Coding SplashActivity.kt

Ini adalah tahap terakhir dalam perkodingan untuk membuat splash screen android studio. Masukan kode berikut ini.

package com.helpme.splash

import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity
import android.os.Bundle
import android.os.Handler
import com.helpme.MainActivity
import com.helpme.R
import org.jetbrains.anko.startActivity

class SplashActivity : AppCompatActivity() {
override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
super.onCreate(savedInstanceState)
setContentView(R.layout.activity_splash)

Handler().postDelayed({
startActivity<MainActivity>()
},2000)
}
}

Running

Selanjutnya kamu bisa running untuk melihat hasilnya apakah sesuai harapan atau tidak. Bisa menggunakan nox ataupun menggunakan kabel di sambungkan ke smartphone.

Vidio Membuat Splash Screen Android Studio

Saya juga membuat vidio tutorial no edit dan no cut paling hanya pause di tengah vidio karena kebelet buang air hehe. Kalau mau nonton juga tidak masalah.

Tutorial Splash Screen

Penutup

Ya begitulah, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Kalau ada yang perlu di diskusikan boleh di komentar di bawah.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.