samsung galaxy a52

Kelebihan Dan Kekurangan Sebelum Beli Samsung Galaxy A52

Taufiksi – Kamu pasti tau lah smartphone satu ini keluaran perusahaan asal korea selatan yaitu Samsung Galaxy A52. Beginilah kelebihan dan kekurangannya.

Hmm sebenarnya saya sedang tidak enak badan hari ini, tapi mungkin akan saya paksakan aja deh untuk membuat artikel paling tidak satu artikel.

Entahlah mungkin karena kebanyakan minum kopi. Atau mungkin kelelahan akibat banyak sekali project freelance yang hadir di minggu ini.

Kayaknya itu tidak terlalu penting untuk di bahas di sini ya wkwk. Karena kemarin saya sudah sempat untuk membahas salah satu saudaranya yaitu A50s mungkin alangkah lebih baiknya jika untuk membahas kakaknya.

Samsung Galaxy A52 bisa menjadi pilihan kamu yang sedang mencari smartphone kelas menengah keatas tapi di bekali dengan fitur yang bisa di katakan lumayan lengkap.

Bahkan ada beberapa kelebihan yang di usung oleh Samsung A52 ini, seperti contohnya bisa tahan air, yang tidak di miliki oleh A50s.

Yahh bisa di bilang ini adalah perkembangan pesat dari adiknya tersebut. Hal ini yang bisa menjadi pembeda di antara galaxy lainnya.

Samsung emang salah satu merek smartphone yang sudah melekat di setengah jiwa manusia saat ini. Dengan menawarkan harga dan kualitas yang bisa bersaing di kelasnya.

Di artikel ini di rilis mungkin akan sedikit terlambat karena memang samsung galaxy A52 ini di rilis pada tanggal 17 maret 2021 silam.

Tapi mungkin saja tidak akan sia sia. Karena ponsel ini masih eksis di pasaran, dan juga banyak yang mencari kelebihan dan kekurangan dari samsung galaxy A52 ini.

source : samsung

Harga Samsung Galaxy A52

Emm, mungkin sebelum membahas tentang kelebihan, kita perlu tau dulu harga di pasaran sekitaran berapa.

Karena harga smartphone semakin lama dari awal rilisnya semakin rendah maka akan lebih baik saya buat rentang aja kali ya.

Untuk harga dari smartphone samsung galaxy A52 ini berkisar di angka 4 jutaan, atau mungkin bisa mendekati angka 5 juta.

Tergantung di daerah mana kamu membeli smartphone ini, karena biasanya setiap daerah terkena pajak atau apalah itu.

Kelebihan Samsung Galaxy A52

Yang pertama kali akan kita bahas adalah kelebihan, karena tidak akan adil kalau nantinya yang di bahas adalah kekurangannya doang.

Ohh dan untuk spesifikasi lengkapnya tidak akan saya jabarkan di sini, karena saya lagi ngebuat sistem yang nantinya bisa memberikan informasi mengenai semua spesifikasi smartphone dengan lengkap dan jelas. Tidak terkecuali Samsung Galaxy A52.

Daripada lama lama bahas yang tidak jelas, lagi pula sedang tidak enak badan juga, inilah beberapa kelebihan Samsung A52 yang perlu kamu ketahui, bisa untuk menjadi bahan pertimbangan untuk membelinya.

Segi Design

Desain yang di usung oleh Samsung A52 ini benar benar fresh, di masanya. Tapi mungkin kalau sekarang sudah banyak yang menggunakan design model tersebut.

Samsung memang mungkin mendesain A52 ini dengan pendekatan yang berbeda di bandingkan dengan A51.

Lensa kamera yang di dalam modulnya tertata rapih dengan membentuk segitiga tumpul. Modulnya agak menonjol seperti sebelumnya, tapi yang membedakan warnanya selaras dengan body.

Tahan Air Dan Debu

Kalau kamu bertanya apakah Samsung Galaxy A52 tahan air atau tidak, mungkin jawabannya adalah Iya. Dan ini merupakan salah satu keunggulan yang sangat di butuhkan bahkan oleh para traveler.

Karena bagi traveler, mereka hanya fokus di perjalanan, memang di saat kondisi sedang hujan bisa memakai mantel, tapi dengan adanya Samsung Galaxy A52 ini, masalah teratasi dengan sangat cepat.

Kamu bisa bermain di bawah rintikan hujan tanpa harus khawatir smartphone kamu terkena air, atau bahkan kalau kamu ingin olahraga menyelam ini bisa di gunakan.

Tapi tentu saja ada batas waktunya dong, dan tingkat kedalamannya. Karena Samsung Galaxy A52 ini di lengkapi dengan sertifikasi IP67, maka sudah di pastikan bisa tenggelam sekitar 1 meter salam jangka waktu 30 menit.

Saya rasa itu belum cukup kalau kamu ingin menyelami palung mariana wkwk. Tapi cukup untuk gaya gayaan selfi di dalam air.

Tapi kalau buat saya tahan terhadap hujan aja sudah sangat cukup, yang penting tahan air aja karena akan lebih meringankan tidak bawa kantong plastik hanya untuk smartphone wkwk.

Layar Super Amoled

Bagi penggemar samsung pasti sudah tidak asing dengan layar beginian, karena hampir semua produk dari samsung menggunakan layar tipe ini.

Tidak terkecuali samsung galaxy a52 yang menggunakan layar infinity O-Super AMOLED, kualitasnya tidak di ragukan lagi memang. Dari segi warna dan pencahayaannya sangat natural.

Samsung Galaxy A52 memang menjadi salah satu produk dengan refresh rate 90Hz, dengan begitu kamu bisa menonton film dan lain lain dengan sangat nyaman.

Tentu ini sebuah poin plus ketika mata kamu bisa di manjakan dengan full HD+ dan tingkat kecerahan hingga 800 nits.

Kamera

Fitur kamera memang harus tidak luput dari perhatian penikmat gadget ya, tapi kamu tidak perlu khawatir karena ini juga merupakan salah satu kelebihan yang di usung.

Kebutuhan fotografi dan vidiografi di jaman sekarang memang tidak bisa di ragukan lagi, semuanya berlomba lomba untuk membuat sesuatu yang bisa di konsumsi oleh publik dalam bentuk digital.

Tapi tidak perlu khawatir, karena samsung A52 ini bisa menjadi salah satu solusi kamu yang ingin mencari smartphone dengan fitur kamera yang lumayan.

Samsung A52 di lengkapi dengan kamera utama 64MP dengan dukungan OIS atau Optimal Image Stabilization. Sehingga hasil vidio yang kamu rekam akan tampak lebih stabil.

OIS menjadi pembeda dari semua smartphone lain di kelasnya, memang fungsinya adalah untuk meminimalisir blur yang di akibatkan guncangan hal inilah yang membuat vidio kamu lebih stabil.

Tapi kita akan membedah 64MP, karena di bekali kamera sebegitu besarnya pasti ada rahasinya. Secara deafult kamera tersebut bisa menghasilkan gambar 16MP dengan metode 4 in-1 binning pixel dan kemudian 64MP bisa di buat.

Mungkin di antara kamu yang membaca ini ada yang suka dengan kamera ultrawide, tenang samsung galaxy A52 mempunyai kelebihan kamera ultrawide 12MP. Kurasa itu sudah cukup.

Kemudian ada kamera makro 5MP dan depth sensor 5MP. Ahhh tidak lupa kalau samsung A52 mempunyai kamera depan.

Kamu yang suka selfi atau vidio call mungkin akan senang, karena di lengkapi dengan kamera resolusi 32MP, sehingga kamera depan maupun belakang sudah bisa merekam vidio beresolusi 4K.

Baterai

Astaga, mungkin kamu yang hobby main game akan senang mendengar kabar ini. Karena samsung A52 di lengkapi baterai yang sedikit lebih besar dari pendahulunya.

Baterai memang menjadi salah satu masalah bagi setiap orang karena tidak di ragukan lagi kalau sedang bermain game pasti sampai baterai low.

Samsung A52 mempunyai kapasitas baterai 4500mAh. Sedikit lebih upgrade di bandingkan dengan pendahulunya kan.

Tidak lupa juga kalau ada teknologi fast charging. Yang bisa memungkinkan pengisian daya lebih cepat dari biasanya.

Jadi dengan adanya fitur fast charging ini kamu bisa mengisi baterai 50% tidak sampai hitungan jam. Bahkan hanya sekitar 30 menitan saja.

Performa

Jika bicara soal bermain game, mungkin A52 ini bisa di jadikan andalan. Karena di dukung dengan chipset yang di gadang gadang menjadi salah satu yang terbaik.

Siapa lagi kalau bukan snapdragon, memang banyak yang bilang kala exynos masih kalah dengan snapdragon dalam segi pengelolaan grafik.

Hal inilah yang menyebabkan samsung ingin mencoba kolaborasi dengan AMD guna merancang GPU yang lebih powerfull.

Samsung Galaxy A52 di berikan dapur pacu snapdragon 720G besutan dari Qualcomm dengan GPU Adreno 618 sebagai pengelolaan grafisnya.

Prosesornya menggunakan teknologi fabrikasi 8 nanometer, yang bertujuan untuk menunjang perangkat performa andalan. Kecepatannya bisa sampai 2,3GHz.

Tentu ini akan sangat cocok yang ingin mempunyai aplikasi berat atau hanya sekedar bermain game menghabiskan sore dengan secangkir kopi.

Material

Bahan yang di gunakan oleh A52 ini juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri. Selain bisa menunjang keamanan juga bisa menjadi kenyamanan tersendiri untuk usernya.

Material Polikarbonat di pilih dengan finishing mattenya membuat Samsung Galaxy A52 akan terasa nyaman ketika bersentuhan langsung dengan kulit.

Kemudian tidak hanya itu, body-nya juga di desain supaya tidak licin dan tidak mudah kotor karena bekas jari.

RAM

Masih di segi performa, Dan perlu kamu ketahui, RAM menjadi salah satu komponen yang lumayan penting untuk smartphone.

Samsung A52 mengusung 2 tipe varian RAM dan memori internal. Variannya tidak lain dan tidak bukan adalah Samsung Galaxy A52 dengan RAM 8GB dan memori 128GB. Kemudian RAM 8 Dengan memori 256GB.

Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri untuk smartphone di kelasnya, dan yang tidak kalah menariknya adalah Samsung Galaxy A52 sudah di lengkapi dengan jaringan 5G.

Lebih ngebut lagi bukan wkwk, selamat bermain game tanpa adanya lag atau bahkan ping merah wkwk. Emm tapi tergantung kondisi sinyal di tempatmu sih.

Kekurangan Samsung Galaxy A52

Kayaknya udah cukup panjang, padahal sedang tidak enak badan hmm, jadi untuk mempersingkat saya akan memberikan 2 kekurangan saja.

Hybrid

Beberapa mungkin sudah tau kegunaan dari hybrid di sini, dan pasti akan sangat mengesalkan kenapa harus menggunakan model hybrid.

Hybrid di dalam dunia gadget mungkin bisa di bilang, kamu tidak bisa memasang dual simcard dan microSD secara bersamaan.

Kamu harus mengorbankan salah satunya agar bisa di gunakan secara maksimal. Entah itu satu simcard dengan microSD, atau dual simcard tapi tanpa microSD.

Pilihan yang berat sama seperti memilih hadiah ulang taun kekasih.

Tebal

Di bandingkan dengan seri sebelumnya, A52 mempunyai body yang sedikit lebih tebal, yaitu bertambah sekitar 0,5mm.

Akan terasa sedikit tidak nyaman saat di genggam kelamaan. Di tambah lagi kalau kamu tambahkan casing atau apalah itu.

Tentu ini akan menjadi salah satu kekurangan Samsung Galaxy A52 yang tidak bisa kamu hindari dan harus menerima resikonya.

Penutup

Tertarik untuk meminang jagoan dari samsung satu ini, mungkin kamu perlu melihat spesifikasi lengkapnya lain waktu.

Karena tidak enak badan, nulis begini doang aja kayak hampir meninggal. Sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.