programmer harus ngeblog

Kenapa Programmer Harus Ngeblog ?

Taufiksi – Selamat pagi dunia, karena sedang sibuk sibuknya maka saya ingin membahas yang santai santai tentang programmer harus ngeblog.

Memang dunia blogging untuk sekarang sudah ketinggalan, tapi tetap masih ada peluang menggiurkan yang bisa di gunakan sebagai acuan.

Saya sangat yakin jika yang membaca artikel ini sudah pasti orang orang dunia IT ataupun calon programmer. Bahkan jika tebakan saya salah maka adalah seorang freelancer.

Yaa, itu semua hanya sekedar tebakan saja, tapi intinya menjadi programmer atau ngeblog adalah suatu yang berbeda tapi sama.

Ironisnya kalau kamu berjalan berdampingan mungkin akan mengalami yang namanya gejala tidak fokus hehe. Itu juga yang menyebabkan saya akhir akhir ini agak bingung.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika programmer di haruskan ngeblog. Mungkin itu yang harusnya kamu ketahui.

Apa saja menurutmu apakah programmer wajib punya blog atau tidak. Apakah programmer akan gagal jika mereka terjun ke dunia blogging ?

Hanya sebagian kecil saja, seorang programmer yang bermanuver ke blogging.

Alasan Programmer Wajib Ngeblog

Ada beberapa alasan yang mungkin terdengar tidak masuk akal namun pasti akan bernilai dan tentu saja ini bisa membuka peluang.

Apa saja alasan programmer tersebut di wajibkan ngeblog ?

Dokumentasi

Hal pertama yang perlu programmer lakukan adalah mendokumentasikan codingannya, mungkin kamu bisa menggunakan github.

Tapi ada beberapa alasan yang mungkin akan membuat kamu pindah pikiran untuk mendokumentasikannya kedalam blog.

Menurutmu apa saja keuntungan yang bisa di ambil dari programmer jika terjun ke dunia blogging ? ya, dokumentasi gratis.

Selain itu dokumentasi yang kamu buat di blog akan di baca oleh orang banyak dan yang pastinya dapat membantu orang tersebut tanpa kamu ketahui.

Ubah Tampilan Blog

Tampilan blog cuma gitu gitu aja ? Mungkin kamu perlu mencoba beberapa template untuk menambah suasana baru di blog yang kamu miliki.

Kenal Programmer Lain

Kamu bisa lebih banyak menjangkau orang orang yang sefrekuensi denganmu. Ya, misalnya sesama programmer.

Bisa juga saling sharing jika memang ada yang perlu di bahas, mungkin sharing error kek, atau apapun yang mungkin suatu saat kamu akan mengalami kesusahan.

programmer memang tidak akan jauh jauh dari yang namanya error, karena itu sudah menjadi makanan tiap harinya, siang malam sudah tidak ada kehidupan selain mengatasi error.

Ya ngga?

Upgrade Skill

Karena kamu memang ingin upgrade skill dengan sangat drastis maka mungkin kamu perlu terjun ke dunia blogging, karena blogging juga di haruskan untuk riset.

Tentu saja dengan riset tersebut kamu akan mendapatkan ilmu baru dan skill baru tentang dunia programming dan membantumu dalam proses development.

Yang saya rasakan jika ingin menulis artikel maka yang pertama yang harus di lakukan adalah mempelajari secara mendalam.

Anggap saja seperti sedang berperang.

Statistik

Alasan statistik mungkin sudah tentu sangat garing untuk di bahas, tapi memang benar jika statistik sudah menjelaskan semuanya.

Pada tahun 2019 silam, ada penelitian yang menunjukan jika ada banyak sekali programmer yang membagikan keahliannya di dunia blogging.

Jadi mungkin masih ada kesempatan untuk para programmer khususnya yang masih calon untuk terjun kedalam dunia blogging.

Coba aja dulu, kamu akan tau betapa nikmatnya ngeblog.

Dapat Jodoh

Hahaha, mungkin ini agak klise, tapi adaloh seorang programmer yang ngeblog dan dapat jodoh, mungkin karena tidak sengaja komen terus akhirnya nyaman.

Ya, begitulah kira kira.

Recehan

Kamu bisa mendapatkan uang tambahan jika memulai ngeblog. Gimana caranya kok bisa programmer dapat duit dari blog ?

Tentu saja sangat memungkinkan sekali, jika kamu sudah mendapatkan jodoh dari blog maka yang perlu di butuhkan adalah cuannya untuk mengajaknya ngedate wkwk.

Dan blogging mungkin bisa menutupi ngedate tersebut.

Kamu bisa menjual jasa mungkin dan ini membawamu kepada menjadi seorang freelancer juga, karena kalau blogmu ramai maka ada kemungkinan 1% mendapatkan client.

Kalau ingin lebih kamu bisa membuat sebuah produk, misalkan seperti ebook atau program seperti source code dan bisa di jual di dalam blogmu.

Itu juga bisa di jadikan ladang receh untuk seorang programmer. Atau ada satu cara lagi yaitu mendaftarkan blog kamu kedalam adsense.

Kekurangan Programmer Jika Harus Ngeblog

Kenapa saya harus membuat kekurangannya. Karena semua yang ada di dunia ini mempunyai kekurangan, yap tidak terkecuali untuk programmer yang ingin memulai ngeblog.

Kamu mau tau apa saja kekurangan jika programmer harus ngeblog ?

Males

Kadang kamu akan mengalami kemalasan yang sangat mendalam, entah itu bingung mau nulis atau mau ngoding, kenapa begitu.

Karena jika kamu membuat artikel tentang tutorial coding misalnya, kamu kan harus ngoding dulu jika ingin mempublish ke dalam blog kamu.

Yaps, kadang males banget rasanya karena sangat cape memulai untuk mengerjakan dua pekerjaan. Pengecualian untuk orang yang bisa multitask ya.

Bosan

Bakalan mudah bosan, karena setiap kali kamu riset maka yang akan kamu temui adalah itu itu terus. Mungkin ini bukan kekurangan ya karena bisa saja mengatasinya dengan berbagai cara.

Contohnya seperti cobalah kamu membuat artikel tentang travel atau apapun terlepas dari programming, ini mungkin akan menumbuhkan semangat lagi.

Titik jenuh mungkin saja sangat sering terjadi di semua orang karena mereka adalah manusia biasa.

Tidak Ada Waktu

Waktu yang kamu miliki akan semakin terbatas, misalkan waktu untuk tidur ataupun waktu untuk bersantai, namun beda ceritanya jika memang kamu melakukan blogging dengan di dasari oleh hobi.

Karena yang saya yakini, jika sudah hobi maka secape apapun kamu pasti akan tetap tersenyum.

Betulkah ? Waktu untuk pacar, gebetan atau bahkan untuk keluarga semakin sedikit karena kamu tentu saja harus mengurus bloggingmu.

Cape

Ini akan menjadi hal yang wajar karena kamu mungkin akan mengalaminya, belum lagi kalau kamu mempunyai usaha yang sangat banyak.

Resiko kamu jika ingin berkecimpung di dunia multitasking ini. Kamu harus mengorbankan rasa cape untuk tujuan yang pasti.

Banyak sekali yang perlu kamu lakukan jika ingin memulai ngeblog sampai bisa mendapatkan jodoh bahkan cuan dari sini.

Cari Tau : Laptop Bisnis Terbaik

Dan juga banyak yang akan di korbankan, tergantung kamu akan kuat menghadapinya atau tidak. Semuanya tergantung pada dirimu sendiri.

Penutup

Karena sudah cukup panjang, jadi mungkin akan saya akhiri sampai di sini, tapi intinya programmer dan blogger adalah suatu irisan yang saling berdampingan.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya, babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.