c++ menghitung luas lingkaran

C++ Menghitung Luas Lingkaran Penjelasan Super Lengkap

Teruntuk mahasiswa baru jurusan informatika, pasti kamu mendapatkan tugas algoritma pemrogramman untuk ngoding C++ menghitung luas lingkaran kan.

Itu kan yang bawa kamu sampai pada artikel yang di tulis kali ini. Mungkin agak pendek artikel yang minsi akan tulis karena udah banyak yang buat juga.

Namun sebisa mungkin saya akan menjelaskan dengan sangat lengkap dari pada artikel yang lainnya. Dan perlu di ketahui juga bahwa semakin baru tutorial coding maka semakin relevan juga untuk di pakai mata kuliahnya.

Setelah sebelumnya membuat artikel tentang menghitung keliling lingkaran. Kali ini ingin membuat yang luas lingkaran.

Kenapa di pisah sih min ? Ya suka suka dong wkwk. Dalam bahasa kotlin juga sudah saya buat. Siapa tau kamu ingin menjadi android developer kan ya.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Kalau kamu ingin menjadi programmer memang harus sudah mengetahui apa itu coding dan algoritma pemrogramman. Kenapa harus mengetahui hal tersebut ? Ya, karena jika kamu bukan seseorang yang ingin menjadi programmer tidak mungkin akan menemukan artikel ini wkwk.

Mungkin sudah terlalu lama ya pembukaannya hmm. Namun ingin berbasa basi terlebih dahulu sebelum kalian scrolling kebawah untuk mengetahui code c++ menghitung luas lingkaran.

Kenapa ? Tentu saja untuk menjadikan artikel ini nomer satu di urutan google supaya bisa di baca oleh kamu seperti sekarang ini.

Mengapa Harus C++ ?

Mungkin sebagian besar dari kamu sekarang bertanya tanya kenapa C++ di gunakan untuk standarisasi dalam mata kuliah yang ada di informatika kan.

Tentu saja karena C++ adalah bahasa tingkat tinggi yang relativ mudah untuk di pahami oleh para pemula. Yaa, dulu mins juga masih mengalaminya. Agak sulit juga menjalani semua mata kuliah tersebut untuk seseorang yang berbackground dari sekolah menengah atas wkwk.

Mungkin udah terlalu panjang ini ya tapi masih ingin menulis lagi lebih banyak, jadi harus di isi apa ya biar agak banyakan.

Ohh sebenarnya ini terus di ulang ulang namun untuk menambah kegiatan scrollmu sampai ke bawah maka saya akan menginfokan sedikit.

Bahwa C++ adalah salah satu bahasa yang bisa mengimplementasikan PBO(pemrogramman berorientasi object). Apa itu ? PBO adalah sebuah paradigma dalam dunia programming.

Rumus Luas Lingkaran

Untuk menjalankan program C++ menghitung luas lingkaran kamu harus menggunakan rumus matematika yang sudah cukup popular dari zaman batu.

Tapi jangan salah, rumus lingkaran ini masih relevan sampai sekarang dan masih banyak sekali di gunakan untuk soal ulangan ataupun ujian nasional smp.

Apa coba, rumus luas lingkaran yang kamu ketahui ? Yappp benar sekali rumus lingkarannya adalah phi*r*r. Iya harusnya pake kuadrat tapi karena bingung cara pake kuadrat gimana nulisnya wkwk.

Tools Yang Digunakan C++ Menghitung Luas Lingkaran

Seperti biasanya, kita akan menggunakan Codeblocks untuk ngoding dan mengcompile atau menjalankan codingannya di terminal.

Namun selain itu ada beberapa rekomendasi tools yang perlu kamu perhatikan untuk membuat codingan c++ menghitung luas lingkaran ini.

  • Sistem Operasi : Windows, Linux, MacOS
  • Prosesor : Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas)
  • RAM : 1GB (Rekomendasi 2GB)
  • Resolusi Layar : 1366 x 768 (Rekomendasi Full HD 1920 x 1080)

Algoritma C++ Menghitung Luas Lingkaran

Mungkin kita cukupkan untuk basa basinya, karena juga agak lelah hari ini wkwk. Jadi untuk menyingkat waktu dan kamu sudah tidak sabar untuk melihat codingan C++ nya dengan baik hati saya akhiri obrolan tidak penting itu.

Ohh ya saya juga sudah membuat vidio sedang ngodingnya. Simak vidio berikut ini.

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    float r, luas;
    float phi = 3.14;

    cout<<"Masukan Jari Jari : ";
    cin>>r;

    luas = phi*r*r;

    cout<<"Hasil Luas Lingkaran : "<<luas;
    return 0;
}

Penutup

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih. Bye bye sampai ketemu di artikel berikutnya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.