personal branding mahasiswa

Cara Membuat Personal Branding Mahasiswa Siap Dunia Kerja

Taufiksi – Hai, seberapa penting sih personal branding mahasiswa sampai sampai saya ingin membuat artikel ini. Jawabannya sangat penting dan saya menyesal baru sekarang tau apa itu personal branding.

Banyak mahasiswa yang sampai sekarang hanya mengerjakan tugas yang di berikan oleh kampus, tidak mau memikirkan kedepannya ingin menjadi apa.

Mungkin aja udah ada yang tau ingin jadi apa, namun tidak bisa membranding diri sendiri, seperti saya. Saya pun punya cita yang katanya mulia namun tidak tau cara branding nya gimana wkwk.

Taraf seorang mahasiswa untuk terjun di dunia industri sekarang menurut saya pribadi masih sangat kurang bahkan di bawah rata rata.

Seberapa banyak sih per tahun mahasiswa yang berhasil meninggalkan bangku kuliah dan menyandang gelar fresh graduate ? Puluhan ribu mahasiswa!

Dan sampai sekarang kamu tidak mempersiapkan diri untuk branding kualitasmu ? Kita sama. Dengan di buatnya artikel ini juga merupakan tamparan keras untuk saya pribadi.

Apa Itu Personal Branding ?

Personal branding biasanya mengacu pada sebuah proses membangun pesona kamu di depan publik. Mungkin bagi sebagian orang personal branding di sana melibatkan hobi.

Namun tidak banyak juga mereka yang cuma melibatkan akting di mata publik. Mungkin ini yang harus di hindari yaitu berakting.

Personal branding juga biasanya melibatkan tujuan kamu, nilai nilai kamu dan bahkan keyakinanmu. Tidak jarang youtuber ternama seperti picky picks itu membranding dirinya dengan sebutan anak dajjal.

Dan tidak juga seorang youtuber gaming terkenal seperti brandont kent membranding dirinya sebagai harapan bangsa yang paling agung.

Faktor Personal Branding

Lantas apa saja faktor yang menjadikan orang tersebut di kenal dengan personal branding mereka ? Mungkin agak melenceng ya dari pembahasan personal branding mahasiswa.

Tapi kita bisa belajar dari para youtuber membangun personal branding mereka.

Menurut saya pribadi personal branding mereka terbentuk karena salah satu faktor yaitu komunikasi dengan penonton. Itu adalah salah satu faktor yang bisa menentukan personal branding kamu berhasil atau tidak.

Mungkin di antara kalian para mahasiswa juga ingin menjadi freelancer dan mempelajari personal branding nya, bisa jadi juga kamu akan lebih sukses dari para youtuber suatu saat nanti.

Seberapa Penting Personal Branding Bagi Mahasiswa ?

Penting. Kalau bisa di tambah dengan kata sangat pasti sudah tambah. Dengan kamu membangun personal branding maka ada dua kemungkinan yang bisa kamu dapatkan.

Yang pertama kamu akan dengan mudah mendapatkan job, ngga percaya ? Coba aja tanya dosen kalian. Karena saya bukan seorang dosen wkwk.

Kedua kamu akan mendapatkan pujian, namun tidak jarang juga mendapat cacian. Misalnya kamu ingin membranding dirimu menjadi programmer. Pujian datang namun juga ada yang berkata “Bisa apa kamu” dan lain sebagainya.

Jadi jawabannya sangat penting kalau menurut saya.

Cara Membangun Personal Branding Mahasiswa

Kalau berbicara mahasiswa, kita sebenarnya berpotensi untuk lebih mudah mendapatkan pernonal branding. Contohnya dengan menjadi asisten dosen itu juga merupakan salah satu cara membangun personal branding.

Tapi tenang aja kamu bisa belajar dari apa yang saya tidak pernah lakukan karena baru sadar sekarang bahwa hal ini penting. Padahal sudah mendekati wisuda wkwk.

Temukan Skillmu

Point pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan keahlianmu. Karena personal branding butuh yang namanya skill untuk di tonjolkan.

Kalau belum menemukan skill kamu bisa bermeditasi di tengah lapangan 30 menit. Mungkin dengan cara itu kamu bisa mencairkan otakmu.

Komunikasi

Tahap paling penting adalah jalin komunikasi dengan teman ataupun dengan media media massa. Kalau kamu seorang introvert kamu bisa gabung komunitas di facebook atau di forum digital.

Jangan malas mencari. Ingin sukses kok males bergerak.

Tentukan Pasarmu

Skill udah, komunikasi udah. Kamu hanya tinggal mencari pasarmu yang bisa mendengarkan. Tujuannya adalah untuk menyaring mana yang sejalan dengan skillmu.

Sekarang apakah semua orang bakalan suka cara brandingan picky picks ? Tentu tidak pasti ada beberapa orang sangat anti dengan brandingnya.

Riset

Mungkin ini bisa di lakukan sebelum menentukan pasar ya. Kamu juga harus riset, Misalnya kamu ingin kerja dimana supaya kamu bisa menyesuaikan personal brandingmu dengan perusahaan tersebut.

Perluas Jaringan

Gabung organisasi, ikut proyek dengan dosen seperti yang dilakukan oleh kawan kawanku di kampus. Tidak seperti saya yang males malesan.

Kamu bisa ikuti jejak dosenmu itu bakalan memperluas jaringanmu. Dan jika beruntung kamu bisa mendapatkan tiket masuk.

Penutup

Mungkin sudah cukup banyak yang kita obrolin pagi ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.