cara optimasi website blog

Caranya Optimasi Website Terutama Untuk Para Blogger

Taufiksi – Mungkin kamu sedang bertanya tanya caranya optimasi website bagaimana caranya, khususnya buat website blog.

Memang mencari pundi pundi dari website saat ini bisa di bilang susah susah gampang, kalau kamu sudah mengerti tentang SEO pasti nantinya akan lebih mudah.

Tapi kalau belum terlalu mengerti, nantiagak susah, bukan berarti tidak bisa tapi agak susah aja kalau tidak tau SEO.

SEO mungkin menjadi salah satu cara marketing paling bagus untuk para brand besar, seperti contohnya tokopedia.

Tokopedia mempunyai sebuah blog untuk menjaring pengunjung lebih banyak dan kalau sudah banyak pasti ada satu atau dua setidaknya ingin membeli sesuatu disitu.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Emm btw ini ngga di endors sama sekali sama pihak tokopedia, murni sebagai contoh saja. Jadi salah satu marketing paling murah dan berkualitas adalah dari SEO.

Itu menurut saya, mungkin banyak juga brand yang menyewa influencer untuk mempromosikan brand mereka, tapi pastinya harus membayar dong.

Dan gimana kalau website ? Bukankah hanya dengan membuat blog kamu bisa memasarkannya dengan cara gratis ?

Terus bagaimana caranya optimasi website yang baik dan benar ?. Apakah seperti membuat nasi goreng spesial yang di tambah dengan beberapa sosis atau bagaimana.

Well ada beberapa point yang saya ketahui untuk optimasi website supaya lebih mudah dalam membuat website tersebut masuk kedalam kategori SEO yang bagus.

Apa Itu SEO ?

Sebelum membahas caranya optimasi website mungkin saya perlu membahas SEO terlebih dahulu supaya kita bisa menyamakan pendapat terlebih dahulu.

Jadi menurut pemahaman saya terkait SEO adalah kita optimasi untuk mesin pencari, udah gitu doang hehe.

Tapi emang gitu doang, namun begini aja biar lebih mudah kita membuat sebuah website adalah untuk di baca oleh manusia kan.

Ubah Tampilan Blog

Tampilan blog cuma gitu gitu aja ? Mungkin kamu perlu mencoba beberapa template untuk menambah suasana baru di blog yang kamu miliki.

Tidak demikian, karena sebuah website sebelum di baca dan di kunjungi oleh manusia website tersebut harus melewati review dari robot dulu baru bisa sampai ke tangan manusia.

Robot inilah yang saya maksud dengan SE (Search Engine) dan O-nya (Optimization). Dalam membuat website banyak sekali aspek yang perlu di perhatikan.

Bukan hanya bahasa pemrograman yang bagus, misal udah menggunakan framework yang super duper hebat, kalau ngga bisa nangkring di search engine ? percuma kan wkwk.

Alasan Harus Optimasi Website

Ada beberapa alasan yang sudah saya rangkum, tapi mungkin akan lebih kearah SEO lagi, karena buat apa optimasi website kalau ngga buat naklukin SEO.

Nah yang akan saya bahas bukan tentang SEO. Tapi ada hal lain yang bisa menjadi alasan kenapa kamu harus mengoptimasi website.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus optimasi website atau blog kamu.

Visitor

Untuk menjaring visitor lebih banyak kamu harus optimasi website, ini adalah poin yang mungkin sangat penting.

Kalau kamu berjualan sesuatu di website kamu, ambilah sebuah contoh tokopedia lagi deh. Sapa tau nantinya ada CEO tokopedia endors kan wkwk.

Jika si tokopedia ini tidak optimasi websitenya apakah visitor akan betah di sana ? dan jika tidak ada visitor, emangnya ada yang membeli barang di situ ?

Jawabannya mungkin kamu sudah tau, kalau tokopedia terus saja optimasi websitenya, entah itu optimasi dari luar ataupun dari dalam.

Mesin Pencari

Dah, mungkin emang hanya ada dua alasan ini aja, selain visitor emang harus ada mesin pencari atau search engine tadi.

Tapi kenapa ya, sekarang search engine itu di puja puja ? bahkan untuk programmer sendiri, kalau terjadi error pasti larinnya ke mesin pencari ini.

Saat ini mesin pencari paling banyak di gunakan sudah pasti the one an only google. Bahkan sudah di juluki di beberapa daerah yaitu mah google.

Saya juga masih bingung kenapa orang orang begitu suka mencari mencari sesuatu di situ, mungkin karena sudah terlalu banyak website yang nangkring di situ kali ya.

Mesin pencari adalah salah satu alasan kamu untuk mengoptimasi website supaya bisa menjadi yang teratas. dan kalau sudah di atas pasti akan lebih mudah mendapatkan visitor.

Cara Optimasi Website Terutama Untuk Blog

Karena alasan tadi udah kita bahas, kali ini kita akan membahas caranya optimasi website emm terutama untuk blog sih.

Masih banyak banget yang sampai saat ini masih ngeblog, yahh saya juga sih wkwk, Jadi gimana caranya kamu harus optimasi website.

Berikut ini adalah cara optimasi website yang mungkin kamu perlu tau supaya bisa dapat visitor dan website kamu bisa nangkring di search engine.

Responsif

Yang pertama harus di perhatikan adalah apakah website tersebut bisa di jalankan di tampilan mobile. Dari sekian banyak visitor, sudah sangat pasti pengunjung dari smartphone sedikit lebih banyak dari yang dari desktop.

Kalau website yang kamu miliki itu ngoding sendiri, biasanya kamu bisa mengatur responsif ini dengan menggunakan CSS.

Dan mungkin di antara kamu yang membaca artikel ini mungkin ada yang dari blogger, kalau kamu dari blogger maka kamu mungkin harus menggunakan tema yang responsif.

Banyak kok tema yang sudah responsif, tema yang di sediakan oleh bloggernya juga sudah responsif kok, dan itu bisa di gunakan secara gratis.

Sekarang sudah ada alat yang bisa mengetahui website yang kamu miliki itu sudah responsif untuk mobile atau belum.

Kalau website yang kamu miliki sudah mobile friendly pasti akan lebih banyak visitor yang terjaring, karena pengguna mobile emang lebih banyak daripada desktop.

Kamu bisa cek website kamu apakah sudah responsif atau belum di sini, itu adalah alat yang di sediakan oleh google untuk mengeceknya.

Tapi usahakan kamu mengutamakan website tampilan mobile dulu baru desktop. Karena yang sudah saya katakan bahwa pengguna mobile lebih banyak.

Dan mungkin kamu juga perlu mempelajari apa itu google mobile first index. Mungkin nanti saya akan membuat artikelnya.

Struktur Content

Kemudian yang perlu di perhatikan adalah struktur kontent, misalkan di dalam sebuah page tersebut harus memuat satu tag <h1> dan masih banyak lagi.

Kalau struktur tersebut sudah ada di dalam halaman website kamu maka kamu bisa nangkring di mesin pencari.

Struktur content itu lebih ke mekanisme dari SEO sih, mungkin lebih ke tag tag html gitu dan lain sebagainya.

Apa saya harus menjabarkan semua element html yang bisa mempengaruhi SEO ? oke deh untuk memperpanjang artikel kali ini wkwk.

Jadi yang pertama adalah tag heading, dari mulai <h1> sampai <h6>. Tapi ada yang perlu di perhatikan dalam penggunaan element ini.

Semakin kamu menggunakan tag heading lebih dalam seperti penggunaan <h6> itu artinya content di halaman website kamu itu sangat lengkap.

Saya menyarankan hanya sampai pada tag h3 atau paling tidak h4. Supaya mesin pencari lebih mudah mencari halaman website kamu.

Kemudian yang kedua adalah atribut alt pada element img. Hal tersebut sangat penting dan kadang ini menjadi terlewatkan dari para blogger maupun developer.

Selanjutnya tautan internal, memang ini tautan ini bisa memberikan dampak yang sangat besar, emm kebayang ngga kalau tokopedia bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari ?.

Salah satunya karena tautan internal di dalam satu halaman tersebut, misalkan nih produk sepatu, di dalam halaman tersebut sudah pasti akan banyak tautan internal yang tersebar kan entah itu ke checkout kek atau hanya privacy dan lain lain.

Sebenarnya masih banyak lagi struktur content yang bisa kamu pelajari. Tapi itu akan kita bahas di next artikel aja kali ya.

Kecepatan Website

Kamu ingin optimasi website tapi tidak memperhatikan kecepatan dari website yang kamu miliki ? Tentu saja ini akan sangat berpengaruh terhadap experience dari pengunjung.

Bukan sangat sih harusnya, tapi ini akan membuat website yang kamu punya lebih nyaman di mata user, bayangin kalo kamu sedang buru buru.

Misalnya kamu ingin membeli baju di tokopedia tapi websitenya lemot, apakah kamu masih ingin membeli baju di marketplace tersebut. Saya yakin 98% kamu akan memilih website lainnya.

Well kenapa ngga 100%, sebab pasti ada beberapa persen yang rela karena branding dari website tersebut sudah mendarah daging. Jadi mau seberapa lemotnya website tersebut pasti akan di tunggu oleh penggunanya.

Tapi rata rata, kalau kamu mengunjungi website yang lemot maka kamu akan kesal, seperti contohnya website sekolahan dah. Ada kok website sekolah yang lemotnya minta di banting.

Terus caranya biar kecepatan website ini optimal bagaimana ? Ada beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan.

Yang pertama, ukuran gambar. Biasanya website menggunakan gambar tapi ada beberapa yang tidak mengerti bahwa gambar sangat berpengaruh terhadap kecepatan website.

Yahh, maksimalnya jangan sampai 1mb lah, karena pasti akan sangat berat internet user hanya untuk meloading gambar tesebut.

Lebih minim gambar yang ada di halaman website maka kecepatan website akan semakin ngebut, begitulah.

Kemudian penggunaan javascript jangan terlalu berlebihan, karena ini merupakan salah satu komponen yang biasanya di gunakan oleh programmer.

Penggunaan javascript yang berlebihan akan memberatkan website, karena sifat dari javascript itu sendiri yang menyebabkan loading website menjadi lambat.

Dan masih banyak sekali faktor yang menyebabkan kecepatan website tapi karena mager juga habis bangun tidur, kita bahas lain waktu.

Backlink

Salah satu faktor kenapa website raksasa itu sering banget nangkring di google adalah backlink. Ini juga merupakan salah satu optimasi website ayng perlu kamu perhatikan.

Kalau kamu tidak tau apa itu backlink, mungkin singkatnya adalah sebuah link yang menuju ke halaman milik kita.

Semakin banyak backlink, ini bisa memungkinkan website kamu di pandang lebih mempunyai kepercayaan di mata google.

Mungkin kamu pernah mendengar kata DA ? Atau yang biasa disebut dengan domain autority. Entahlah saya juga belum paham konsep tersebut.

Tapi garis besarnya adalah DA yang memberikan info kepada google bahwa website kita mempunyai otoritas yang baik.

Semakin tinggi DA dari rentang 0 sampai paling tinggi 100 maka semakin di pandang oleh google. Oleh karena itu website sekelas tokopedia, shopee dan lain sebagainya mempunyai DA yang lumayan tinggi. Untuk menaikan DA, kamu butuh memperbanyak backlink.

Gimana caranya memperbanyak backlink ? Ada beberapa cara yaitu dengan melakukan guest post, backlink dari profile dan lain sebagainya.

Paling mudah memang guest post. Intinya kamu menulis artikel di website orang dan kamu bisa minta untuk menyisipkan link di dalamnya.

Penutup

Masih banyak banget yang ingin saya bahas, tapi karena ada tamu yang datang jadi akan saya akhiri artikel kali ini.

Sampai jumpa di artikel berikutnya babay hehe




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.