model sistem pendukung keputusan

Model Sistem Pendukung Keputusan Mata Kuliah SPK

Taufiksi – Hayoo siapa yang ada mata kuliah tentang model sistem pendukung keputusan di kuliahnya wkwk. Saya pun juga ada manta kuliah ini.

Di artikel ini kita akan membahas beberbagai model yang ada di sistem pendukung keputusan. Sebelumnya kita mungkin akan membahas tentang pengertian dan contohnya.

Ya, karna saya sedang males banget maka artikel ini akan saya persingkat.

Apa itu Sistem Pendukung Keputusan

Kalau kata dosen yang ngajar saya di perkuliahan itu bilangnya adalah sistem yang bisa membantu user untuk menentukan pilihan yang tepat.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Jadi misalkan kamu bingung menentukan keputusan untuk membeli sebuah sepeda motor maka kamu bisa meminta bantuan kepada sistem ini.

Baca Juga : Belajar Program Kotlin Dari Nol

Ya, singkatnya seperti itu.

Definisi Model

Setelah saya menelusuri internet saya menemukan beberapa definisi menurut orang orang yaitu yang pertama dari Raymond Mcleod, Jr(Mc Leod, 1998) model adalah penyederhanaan dari sesuatu.

Sedangkan menurut Efraim Turban, model adalah sebuah representasi realitas yang di sederhanakan. Ini di karenakan realitas terlalu kompleks untuk di tiru dan karena banyak dari kompleksitas tersebut sebenenarnya tidak relevan dalam penyelesaian masalah yang spesifik.

Macam Macam Model Sistem Pendukung Keputusan

Ada beberapa macam model spk yang perlu kamu ketahui. Apa aja macam macamnya ya hmmm, sejauh ini yang saya ketahui ada 3 model.

Saya juga ngga tau tapi yang di kata dosen ada segitu. Terus apa aja model modelnya ?

1. Model Analog

Yang pertama ada model yang bernama analog, yaitu sebuah model yang tidak tampak mirip dengan model aslinya, namun bersifat seperti sistem aslinya.

Model analog ini lebih dari sekedar abstrak dan merupakan representasi simbolik dari realitas, biasanya bernetuk bagan atau semacam diagram 2 dimensi.

Bisa berupa model fisik namun bentuknya berbeda dari bentuk sistem nyata.

2. Model Iconik

Kedua ada model iconik, sebuah model abstraksi terkecil adalah replika fisik sebuah sistem dan biasanya pada suatu skala yang berbeda dari skala aslinya.

Model iconik bisa muncul pada 3 dimensi sebagaimana pesawat terbang, mobil, bahkan jembatan. Photografi adalah bentuk model skala iconik yang lain namun dalam bentuk 2 dimensi.

3. Model Matematik

Yang terakhir ada model matematik, sebuah kompleksitas pada banyak sistem organisational tidak bisa di sajikan secara model icon atau model analog.

Representasi semacam itu bisa menimbulkan kesulitan dan membutuhkan banyak waktu dalam pemakaiannya. Oleh karena itu model yang tepat bisa di deskripsikan dengan menggunakan model matematik.

Sebagian besar analisis sistem pendukung keputusan dilakukan secara numerik dengan model ini atau model matematik yang lainya.

Penutup

Okelah kalau begitu karena saya sedang males banget, maka kita sudahi artikel ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.