menjadi programmer

9 Cara Menjadi Programmer Profesional Untuk Pemula

Taufiksi – Kamu ingin menjadi programmer yang hebat kan ? Pada artikel ini saya akan membagikan cara menjadi programmer buat pemula yang masih awam soal programmer.

Dalam perkembangan zaman teknologi semakin maju, siapa juga sekarang yang tidak pernah lepas dari berbagai aplikasi. Entah itu aplikasi Android, Ios, Desktop dan Web.

Untuk yang belum tau apa itu programmer, pada artikel berikutnya akan saya jabarkan tugas tugas programmer. Mungkin akan panjang artikel kali ini, mohon siapkan kopi untuk membacanya wkwk.

9 Cara Menjadi Programmer

Langsung saja lah ya, sebenarnya ada beberapa cara untuk menjadi programmer profesional, yang saya rangkum dari pemikiran sendiri aja ya wkwk, selebihnya sobat fiksi sendiri yang eksekusi.

Tekad ingin menjadi programmer

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Saya rasa jika kita ingin menjadi sesuatu, tekad adalah hal yang paling penting. Misalkan ingin menjadi pebisnis? Tapi kamu cuma punya modal yang sedikit, bahkan tidak punya sama sekali.

Jika bukan karena tekad, saya yakin kamu tidak akan kemana-mana. Duduk, diam dan termenung menunggu modal ? Gimana mau dapet kalo ngga berusaha.

Sama halnya dengan menjadi programmer, kamu harus mempunyai tekad yang kuat untuk terjun ke dunia programming, atau hanya mengikuti arus trend yang sedang marak dimana mana?

Bahkan beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan yang menawarkan gaji yang cukup menggiurkan bagi programmer. Sehingga banyak banget orang yang ingin beralih profesi menjadi programmer dadakan wkwk.

Tidak semudah itu jika ingin menjadi programmer. Banyak hal yang harus kamu pelajari di dunia programming. Coba dulu tanyakan pada diri sobat fiksi sendiri kenapa ingin menjadi programmer.

Memilih Satu Bahasa Program

Satu aja cukup kok. Untuk programmer pemula menguasai satu bahasa program itu adalah suatu pencapaian yang bisa kamu banggakan.

Tekuni bahasa itu, sampai kamu bisa membuat program yang bisa membuat orang melihat itu, ohh cuma begitu doang aku juga bisa.

Artinya aplikasi kamu berhasil. Jangan berkecil hati jika di kata seperti itu, berkaryalah.

Banyak sekali bahasa program, seperti yang di jelaskan, pilih satu dulu sebelum pindah ke bahasa lainnya. Kuasai, pemilihan bahasa program juga mempengaruhi kamu ingin fokus ke arah mana.

Misalkan kamu ingin menjadi web developer, kamu belajar bahasa program php dan lain sebagainya. Atau kamu ingin menjadi mobile developer ? Belajar java, kotlin dan dart.

Kalo ingin membuat program desktop, kamu bisa menggunakan bahasa java dan C++

Pahami Istilah Dalam Dunia Programming

Jika sobat fiksi memang sudah berniat untuk menjadi seorang programmer, setidaknya harus paham istilah istilah yang ada di dunia programming.

Seperti contoh berikut ini beberapa istilah yang ada di dunia programming yaitu :

  • Variable
  • Tipe Data
  • Algoritma
  • Flowchart
  • User Interface
  • User Experience
  • Debugging
  • Dan Lain Sebagainya, Masih Banyak Boy..

Kapan kapan saya akan bahas starter up buat programming. Terlalu panjang kalo dibahas disini.

Ngoding Oy

Kalo ngga ngoding gimana mau jadi programmer wkwk. Kan udah tuh milih bahasa program, sekarang tinggal eksekusinya jangan males.

Pelajari bahasa program tersebut dari dasar, nih saya jabarin jalur untuk start ngoding gimana aja. Karena ada beberapa metode belajar yang bisa sobat fiksi terapin, contohnya

  • Otodidak, kenapa, ngga bisa otodidak? kamu bisa kok beli buku tentang programming atau nonton vidio tutorial atau kursus online dari situs tertentu
  • Ikut Kursus Offline
  • Bootcamp

Tentu saja metode tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Buat Aplikasi Sederhana

Sebagus apapun teori tentang bahasa programming kalau kamu tidak praktek sendiri dengan membuat aplikasi maka teori itu menjadi tahu tempe doang.

Buat dong, aplikasi sederhana, misal untuk pemula kamu bisa membuat kalkulator kek atau penghitung kata, hmm. Nih saya kasih beberapa contoh deh.

  • Kalkulator
  • Konversi Uang
  • Konversi Uang
  • Pemesanan Buku Perpustakaan
  • Pemesanan Makanan
  • Menghitung Gaji

Ahh dan lain sebagainya.

Gabung Forum Programmer

Yakin mampu sendirian mengatasi kode kode yang kita tulis sendirian ? Yakin ngga ada eror ? Pasti kode yang kita tulis akan mencapai ratusan bahkan sampai ribuan, tergantung seberapa banyak fitur yang kamu buat.

Saat terjadi eror kamu tidak akan bisa menyelesaikannya sendiri, kamu harus tanya kepada teman yang paham seperti pada forum forum khusus programming. Salah satu forum untuk mengetahui eror yang dibuat kamu adalah Stackoverflow.

Baca Documentasi

Rajin rajilah membaca dokumentasi bahasa program yang kamu kuasai jika ingin menjadi programmer yang berkualitas dan hebat tentunya.

Biasanya dokumentasi bahasa program sudah tersebar di website resminya. Belajarlah terus dan kamu juga harus teliti dalam mengerjakan kodingan. Jangan teledor.

Cari Project Untuk Perkembangan Kamu Menjadi Programmer

Setelah kamu memiliki skill yang cukup mumpuni, jangan cuma di diamin aja. Carilah project untuk membantu kamu berkembang ke depannya.

Banyak sekali situs freelancer yang bisa kamu ikuti jika ingin menjadi freelancer, seperti sribulancer.com, fiver, upwork dan masih banyak lagi.

Dengan mengerjakan project, kamu akan mendapatkan skill baru yang sangat bermanfaat bagi perkembanganmu menjadi programmer handal.

Bukan hanya di situs situss tersebut kamu juga bisa gabung ke dalam group facebook untuk mendapatkan project.

Buat Portfoliomu Sendiri

Kamu bisa membuat portfolio dengan menggunakan platform blogger dan wordpress untuk mengembangkan portfoliomu dan menunjukan pada dunia bahwa you can do it.

Kalau kamu sudah mempunyai portfoliomu sendiri, kamu akan mudah mendapatkan sebuah project freelance dan itu juga akan membuatmu punya branding sendiri.

Portfolio bentuknya bisa macam macam sih, kamu bisa membuat github atau gitlab untuk menjadikan portfolio codinganmu.

Bisa juga kamu membuat website, seperti yang sudah di jelaskan. Masih banyak kok, platform yang bisa di gunakan sebagai tempat programmer menuangkan codingan mereka.

Penutup

Mungkin sekian dulu tutorial jika kamu ingin menjadi seorang programmer yang sukses untuk pemula dan melanjutkan karir, bahkan menjadi seorang CEO atau Founder bisa di mulai dari programmer.

Kalau kamu punya tekad yang sangat tinggi maka kamu akan sukses dengan mudah menjadi programmer. Jangan menyerah untuk menggapai cita citamu.

Dah ya, sekian. Terima kasih semoga kamu sukses jangan seperti saya yang hanya kerjaannya rebahan mulu. Terima kasih sudah mampir dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.