mata kuliah teknik informatika

Mata Kuliah Teknik Informatika Dari Semester 1 Sampai 8

Taufiksi – Hai, kamu pasti ingin tau apa aja mata kuliah teknik informatika kan. Sedang bingung mencari jurusan yang cocok untuk di dalami.

Teknik informatika adalah jalan yang tepat untuk kamu yang suka otak atik perkomputeran duniawi. Ada beberapa bocoran dari saya, apa aja matkul yang ada di teknik informatika hehe.

Bisa di gunakan untuk ancang ancang jika kamu memang ingin masuk pada jurusan ini.

Kayaknya ngga perlu panjang panjang pembukaannya karena artikel ini mungkin juga akan jadi artikel pendek yang menginformasikan selengkap lengkapnya.

Agar menghemat waktu kamu juga. Lets Go.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Isi Artikel

Perbedaan Teknik Informatika, Ilmu Komputer & Sistem Informasi

Ohh ya, sebelum masuk ke matkulnya ada poin yang perlu kamu ketahui yaitu dari ketiga mata kuliah ini. Apa aja itu ? Namanya memang agak mirip mirip sih.

Pada jurusan Ilmu Komputer, mungkin kamu akan cenderung di kasih makanan seperti data data komputer, atau seperti analisis data gitu gitu.

Kalau untuk Sistem Informasi hampir sama namun lebih ke condong ke busines analis kayaknya deh, ini menurut teman teman yang ada di kampus sih.

Lalu Teknik Informatika sendiri ngapain dong ? Jurusan ini mungkin berfokus pada seni programming atau bisa di sebut orang yang menguasai bahasa pemrogramman.

Mata Kuliah Teknik Informatika

apa itu coding
Mata Kuliah Informatika

Hayo apa aja matkul yang ada di jurusan ini. Ada yang bisa nebak ngga ? Kalau ada nanti saya kasih beberapa bonus wkwk. Ehh ngga ding.

Mata Kuliah Umum

Seperti halnya kamu saat masih sekolah di bangku putih abu abu. Kamu juga bakalan menemui beberapa mata kuliah ini. Apa aja itu ?

  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Kewarganegaraan
  • Etika Profesi
  • Kepemimpinan
  • Kewirausahaan

Mata Kuliah Sains

Jangan senang dulu, kamu juga akan menemukan beberapa mata kuliah sains di jurusan ini. Jangan kira kamu ingin bebas dari matematika wkwk.

  • Matematika Diskrit
  • Kalkulus
  • Aljabar Linier
  • Statistik
  • Fisika

Hehe, FISIKA…..

Mata Kuliah Dasar Informatika

Tentu kamu akan di pelajari dari dasarnya sampai menjadi seorang programmer. Mulai dari sini kamu akan belajar yang namanya C++.

  • Algoritma Pemrogramman
  • Struktur Data
  • Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Jaringan Komputer
  • Sistem Digital
  • Berfikir Komputasi

Matkul Lanjut Teknik Informatika

Kemudian kamu juga akan di beri mata kuliah lanjutan hingga kamu lulus dan menyelesaikan skripsi kemudian nikah dengan orang tercintamu.

  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Pemodelan Basis Data
  • Pemrograman Fungsional
  • Dasar Mikropengendali
  • Kecerdasan Buatan
  • Desain dan Analisis Algoritma
  • Pemrograman Web
  • Proyek Perangkat Lunak
  • Pemrograman Perangkat Bergerak

Dan masih banyak lagi, lalu setiap matkul tersebut memiliki beban sks yang berbeda beda. Selanjutnya ada juga beberapa matakuliah yang bersifat pilihan. Apa aja tuh ?

  • Data Mining
  • Komputasi Awan
  • Kriptografi
  • Multimedia Interaktif
  • Pembelajaran Mesin
  • Bioinformatika
  • Grafika Komputer
  • Pengolahan Citra
  • Pemrosesan Bahasa Alami.
  • Metode Stokastik.
  • Pengenalan Pola
  • Keamanan Jaringan dan Sistem

Dan lain sebagainya. Sebenarnya ada banyak sekali mata kuliah yang menjadi pilihan. Namun karena posisi di sini sudah magrib maka kita sudahi terlebih dahulu.

Penutup

Selanjutnya saya berterima kasih kepada kamu karena sudah membaca sampai habis. Semoga bermanfaat dan juga menjadi berkah. Kemudian jangan lupa tetap semangat untuk menggapai cita cita mu dan tidak lupa untuk ngoding jika sudah berhasil masuk teknik informatika. Thanks sampai jumpa di artikel berikutnya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.