link html

Cara Membuat Link HTML, Jembatan Antar Website

Taufiksi – Cara membuat link HTML ya hmm, sepertinya emang kehabisan ide untuk membuat sebuah artikel wkwk.

Tapi mau gimana lagi kan, sebenernya sih masih banyak hal yang ingin di sampaikan, akhir akhir ini juga sedang banyak sekali kegiatan. Yahh biasalah kaum pemuda kan contohnya seperti rebahan dan lain sebagainya.

Daripada kelamaan ngelanturnya mungkin kita langsung aja pada intinya ya hmm. Jadi di dalam sebuah website kamu akan menemukan sebuah link atau biasanya juga di sebut dengan hyperlink.

Nanti kita akan bahas lebih rinci, karena link juga ada beberapa macamnya, yahh ada deh scroll aja kebawah kalo penasaran.

Mungkin sebuah website tanpa sebuah link akan terasa hambar, seperti teh tanpa gula “Pahit”. Untuk membuat sebuah link kamu perlu menguasai dasar dari html terlebih dahulu.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Yahh bisa mempelajari seperti pengertian dari tag html kek sampai ke atributnya, sudah banyak kok yang membahas soal tag dan atributnya.

Mungkin saya juga tidak akan membuat artikel tentang tag html dan kawan kawannya, simpel aja kenapa ngga akan membuatnya di sini, “mager” hehe.

Jika masih ada yang bertanya bentuk dari hyperlink / link itu kayak gimana. Mungkin kamu agak sedikit awam soal komputer dan teknologinya.

Kalau kamu seorang blogger pasti link menjadi salah satu bagian paling yang harus di perhatikan karena bisa berkaitan dengan SEO dan lain sebagainya.

Dan kalau sebagai programmer dan developernya kamu juga perlu tau cara membuat link itu kayak gimana.

Apa Itu Link atau Hyperlink ?

Link atau Hyperlink bisa saya katakan adalah sebuah jembatan yang bisa menghubungkan dari halaman satu ke halaman yang lainya.

Tergantung kamu ingin menargetkan ke halaman mana, terus bagaimana bentuk dari link itu sendiri ?. Karena mungkin kamu agak sedikit awam maka kamu bisa melihat contoh link itu seperti ini

Nah mungkin seperti itu bentuk dari link atau yang bisa di sebut hyperlink entahlah saya sebut link aja kali ya biar lebih gampang.

Jadi misalkan kamu sedang berada di halaman ini sekarang dengan URL https://taufiksi.com/link-html/ kemudian kamu ingin ke halaman artikel dengan URL https://taufiksi.com/artikel/. Kamu tidak perlu lagi untuk mengetikan di bar browser kamu.

Dengan adanya fitur link ini bisa memudahkan user yang ingin berpindah halaman website sesering mungkin.

Dengan menggunakan elemen HTML kamu bisa dengan mudah membuat sebuah link di dalam website yang sedang kamu bangun.

Elemen inilah yang bisa di klik dan nantinya akan membuka sebuah halaman baru dengan alamat URL yang sudah di berikan.

Cara Membuat Link Dengan HTML Simple

Saatnya kamu tau caranya untuk membuat sebuah link di dalam html dengan sangat mudah, mungkin kalau sudah sangat pro kamu bisa membuatnya sambil mata tertutup wkkw.

Pada umumnya untuk membuat link di HTML ada dengan menggunakan tag <a>. Yang kemudian nanti akan di isi dengan atribut tambahan seperti href dan lain sebagainya.

Struktur elemen link seperti di bawah ini.

<a href="https://taufiksi.com/artikel/">Artikel Taufiksi</a>

Secara singkat seperti code di atas yang mana untuk membuat sebuah link kamu harus menggunakan tag di lengkapi dengan atribut href. Tidak hanya itu saja kamu juga bisa memasukan teks yang berguna untuk di klik, kalau di lihat dari contoh di atas maka teksnya adalah Artikel Taufiksi.

Mungkin biar agak lengkap kamu bisa menyalin kode di bawah ini dan mencobanya sendiri. Siapa tau kan belum tau penempatanya kayak gimana.

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
<head>
    <title>Link HTML</title>
</head>
<body>
    <p>
        Kamu bisa mengunjungi <a href="artikel.html">artikel</a> kami untuk tutorial lebih lanjut.
    </p>
</body>
</html>

Maka kalau kamu run code di atas maka akan menghasilkan output seperti gambar di bawah ini. Dan itu artinya kamu berhasil membuat sebuah link.

link html

Kalau kamu coba klik link tersebut pasti akan menghasilkan error yang berkata 404, artinya source yang di tuju belum ada.

Itu sebabnya saya tadi bilang ada beberapa macam link. yang akan kita bahas kali ini.

Macam Macam Link HTML

Mari kita bahas beberapa macam link yang ada di dalam html karena ini akan penting sekali buat kamu yang emang sedang belajar.

Internal Link

Yang pertama adalah internal link, jadi di internal link ini seperti contoh code yang ada di atas dimana kamu membuat sebuah file kemudian menuju ke halaman artikel.html.

Tapi kenapa masih error kalau di klik ? itu karena kamu belum membuat file yang namanya artikel.html. coba kamu buat dulu.

Kemudian jalankan lagi maka kamu tidak akan menemukan error barusan yang di maksud. Jadi kesimpulannya adalah internal link merupakan sebuah link yang menuju ke domain atau halaman web itu sendiri.

External Link

Kemudian yang kedua adalah external link, emm bisa di bilang ini adalah sebuah link yang menuju ke halaman web lainya.

Seperti apa contohnya ? kamu bisa lihat di code tag <a> yang pertama di atas. Itulah yang di sebut dengan external link.

Kenapa begitu ? Karena jika kode tersebut kamu pakai di dalam domain kamu, maka link tersebut akan mengarahkan dirinya ke halaman artikel website ini.

Sangat simple sebenarnya untuk membuat link di html jadi tidak usah kebingungan.

Artibut HTML Pada Link

Sebenernya sudah bukan rahasia umum, kalau semua tag html itu bisa di isi dengan berbagai macam atribut.

Yahh tidak terkecuali tag <a> yang biasa digunakan untuk membuat link dengan menggunakan html. Berikut ini adalah beberapa atribut html yang perlu kamu ketahui.

href

Atribut pertama memang menjadi atribut paling penting untuk membuat sebuah link karena ini menjadi tempat url-nya.

Atribut ini menjadi yang paling banyak di pakai, karena emang bersifat wajib sih kalau ngga ada atribut ini mungkin bukan di sebut dengan link wkwk.

target

Lalu ada atribut target yang bisa berguna untuk menentukan pembukaan link. Atribut target ini juga mempunyai beberapa macam yang biasanya di gunakan.

Beberapa ini adalah atribut target yang sering di gunakan untuk membuat link html.

  • _blank ini menjadi atribut yang paling sering di gunakan untuk membuka link di tab baru.
  • _self target ini menjadi sebuah deafultnya link, yaitu membuka link di halaman itu sendiri.
  • _top atribut target ini menuju bagian paling atas pada halaman.
  • _parent ini akan membuka link pada frame induk.

title

Bisa di bilang atribut ini berfungsi untuk membuat tooltips. Apa itu tooltips ? itu merupakan sebuah informasi tambahan yang bisa tampil saat link di sentuh pointer atau pada saat kita menahan link tersebut di hp.

style

Atribut ini pasti sudah sangat familiar buat kamu yang sering otak atik css. Jadi kamu bisa mengubah style dari link yang kamu buat.

Contohnya seperti mengubah warna, menghilangkan garis bawah dan lain lain kamu bisa menggunakan atribut style ini.

Penutup

Sebenernya masih banyak lagi cara untuk membuat link, seperti membuat link dengan gambar dan lain sebagainya lah.

Tapi karena lagi mager maka kita cukupkan sampai di sini aja kali ya, mau bikin link dengan apapun menurut saya kuncinya ada di tag <a>.

Jadi sampai jumpa di artikel berikut nya babai.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.