landing page bootstrap persiapan

Landing Page Dengan Bootstrap #01 : Persiapan

Taufiksi – Kita akan mencoba membuat sebuah landing page dengan menggunakan bootstrap, kita akan mulai dari persiapan dulu.

Kamu pasti sudah tau apa itu bootstrap kan ? Jadi bootstrap adalah salah satu framework css yang bisa membantu dalam development website.

Banyak sekali kegunaan bootstrap sebenarnya. Contohnya untuk membuat popup, atau mengatur container dengan sangat mudah.

Persiapan Untuk Ngoding Landing Page Dengan Bootstrap

Yang harus kamu tau terlebih dahulu adalah alat dan bahan yang harus kita siapkan terlebih dahulu ketika ingin ngoding landing page menggunakan bootstrap.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu :

  • Teks Editor
  • Browser

Udah cuma itu doang.

Teks Editor

Kenapa kita membutuhkan teks editor ? Sinkatnya kamu akan butuh teks editor untuk menulis code landing page.

Di dunia ini sudah banyak sekali teks editor yang bisa kamu gunakan. Tapi saya menyarankan untuk menggunakan teks editor visual studio code karena kamu bisa menginstall beberapa ekstensi pendukung seperti live server.

Gunanya apa ? Karena kita tidak akan menggunakan xampp untuk meruning code landing page kita. Jika menggunakan xampp maka kamu akan meruning code tersebut di localhost.

Sebagai gantinya kita bisa meruning menggunakan live server. Perbedaannya sangat mencolok jika menggunakan live server, yaitu ketika sudah tersimpan dan kamu bisa langsung melihat hasilnya tanpa harus merefresh halaman.

Lebih jelasnya nanti kamu akan paham ketika sudah memasuki perkodingannya.

Browser

Yang kedua adalah browser. Browser disini digunakan untuk menampilkan output dari code landing page yang akan kita buat.

Ada banyak browser, tapi yang sering digunakan adalah google chrome, tapi terserah kamu mau menggunakan yang mana.

Tapi saya nantinya akan menggunakan google chrome saja dengan mode Incognito. Agar lebih mudah dalam mengedit dan tidak perlu repot repot menghapus cache jika terdapat pengeditan lebih lanjut.

Cara Install Live Server Di Visual Studio Code

Karena kita akan menggunakan live server maka kita harus mengistall terlebih dahulu. Kamu bisa mengikuti cara berikut ini.

Saya akan menganggap kamu sudah menginstall visual studio code ya. Kemudian kamu bisa membukanya.

persiapan ngoding landing page bootstrap
Gambar Teks Editor Visual Studio Code

Setelah itu kamu bisa langsung ke tab exstension. Seperti yang ditunjuk tanda panah berwarna merah berikut ini.

Tab Extensions

Kemudian kamu bisa cari extensions live server dan menginstallnya.

live server

Karena kebetulan saya sudah menginstallnya maka digambar tersebut hanya ada tombol disable dan unistall.

Setelah kamu menginstall live server, kini sudah bisa digunakan. Caranya bagaimana ?. Mungkin kita lanjutkan di artikel berikutnya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.