kotlin vs java

Kotlin VS Java Pertarungan Bahasa Pemrogramman Android

Taufiksi – Mungkin topik ini sudah cukup membosankan dan ketinggalan zaman namun saya tetap ingin membahas pertarungan antara kotlin vs java.

Jika kamu sebagai android developer pasti dulu sangat sering membandingkan suatu bahasa pemrogramman. Entah itu bertujuan untuk mengetes siapa yang lebih flexibel atau hanya ingin tau fitur fitur yang terkandung oleh bahasa tersebut.

Programming memang menjadi unik ketika semua seorang programmer berhasil menciptakan suatu bahasa pemrogramman.

Setelah sekian lama memimpin, java akhirnya di gusur oleh pesaing barunya untuk menguasai pasar android yaitu kotlin.

Sekarang kamu bisa dengan mudah memilih mau menggunakan java atau kotlin, namun keduanya tetap sama yaitu bahasa pemrogramman.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Kita coba bedah satu persatu apa aja kelebihan kotlin dan juga kelebihan java nanti kita akan simpulkan siapa yang menang pertarungan kotlin vs java.

Java Untuk Developer Android

Yaps kita akan membahas yang pertama adalah menggunakan java untuk developer android. Kamu harus tau java itu di kembangkan oleh SUN Microsystem pada tahun 1991.

Bahasa pemrogramman java semakin di minati oleh banyak kalangan khususnya programmer yang kerjanya ngoding depan laptop doang.

Hal tersebutlah yang membuat java menjadi daya tarik tersendiri dan memiliki keunggulan yang bisa di katakan perfect. Apa aja itu ?

Kelebihan Java

Ada beberapa keunggulan java yang bisa kamu temui jika kamu terus ngoding menggunakan bahasa ini. Simak untuk tau siapa yang menang antara kotlin vs java.

  • Kompilasi, Java lebih cepat sedikit jika di bandingkan dengan kotlin dalam urusan waktu untuk mengkompile codingan java.
  • Komunitas, Komunitas java sudah terbangun sejak dulu kala jadi sudah banyak sekali tutorial bahkan kursus yang mengajarkan bahasa java.

Kekurangan Java

Selain mempunyai kelebihan, java juga mempunyai beberapa kekurangan yang mungkin bisa di tutupi oleh bahasa kotlin.

  • Source Code, Sudah bukan rahasia umum jika source code yang di miliki java ini sangat panjang melebihi rel kereta api.
  • Null Safety, Ini juga sudah bukan rahasia umum jika progammer java mengalami error ini, terus juga error ini sekarang mampu di atasi oleh bahasa kotlin.

Mungkin begitulah serba serbi dari bahasa java.

Kotlin Untuk Developer Android

Sekarang kita akan membahas bagaimana kotlin bisa di gunakan oleh developer android dan juga banyak kelebihan yang sekarang di miliki kotlin.

Semakin panas nih persaingan dari dua bahasa pemrogramman ini wkwk. Cekidot apa aja kelebihan kotlin yang tidak di miliki oleh java.

Kelebihan Kotlin

Apa hayo, mungkin banyak developer android yang tau apa aja kelebihan kotlin di bandingkan java kan. Apa aja sih kelebihan kotlin.

  • Support Android Studio, sekarang android studio sudah mensupport penuh kotlin untuk di jadikan bahasa utama untuk ngoding android
  • Bisa Tukar Dengan Java, hal ini terjadi karena kotlin berjalan mengguankan JVM atau yang di sebut dengan java virtual machine.
  • Ringkas, Wow kamu bisa menulis code hanya beberapa baris dan juga tidak butuh titik koma, udah kayak phyton ya.

Kekurangan Kotlin

Dimana ada kelebihan pasti ada kekurangan, kotlin pun masih ada kekurangan karena bisa di bilang bahasa baru. Apa aja kekurangan kotlin ?

  • Komunitas, jika di bandingkan dengan java, kotlin tidak ada apa apanya. Kotlin masih kalah dengan java.
  • Ukuran, kotlin standart library dan runtime menambahkan ukuran apk. Mungkin cuma sekitar 800kb namun itu bisa jadi akan memberatkan user

Kesimpulan Kotlin VS Java, Siapa yang Menang ?

Untuk saya pribadi, saya lebih memilih kotlin karena kodenya yang singkat, kalau kebanyakan kode nanti meledak kepala saya wkwk.

Siapa yang menang itu tergantung kamu yang ingin menggunakannya.

Penutup

Berhubung ini sudah adzan kita sudahi terlebih dahulu, mungkin nanti malam saya akan melanjutkan tutorial android studio. Terima kasih sudah membaca sampai juga di artikel berikutnya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.