kisah elon musk

Kisah Sukses Elon Musk, Si Mekanik Tesla Dan Space X

Taufiksi – Hmm elon musk ya, ada yang tau kisah sukses si mekanik satu ini ngga, karna mungkin akan sangat seru jika membahas orang yang sukses ya wkwk.

Lagi pengen aja sebenarnya ngebahas seseorang siapa tau kan ada yang terinspirasi ye kan. Dan mengikuti jalan beliau.

Jadi mari kita bahas semua hal tentang si elon musk ini ya, emm di mulai dari mana dulu enaknya ya. Apakah dari latar belakangnya dulu atau perjalanan elon dulu ?.

Mungkin kita bahas perusahaan elon dulu ya, baru latar belakangnya hehe. Biasa basa basi dulu lah dari pada serius kan.

Apa Itu Tesla ?

Tesla ya, kalau menurut wikipedia sih adalah perusahaan otomotif ya. Dan siapa lagi kalau bukan si elon musk pendirinya.

Tapi bukan cuma elon sih yang mendirikannya ada nama nama seperti Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright yang turut membantu si elon musk.

Perusahaan ini mempunyai spesialisasi di bidang mobil listrik, komponen mesin dan bahkan memproduksi pengisi ulang baterai.

Kantor dari perusahaan tesla ini berpusat pada San Carlos, di California Amerika Serikat. Pendirian perusahaan tesla sangat menarik.

Awalnya di modali oleh pendiri Paypal yang merupakan perusahaan keuangan khusus di bidang pembayaran online sekaligus juga si elon sebesar 7,5 Juta dolar di tahun 2004.

Hal ini menjadikan elon musk sebagai direktur utama.

Siapa Elon Musk ?

Apakah untuk saat ini, masih tidak ada yang kenal dengan nama elon musk di dunia ini, mungkin emang masih ada beberapa sih yang tidak tau orang ini.

Sebelum membahas kisah dari elon musk kita harus mengetahui semua latar belakang dari si pendiri tesla dan space x.

Nama panjangnya adalah Elon Reeve Musk adalah seorang tokoh bisnis, bahkan bisa di katakan beliau adalah penemu juga dan industrialis yang berasal dari amerika serikat.

Ternyata CEO ini lahir di Pretoria di afrika selatan loh dari dua pasangan dari kanada dan afrika selatan. Untuk kanada mendapatkan darah tersebut dari ibunya dan darah afrika selatan dari ayahnya.

Ibu dari elon musk bernama Maye Musk yang merupakan model dari Regina, Saskatchewan, Kanada. Sementara itu ayah elon yang bernama Errol Musk adalah seorang ahli elektromekanika, pilot dan bahkan seorang pelaut.

Elon mempunyai adik laki laki yang bernama Kimbal yang lahir pada tahun 1972 dan adik perempuannya si Tosca lahir pada tahun 1974.

Perjalanan Karir Elon Musk

Hmm, entahlah saya lagi males banget dan sedikit pusing, ngga tau mau ngapain jadi akan saya percepat deh.

Zip2

Karir dari elon musk dimulai dari pendirian zip2, yang merupakan perusahaan software web bersama dengan adiknya yaitu Kimbal.

Zip2 mengembangkan dan memasarkan panduan kota internet untuk industri penerbitan surat kabar. Elon mendapat kontrak dengan New York Times dan Cichago Tribune kemudian membujuk si dewan direktur supaya mau membatalkan rencananya untuk merger dengan perusahaan CitySearch.

Tapi perusahaan Compaq mengakuisisi Zip2 senilai US$307 juta yang dibayar secara tunai dan US$34 juta dalam bentuk sahamdi tahun 1999.

Elon menerima sekitar 7% atau 22$ Juta dari penjualan tersebut.

X.com & Paypal

Tidak sia sia penjualan Zip2, Elon memanfaatkan hasil tersebut sebesar 10$juta untuk mendirikan layanan keuangan online yang bernama X.com di bulan maret 1999.

Tidak hanya itu Elon merekrut seseorang yang bernama John Story sebagai investor dan Bill Harris sebagai presiden dan CEO perusahaan.

Elon yang menjadi ketua perusahaan menerima modal sebesar lebih dari 20$juta dari firma usaha sequoia capital. X.com mulai meluncurkan layanannya pada tahun 1999 yang menyediakan rekening dan kartu tunai online.

Kemudian beberapa bulan kedepan X.com mengakuisisi Confinity, Perusahaan yang mengoperasikan layanan transfer uang bernama paypal.

Tapi lika likunya ada di tahap ini, banyak sekali drama saham yang bermain, seperti pendiri pendamping dari confinity dan salah satu investor perusahaan mendepak Elon dari jabatannya sebagai CEO X.com.

Dan masih banyak lagi drama drama saham yang terjadi.

Space X

Setelah lika likunya di perusahaan lamanya, akhirnya Elon mendirikan perusahaan ketiganya yaitu Space X pada bulan juni 2002.

Space X mengembangkan dan memproduksi wahana luncur antariksa sambil memajukan teknologi roket, dua wahana tersebut yang pertama kali buatan dari perusahan Elon ini adalah roket Falcon 1 dan Falcon 9. Kemudian untuk wahanan antariksa pertamanya adalah Dragon.

Singkat cerita dalam kurun waktu sekitar tujuh tahun Space X merancang keluarga wahana luncur falcon dan wahana antariksa serbaguna dragon dari nol.

Tesla Motors

Kemudian pasti kamu sudah tidak asing dengan nama tesla, yaps elon adalah salah satu pendiri dari tesla motors dan saat ini menjabat sebagai kepala design produk.

Tapi meskipun begitu ketertarikan elon terhadap mobil listrik sudah ada jauh sebelum di dirikannya tesla. Musk memimpin investasi Series A di Tesla Motors yang diinkorporasikan dan didanai 9 bulan sebelumnya oleh Martin Eberhard dan Marc Tarpenning.

Tesla motors awalnya membuat mobil sport listrik, tesla readster yang berhasil menjual sekitar 2000 unit lebih di 31 negara dunia.

Tapi tidak hanya itu tesla mulai meluncurkan sedan model S empat pintu pada sekitar tahun 2012 dan model X untuk pasar minivan pada february.

Penutup

Sumpah dah saya lagi mager banget wkwk jadi mungkin sampai disini dulu lah ya, babay sampai jumpa di artikel berikutnya.

Padahal masih banyak perjalanan kisah karir elon musk, mau gimana lagi kan hmm




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.