kebiasaan buruk programmer

Kebiasaan Buruk Programmer Buat Pemula Yang Perlu Diketahui

Taufiksi – Minggu yang benar benar sibuk ya, tapi saya akan menyempatkan membahas beberapa kebiasaan buruk programmer.

Meskipun banyak kegiatan yang di jalani tapi harus tetap profesional, contohnya seperti mengerjakan skripsi dan lain sebagainya.

Yahh itulah mahasiswa tua seperti saya. Bahkan lebih sering berkutat dengan kasur juga taulah hobby rebahan akhir akhir ini.

Ngomong omong soal programmer saya udah banyak membahas tentang topik tersebut seperti suka duka, atau kuliahnya ngapain aja dan lain sebagainya.

Tapi satu yang mungkin perlu di perhatikan seperti kebiasaan buruk yang dimiliki programmer, bahkan perlu di kurangi.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Kenapa saya bilang perlu di kurangi? tentu saja ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tidak harus untuk di hilangkan wkwk.

Seperti contohnya ngopi, itu emang kebiasaan buruk, tapi tidak harus untuk di hilangkan karena kopi merupakan minuman favorit bagi kebanyakan programmer.

Yahh daripada kita membahas yang tidak jelas mungkin kita akan masuk ke menu hidangan yaitu kebiasaan buruk programmer.

8 Kebiasaan Buruk Programmer

Saya hanya akan membahas 10 saja karena mungkin akan terlalu panjang jika diceritakan semuanya wkwk.

Inilah beberapa kebiasaan yang harus di kurangi. Khususnya untuk pemula yang ingin jadi seorang coder wkwk.

Ngopi

Akan saya masukan dalam daftar pertama, yaitu kebiasaan ngopi. Emang sih ngopi itu bisa membuat rasa ngantuk hilang.

Tapi ada beberapa bahaya kopi yang mungkin perlu kamu tau seperti gejala kecemasan dan bahkan bisa sampai serangan jantung.

Entahlah tapi itu kebiasaan sih, boleh aja ngopi tapi jagan terlalu sering, ini seperti mengingatkan saya ya wkwk.

Kopi kalau secara medis juga bisa menemani diet loh, tapi bukan berarti tidak berbahaya, dan setau saya kalau kebanyakan kopi maka pencernaan yang kamu miliki akan terserang.

Entahlah kamu akan mudah ke toilet hanya untuk menuntaskan panggilan alam wkwk, tentu ini akan membuang beberapa waktu kamu yang harusnya produktif.

Olahraga

Sebuah fakta yang sangat menarik tapi juga merupakan kebiasaan buruk, taukah kamu kalau programmer jarang olahraga ?.

Meskipun sudah di pasang alarm pukul berapapun kalau emang niatnya udah ngga mau olahraga yaudah rebahan aja deh.

Padahal jarang olahraga menjadikan ketahan tubuh kamu melemah dan badan menjadi tidak fit, akan sangat berbeda dengan tubuh yang sering olahraga, pastinya lebih segar dan bugar.

Untuk ngoding pun bisa tahan lama, tanpa kopi. Ngga percaya cobain aja, tapi mungkin awal awal kamu akan merasa sangat capai sekali.

Karena badan kamu akan membiasakan diri terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa lebih segar, dan ada fakta lagi. Kalau kamu berkeringat maka pikiranmu akan lebih teratur.

Begadang

Menjadi programmer apalagi dibarengi dengan bekerja freelance yang setiap malam itu pasti akan ada project client yang menunggu untuk di selesaikan.

Inilah alasan kenapa kopi selalu laris di beli programmer, alasanya adalah programmer sering begadang demi mengerjakan project project freelance.

Emang sih gaji freelance itu lumayan apalagi sebagai web developer, mungkin bisa sekitar 3-8 juta per project, tergantung skill yang kamu miliki sih wkwk.

Tapi serius jangan tiap hari kamu begadang, kalau ada waktu di saat kamu bisa tidur dibawah pukul 10 itu akan menjadi tidur yang sangat berarti untukmu.

Jangan gunakan waktu itu untuk scroll IG sampai larut malam kalau tidak menghasilkan. Dan mungkin kecuali kalau pacar kamu nelpon tidak apa apa sih wkwk.

Makan

Karena terlalu sibuk ngoding makan pun sampai lupa waktu, bahkan waktu makan bisa saja bisa berubah tergantung kondisi.

Misalkan hari ini sarapan pada pukul 10 pagi, besoknya sarapan pada pukul 1 siang, hal itu bisa terjadi kalau kamu begadang.

Padahal dulu pas SD(Sekolah Dasar) sering di ajarin bahwa kalau makan pagi sebelum matahari terbit bisa dibakar dan menjadi vitamin D kalau terkena sinar matahari pagi, bukan siang wkwk.

Tapi saya juga sekarang begitu sih sering telat makan apalagi sebagai programmer yang tinggalnya di kos kosan kan.

Mandi

Apa itu mandi untuk programmer ?. Apakah masih berlaku mandi 2 kali sehari untuk para programmer dari senior maupun junior.

Kurasa itu sangat mustahil kalau ada programmer yang masih menerapkan dua kali sehari untuk melakukan aktivitas ini.

Entahlah tapi yang pasti dan yang saya alami sendiri adalah mandi itu menjadi prioritas ke 128 dari 130 aktifitas programmer dalam sehari.

Artinya menjadi urutan paling terakhir wkwk, maka tidak jarang programmer bisa tidak mandi dalam seharian.

Emm saya ngga tau sih atau itu cuma terjadi pada saya. Ada beberapa alasan yang menyebabkan tidak mau mandi, seperti dingin atau bahkan buat apa mandi kalau tidak ketemu dengan orang.

Ditambah sekarang banyak programmer yang menjalani perannya dengan cara remote, emm kalau ngga tau remote maka mainmu kurang jauh.

Remote itu adalah sebuah alat kontrol yang biasa untuk menghidupkan sesuatu, contohnya seperti remote TV wkwk. Semacam itulah.

Malas

Malas mencakup semuanya, tapi yang akan dibahas disini adalah bahwa programmer itu bisa malas belajar hal baru.

Belajar bahasa programming baru atau bahkan sekedar ada algoritma baru dan malas untuk belajar hal tersebut.

Atau kalau ada beberapa update dari framework, malas untuk mempelajarinya dan masih stack di framework versi tersebut.

Inilah adalah salah satu kebiasaan buruk programmer yang mungkin perlu di hilangkan, bukan cuma di kurangi.

Karena kamu akan ketinggalan teknologi, contohnya seperti teknologi yang kamu pakai saat ini tidak di upgrade maka sudah pasti kamu akan bernasib seperti salah satu brand.

Programmer profesional pasti mereka akan terus belajar meskipun ada berbagai macam hal yang tidak bisa di terima akal sekalipun.

Copy Paste

Saya tidak ada masalah dengan fitur copy paste yang dibuat oleh Larry Tesler, hmm nanti di kiranya ngga pernah copy paste.

Pernah kok saya copy paste, tapi tidak semuanya. Apalagi kan ada platform yang bernama stackoverflow yang menjadi pusat bertemunya programmer saat ini.

Kadang programmer mungkin ini terjadi pada programmer pemula sih, tidak masalah copy paste tapi di lihat lihat dulu.

Misal nih, kan ngga lucu ya kalau kamu mencari code untuk ngefix error yang kamu punya. Nah di stackoverflow ada tuh yang bahas, terus kamu copas code yang paling atas sendiri.

Hehe, bukan apa apa ya. Tapi itukan kode yang yang emang error dan ingin ditanyakan bukan solusinya wkwk.

Jadi jangan copas seenak jidat dong wkwk. Setidaknya pahami dulu sintaksnya dan copas sekiranya masuk kedalam code kamu.

Multitasking

Merasa paling bisa mengerjakan semua project, entah itu dari project yang menggunakan bahasa PHP, javascript, atau yang lainnya.

Well kalau kamu begitu kamu mungkin adalah sang dewa yang dicari oleh client tapi kalau kamu emang sudah pro tidak masalah.

Yang jadi masalah kalau kamu belum menguasai satu bahasa pemrograman tapi ingin menguasai semua bahasa pemrograman di muka bumi ini.

Dengan kamu menjadi programmer maka kamu harus belajar untuk fokus pada satu hal itu saja dulu, jangan berharap untuk melakukan pekerjaan multitasking.

Ada waktunya suatu saat nanti kamu akan bisa mengerjakan semuanya dengan kedua tanganmu itu.

Penutup

Kita akan tutup artikel ini mungkin kita akan lanjut ke artikel berikut nya, babai sampai jumpa di artikel berikutnya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.