jurusan informatika

Jurusan Informatika Menjadi Primadona Mahasiswa Baru

Taufiksi – Ada sobat fiksi yang ingin mengambil jurusan informatika ? atau tertarik ingin memasuki jurusan ini dan belajar tentang komputer dan pemrogramman ?

Jurusan informatika memang menjadi salah satu pilihan yang patut untuk kamu pertimbangkan di situasi yang sekarang sedang terjadi.

Kali ini akan mencoba menjawab pertayaan yang sering ada di benak sobat fiksi, semoga jawabannya benar semua ya wkwk.

Pertama akan menjabarkan dan memperkenalkan jurusan informatika kepada sobat fiksi terlebih dahulu.

Perkenalan Dengan Jurusan Informatika

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Pernah berfikir untuk masuk ke jurusan informatika kamu akan menjadi seorang hacker ? atau membuat game ? Bagus. Jurusan informatika adalah jurusan yang mempelajari ilmu komputer, pengembangan perangkat lunak dan juga sistem operasi. Bahkan, kamu akan di ajari cara mengelola jaringan.

Inilah beberapa mata kuliah yang ada di jurusan informatika :

  • Pemrogramman Dasar
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Sistem Digital
  • Jaringan
  • Skripsi

Haha, intinya kuliah di jurusan ini kamu akan berurusan dengan komputer, software, hardware. Tidak ada pelajaran memasak di jurusan ini wkwk.

Alasan Memilih Informatika

Ada beberapa alasan bagi kamu untuk memilih informatika sebagai bidang study yang ingin kamu kejar. Ini bicara selain di paksa orang tua ya wkwk.

Seribu alasan kenapa kamu harus masuk informatika, saya akan rangkum menjadi 5 aja ya wkwk

  • Gajinya Mantap, perusahaan teknologi semakin pesat maka peluang pekerjaan ini juga semakin banyak dan beragam.
  • Bikin Produk Sendiri, kenapa ngga bikin aplikasi sendiri lalu dijual ? atau theme wp mungkin.
  • Perusahaan Banyak Yang Incar, seperti poin diatas perusahaan teknologi semakin pesat.
  • Menjadi Freelacer, bisa kerja sendiri dan kapan aja dengan mengabil project dari luar
  • Jadi CEO, banyak banget yang bisa jadi CEO, nanti akan di bahas dibawah.

Syarat Masuk Jurusan Informatika

Sebenarnya untuk masuk ke informatika bisa dari lulusan apapun entah itu SMA SMK MA. Namun yang paling tepat adalah lulusan IPA dari SMA dan MA, untuk SMK rata rata jurusan dari TKJ, RPL dan Multimedia.

Tidak ada syarat wajib untuk masuk informatika, hanya saja lebih bagus jika kamu berasal dari lulusan tersebut.

Saran untuk masuk informatika harus memiliki kriteria di bawah ini

  • Memiliki alat untuk belajar
  • Punya kemauan belajar hal baru dengan cepat
  • memiliki kemampuan bahasa inggris
  • Paham matematika
  • Tetap semangat

Prospek Informatika

Saya akan beri tau beberapa prospek kerja jika ada sobat fiksi yang ingin kuliah di informatika. Sebenarnya ada banyak sekali prospek kerjanya. Contohnya

  • Mobile Developer
  • Full Stack Developer
  • Backend Developer
  • Frontend Developer
  • UI Design
  • Data Analis
  • Data Scientist
  • Database Admin
  • Game Developer
  • Dan Lain Sebagainya, udah banyak uy.

Berapa Gaji Profesi Kuliah Disini

Duid lagi, duid lagi, wkwk dasar money oriented. Saya juga begitu sih manusiawi kok kalem aja. Kuliahnya aja mahal giliran dapet kerjaan dapet gaji tidak sebanding dengan kerja mikir waktu kuliah wkwk.

Tapi berapa pun gajinya, kalo kamu punya skill lebih untuk menjadi programmer yang handal pasti diatas UMR itu sidah pasti dan sudah jelas.

Tingkatin skill supaya dapat gaji yang lumayan.

Kampus Idaman Informatika

Siapa juga yang ngga mau kuliah dikampus idaman yang sangat waw dan mantap ini wkwk, pengin sih tapi karena tidak kuat jauh jauh maka dari itu cuma di sini aja wkwk.

Dah ah cape banget nulis panjang panjang, berikut adalah kampus idaman informatika, semoga sobat fiksi bisa masuk ke salah satu kampus ini ya wkwk. Amin.

  • UI (Universitas Indonesia)
  • Universitas Gajah Mada
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Islam Indonesia
  • Telkom University
  • Universitas Surabaya
  • Kemudian Kampus (IT Telkom Purwokerto)

Penutup

Begitulah beberapa kampus pilihan yang bisa dibuat untuk jembatan masuk kuliah informatika, semoga berhasil.

Sekian. Cape sekali gan !!




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.