IDE Integrated Development Environment

Apa Itu IDE (Integerated Development Environment) ?

Taufiksi – Dalam pemrograman menulis kode akan membutuhkan alat, salah satunya dengan menggunakan IDE (Integerated Development Environment).

Apa itu IDE ? pasti akan banyak sekali pertanyaan seperti itu yang muncul di antara sudut otak kamu ya. Sinkatnya, IDE adalah sebuah program komputer yang mempunyai fasilitas untuk mendukung penulisan kode.

Tapi sebagian programmer, ada yang menyukai teks editor dan menginstall berbagai plugin secara manual untuk memperoleh fitur fitur yang spesifik. Sebagian programmer juga ada yang memilih menggunakan IDE karena beberapa kelebihannya.

Kita bahas lebih lanjut mengenai IDE ini, dan nanti kamu akan tau perbedaan IDE dengan teks editor.

Pengertian IDE (ntegerated Development Environment)

IDE Integrated Development Environment
Kumpulan IDE

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Integerated Development Environment adalah sebuah perangkat lunak untuk membangun aplikasi yang menggabungkan alat development kedalam satu Graphical User Interface (GUI).

Seperti kebanyakan istilah komputer lainnya yang sudah di terjemahkan, yang terkesan aneh dan bisa membingungkan. Karena emang IDE hanya sebuah software yang digunakan untuk membuat software.

IDE tidak ada bedanya seperti sebuah ruang kerja yang didalamnya tersedia peralatan yang dibutuhkan oleh programmer.

Kata Environment dan Integrated menunjukan bahwa IDE sudah menyediakan segala sesuatu yang biasanya dibutuhkan untuk mengubah kode menjadi sebuah program.

Komponen yang ada di IDE ada berbagai macam, tapi yang sering di jumpai adalah teks editor, compiler dan debugger.

Tiga hal tersebut sudah menjadi komponen paling dasar, dan sudah pasti akan tersedia di dalam IDE.

Teks editor di dalam IDE bisa berfungsi sebagai area untuk menulis dan mengedit kode program. Uniknya dari IDE adalah terdapat berbagai macam aneka fitur penujang seperti auto completion yang sangat berguna bagi programmer saat menulis sebuah kode program.

Tidak hanya auto completion, IDE juga terdapat bracket mathing yang digunakan untuk menandai awal dan akhir dari block kode. Bahkan sebagian IDE terdapat fitur yang untuk mendeteksi terjadinya error pada sintaks.

Namun fitur compiler bisa berfungsi untuk mengubah source code menjadi program yang bisa di eksekusi oleh komputer.

Apakah IDE (ntegerated Development Environment) Gratis ?

Terus apakah IDE (Integerated Development Environment) gratis ? Jawabannya adalah tergantung. Karena sebagian IDE bisa diakses secara gratis dan berlisensi open source. Tapi ada beberapa juga yang ditawarkan dalam harga yang sudah ditentukan.

Sudah banyak kok IDE yang open source, nanti kita akan bahas lebih lanjut beberapa contoh IDE yang menyediakan versi open source.

Alasan Harus Menggunakan IDE (ntegerated Development Environment)

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan IDE untuk menulis kode program. Simak penjelasan berikut ini.

Bisa Mempercepat Pengembangan

IDE bisa memungkinkan seorang programmer untuk menjalankan program atau aplikasi dengan cepat karena terdapat beberapa utility yang disediakan oleh IDE itu sendiri.

Utility tersebut sudah siap digunakan dan tidak diperlukan konfigurasi lebih lanjut. Tidak hanya itu, utility di IDE juga bisa terintegrasi satu sama lain.

Sebagian besar IDE di desain untuk menghemat waktu dalam proses pengembangan aplikasi bagi programmer.

Mudah Digunakan

Beberapa programmer lebih suka yang instan dan beberapa juga ada yang lebih suka dengan keribetan. Jika kamu tipe programmer yang ingin serba instan maka menggunakan IDE adalah jalan ninja terbaik saat ini.

Kemudahan dalam membuat sebuah program komputer menggunakan IDE dikarenakan sudah terinstal berbagai macam fitur seperti yang sudah disinggung.

Jika kamu menggunakan teks editor biasa, maka tidak akan ada yang namanya compiler, debugger kecuali kamu menginstallnya sendiri.

Dukungan Berbagai Macam Bahasa Pemrograman

Beberapa IDE ada yang dikhususkan untuk satu bahasa pemrograman dan lebih cocok untuk paradigma bahasa pemrograman tertentu.

Contohnya seperti intelij, sebuah IDE yang dikenal untuk bahasa pemrograman java. Tapi ada beberapa IDE yang mempunyai banyk dukungan dari bahasa pemrograman.

Seperti Eclipse, dimana IDE tersebut mendukung berbagai macam bahasa pemrograman, seperti java, PHP, Python dan masih banyak lagi.

Macam Macam IDE (Integerated Development Environment)

Setelah semua pembahasan diatas, saya ada beberapa rekomendasi IDE. Berikut ini adalah beberapa IDE yang patut kamu cobain.

Android Studio

Seperti namanya, IDE ini merupakan IDE yang dikhususkan untuk memprogram android. Karena saat ini bahasa pemrograman sudah lumayan berkembang, maka android studio pun juga berkembang pesat.

Sampai saat ini android studio sudah bisa digunakan memprogram aplikasi dengan menggunakan berbagai bahasa, seperti kotlin, dart, java.

Karena sebelumnya memang hanya bahasa java yang menjadi core dari android studio. Dan yang perlu kamu ketahui juga adalah fitur dari android studio sangat lengkap dan juga dilengkapi dengan emulator untuk mempermudah memproyeksikan hasil aplikasinya.

Intelij IDEA

Kemudian ada intelij, sebenarnya android studio berasal dari intelij. Jadi sudah dipastikan kalau IDE ini bisa digunakan untuk ngoding android.

Tapi memang kalau ingin ngoding android saya menyarankan untuk menggunakan android studio saja dibandingkan menggunakan intelij.

Karena akan mendownload berbagai resource lagi jika menggunakan intelij.

Netbeans

Netbeans adalah IDE yang ditulis dalam bahasa java, lintas platform, open source. Sama bagusnya dengan Eclipse tapi relatif lebih mudah digunakan.

Netbeans mendukung java. Tapi bukan hanya java, bahasa pemrograman lainnya juga bisa seperti  PHP, C/C++, HTML, JSP, XML, Groovy, dan Javascript.

Keberadaan Netbeans sebenarnya sudah cukup lama, yaitu dimulai dari tahun 2000. Tapi jumlah penggunanya sampai saat ini terus mengalami peningkatan.

Hal tersebut juga dikarenakan netbeans seringkali digunakan di dunia pendidikan.

Eclipse

Bagi programmer lama, eclips sudah tidak asing lagi. tapi memang berbeda jika kamu merupakan programmer baru.

Pada dasarnya eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, selain itu Eclipse juga mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.

Eclipse merupakan IDE yang bisa digunakan pada di berbagai platform yaitu Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.

IDE ini dirilis dibawah dari persyaratan Eclipse Public License, dan Eclipse SDK gratis dan open source yang menjadikan IDE ini banyak diminati oleh para programmer.

Penutup

Okelah, saya cukupkan sampai disini dulu kali ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya, babai.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.