icon aplikasi android

Membuat Icon Aplikasi Android Studio Panduan Kotlin Part #02

Taufiksi – Hai, pada part kedua ini kita akan membuat icon aplikasi di android studio ya. Setelah pada part pertama kita sudah membuat splash screen.

Tutorial ini di tujukan untuk kamu yang sedang gabut menelusuri google untuk mencari caranya membuat bahkan mengubah icon pada aplikasi.

Dan mungkin bagi kamu yang sudah pro bisa tertawakan bersama artikel ini hehe. Anggap aja ini seperti rumah bagi kamu.

Oke baiklah mari kita mulai perjalanan untuk menjadi android developer profesional yang bergaji puluhan juta perbulan.

Kayaknya ngga perlu lama lama deh basa basinya. Langsung pada intinya ya, sebenarnya cukup mudah untuk membuat icon aplikasi.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Daftar Isi

Peralatan Yang Digunakan Membuat Icon Aplikasi Android

Karena untuk membuat sesuatu kita harus memakai alat, sama halnya dengan membuat icon aplikasi android ini perlu memakai alat.

Apa aja alatnya ?

Ya, ada 4. Adobe XD ini akan kita gunakan untuk mengedit serta memudahkan dalam membuat design iconnnya. Terus kenapa ada sportify ? Tentu saja sambil ngoding sambil goyang haha.

Rekomendasi Hardware

Kamu bisa memakai rekomendasi terserah mau laptop atau pc yang penting memenuhi kriteria di bawah ini.

  • Sistem Operasi : Windows, Linux dan MacOS
  • Prosesor : Intel Dual Core (Rekomendasi i3 keatas)
  • RAM : 2GB Rekomendasi 4GB sampe mentok

Tutorial Membuat Icon Aplikasi Android

Ngga panjang kan hehe, paling juga cuma 300 kata doang ini ngga bikin kamu cape buat scrolling. Lagi mager aja bikin artikel panjang panjang wkwk.

Membuat Icon

Pertama tama membuat icon dengan adobe xd. Ada dua tipe yang pertama tipe utama dan yang kedua tipe rouded. Export gambar icon dengan selected android.

Kemudian ubahlah nama file yang sudah di export dari drawable menjadi mipmap. Kalau bingung bisa liat vidio yang sudah di buat.

Copy Paste Icon

Copy dan paste semua icon yang sudah di buat dan pastekan pada folder res android studio. Maka icon akan muncul pada folder mipmap.

Android Manifest

Kamu bisa ubah pada bagian icon serta icon round dengan gambar yang sudah kamu buat dengan sangat susah.

Penutup

Begitulah caranya untuk membuat icon aplikasi android studio yang sangat mudah untuk di ikuti. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.