flowchart

Apa Itu Flowchart ? Kupas Tuntas Fungsi, Simbol dan Jenisnya

TaufiksiFlowchart ya, hmm mungkin ini awal mulanya kamu belajar tentang algoritma pemrograman di kuliah semester satu.

Pada saat dulu kuliah jurusan informatika semester pertama saya harus berhadapan dengan yang namanya flowchart diagram dan lain sebagainya.

Tapi saat itu saya tidak maksud dengan yang namanya flowchart itu buat apa dan simbol ini tugasnya ngapain, jenis jenisnya apa aja itu ngga tau sama sekali.

Saya sangat yakin kamu bisa lebih tau tentang flowchart dari pada saya, harus dong bukan hanya bisa agar kamu mendapatkan ipk yang sempurna. Intinya jangan seperti saya wkwk.

Terus flowchart itu apa ? Gunanya untuk apa ? mungkin kita akan membahas semuanya di artikel kali ini mumpung saya lagi tidak mager.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Memang sungguh sangat tidak berpendidikan ya orang mageran kayak saya wkwk. Jangan di tiru dah pokoknya.

Menurut dosen yang pernah mengajar saya di semester awal awal itu menyebutkan kalau ingin membuat sebuah program memang harus tau terlebih dahulu flowchart itu apa. Dan lain sebagainya yang akan kita bahas selengkapnya.

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah suatu diagram yang bisa menjelaskan alur program yang sering kali kita buat. Jadi sebelum kamu ngoding, alangkah baiknya membuat flowchart dulu.

Kenapa ? Well tentu saja kalau kamu tidak memikirkan alur program yang ingin kamu buat maka yang akan terjadi kepalamu meledak karena stack pada pertengahan ngoding.

Ya ngga ? Kalau ngga percaya coba aja sendiri saya sudah pernah mencobanya dan hasilnya meledak kepala saya kebanyakan mikir di tengah tengah wkwk.

Ini akan menjelaskan keuntungan kamu membuat flowchart. Karena setiap langkah yang kamu ambil akan di gambarkan kedalam bentuk diagram.

Flowchart sangat berperan penting dalam mengambil keputusan dan fungsional dari proyek developing program yang melibatkan banyak orang.

Bisa di bilang flowchart ini atau yang biasa kamu sebut sebagai diagram alir bisa menjelaskan secara rinci code program yang ingin kamu buat. Mungkin berikutnya kita akan membahas pseudocode ya biar runtut.

Penting Ngga Sih Developer Tau Flowchart

Jawabannya sangat penting. Karena seperti yang di bilang di atas flowchart adalah awal jika kamu ingin ngoding membuat sebuah produk.

Cari Tau : Laptop Bisnis Terbaik

Misalnya gini, emm ini menurut saya pribadi ya. Kamu melakukan aktifitas sehari hari aja butuh flowchartnya wkwk. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

contoh flowchart

Iya intinya begitu dah, flowchart bisa di ibaratkan seperti sebuah aktifitas sehari hari, karena bisa di lihat juga rutinitas kehidupan programmer aja bisa di buatin flowchart.

Ya meskipun aktifitas programmer tuh kayak gitu gitu aja tinggal milih antara rebahan atau mau ngoding. Liburan ? paling juga ke warkop mentok mentok nonton sama gebetan.

Bahkan yang namanya programmer kalau belum ngopi belum bisa ngoding wkwk. Hmm, kenapa ya programmer harus di sangkut pautin sama kopi.

Tapi tanpa kopi, katanya programmer ngga bisa mikir. Dan pikirannya kosong, ngga tau dah bener apa ngga kenapa kamu ngga cobain sendiri aja ?.

Kembali ke pembahasan, jadi menurutmu flowchart penting atau ngga nih ? Ini juga menjadi awal mulanya kamu punya pemikiran yang runtut. Semua masalah pasti akan kamu buatin algoritmanya.

Pusing ngga tuh. Tapi katanya sih gitu kalau kamu masuk dunia IT akan berfikir sedikit lebih runtut di banding dengan mahasiswa jurusan lainnya.

Mungkin, silahkan buktikan sendiri setelah semester akhir baru kerasa kok wkwk. Dengan catatan kalau kamu rajin ngoding ya wkwk.

Fungsi Pembuatan Flowchart

Sudah banyak sekali di jelaskan diatas sana bahwa diagram alir ini memiliki beberapa fungsi yaitu bisa menggambarkan masalah kedalam bentuk diagram.

Tentu tidak mudah untuk menggambarkannya. Karena jika kamu punya masalah yang besar maka yang kamu harus persiapkan adalah mental baja.

Dengan membuat flowchart ini kamu akan bisa menyederhanakan secara terurai, rapih dan jelas dengan menggunakan simbol.

Simbol Simbol Flowchart

Yang perlu kamu ketahui juga kalau inign membuat flowchart adalah simbol simbolnya. Bukan seperti sandi pramuka ya wkwk.

Tapi simbol disini bisa membantu kamu menyelesaikan masalah. Mungkin bagi sebagian programmer sudah terbiasa dengan simbolnya.

simbol flowchart

Gimana ? Cukup mudah kan untuk di hapalkan. Tenang aja kamu pertengahan semester akan mengalami mata kuliah yang penuh dengan diagram wkwk.

Seperti belajar tentang membuat diagram class, sequence lah dan lain lain saya aja pengen muntah ngerjain tugas mata kuliah itu.

Jadi sebisa mungkin kamu itu berjuang sampai titik darah penghabisan ya, jangan di tiru adegan berbahaya hehe.

Nah mari kita kupas arti dari simbol simbol flowchart di atas ya.

Flow

Simbol ini digunakan untuk menggabungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lainya. Simbol ini juga biasa di sebut dengan connecting line

Connector

Di sini ada dua connector ya. Jadi secara keseluruhan hampir sama penggunaannya yaitu di gunakan untuk penyambungan proses dalam halaman. Yang membedakan hanya halaman yang sama atau berbeda.

Jadi yang bentuknya lingkaran itu pada halaman yang sama sedangkan yang bentuknya seperti pita itu halaman berbeda.

Ngga mudeng ? Sama wkwk.

Terminator

Nah simbol ini di gunakan untuk start atau stop di awal ataupun di akhir pertandingan. Ya kamu bisa liat contoh di atas dan di bawah semuanya menggunaakn ini.

Processing

Ada beberapa yang mengatakan bahwa proses ini harusnya kotak dan ada juga yang mengatakan persegi panjang tapi bodo amat wkwk. Simbol ini berguna untuk menunjukan pengolahan yang di lakukan oleh komputer.

Decision

Simbol ini bertujuan untuk menunjukan semua kondisi kamu, misalkan kamu sedang lapar ? itu adalah kondisi dimana kamu butuh makanan. Ya seperti itulah.

Input Output

Seperti namanya, simbol ini adalah di gunakan untuk menggambarkan apa yang ingin kamu masukan sebagai parameter programmu.

Dan mengeleuarkannya. Sesimple itu arti simbol ini kan.

Manual Operation

Emm simbol ini di gunakan untuk menunjukan pengolahan yang tidak ditunjukan oleh komputer kita.

Document

Ya, seperti namanya. Tapi flow ini biasa di gunakan untuk menginput bedanya dari dokumen dalam bentuk kertas dan output dalam bentuk kertas juga.

Predefine Process

Simbol yang digunakan untuk pelaksaan suatu bagian program atau prosedure

Display

Simbol ini biasanya digunakan untuk menyatakan peralatan output yang di gunakan seperti contohnya layar kek, plotter kek, printer kek dan lain sebagainya.

Preparation

Simbol yang di gunakan untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan di gunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage.

Ya,, seperti itulah penjelasan tidak jelas dari simbol simbol flowchart yang ada. Namun siapa yang menyangka artikel ini akan selesai di sini wkwk.

Jenis Jenis Flowchart

Mungkin diatara kamu ada yang berfikir bahwa diagram alir hanya terdapat satu jenis saja. Tapi sayang sangat di sayangkan.

Saya membaca artikel dari dicoding ada beberapa jenis flowchart yang ada di dunia ini. Apa aja tuh ? Mari kita kupas (dengan nada khas sisca khol wkwk).

Flowchart Dokumen

Flowchart ini biasa disebut dengan paperwork. Berfungsi untuk menelusuri alur dari form suatu bagan kebagan yang lainya. Entahlah saya juga tidak mengerti tapi yang jelas mungkin aja ada hubungannya dengan alur laporan ? I Do Know.

Flowchart Program

Alir ini bisa menggambarkan secara rinci proses dari program yang kita buat. Masih di bagi dua pun 🙁 yaitu logika program dan program komputer.

Flowchart Proses

Katanya sebagai cara menggambarkan rekayasa industri secara rinci kemudian menganalisis langkah selanjutnya, ya gitu deh.

Flowchart Sistem

Mungkin flowchart ini bisa menggambarkan tahapan kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem yang kita buat. Intinya pusing wkwk.

Flowchart Skematik

Kemudian yang terakhir ada flowchart skematik yaitu untuk menampilkan alur prosedur sistem, memang katanya hampir mirip seperti poin sebelumnya. Yang membedakan katanya simbolnya.

Contoh Flowchart

Hayooo siapa yang mau muntah belajar flowchart wkwk. Mungkin ini untuk terakhiran saya beri contoh flowchart dalam menentukan kamu lulus dan naik kelas atau tidak.

Terlalu besar ya gambarnya wkwk.

Penutup

Ya mungkin lain kali kita lanjut lagi karena ini sudah hampir magrib juga mau solat dan cari makan karena laper cuy nulis panjang lebar kek ngga ada kerjaan.

Padahal banyak tugas menumpuk 🙁 sedih ya wkwk. Dan ngantuk juga sih sebenarnya wkwk. Jadi sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.