favicon html

Cara Membuat Favicon Menggunakan HTML

Taufiksi – Cape banget dah, skripsi ngga kelar kelar tapi di ribetin sama favicon html wkwk tapi ngga papa deh itung itung dokumentasiin.

html favicon

Kemarin website ini sempat error karena masalah favicon, kemudian saya telusuri lebih dalam soal favicon ini kan dan ngga ketemu juga wkwk.

Dan akhirnya saya hapus semua datanya terlebih dahulu tapi saya backup hanya artikelnya aja ngga sama gambarnya, alhasil banyak sekali postingan yang tidak ada gambarnya sama sekali.

Huh, emang nasib kalau ngurus sendirian, cape kali dah wkwk.

Btw, kita akan membahas cara memasang favicon di html ya, dan semoga artikel ini akan di tulis dengan cukup jelas karena saya sedang tidak mood akhir akhir ini.

Atau saya harus istirahat dulu liburan ya ? udah lama ngga liburan sih. Biasa mahasiswa tua, kalau istilah bahasa jawanya spaneng terus wkwk. Kalau di indonesia mungkin tegang terus gitu.

Duh ngoceh ngga jelas deh jadinya.

Kalau kamu nyari codingnya bisa scroll kebawa dah daripada lama ngeliat saya ngoceh wkwk.

Pengertian Favicon

Mungkin supaya artikel ini terbaca oleh google sebelum sampai ke mata kamu semua saya harus menulis tentang pengertian favicon terlebih dahulu.

Jadi kalau kamu tanya favicon itu apa. Favicon adalah simbol dari sebuah website dan biasanya itu di samping judul situs.

Nah seperti gambar itu tuh, di pojok atas kiri. Itu kan yang kamu cari dari tadi. di bawah ada kok codingnya.

Duhh pagi ini dingin banget dah, bikin males ngapa ngapain, nulis aja perlu perjuangan dah wkwk. Skripsi ngga kelar kelar, buset dah banyak banget.

Cara Membuat Favicon HTML

Jangan tanya apa itu html, gue tampol nanti wkwk. Kita di sini membuat favicon dengan html bukan di mulai dari desain.

Maka dari itu, saran pertama yang harus di persiapkan adalah membuat desain logonya terlebih dahulu. BIsa menggunakan adobe ai, corel, figma dan masih banyak lagi aplikasi untuk mendesain logo favicon.

Nah, kalau kamu sudah mendapatkan file gambar yang berekstensi jpg atau png atau yang lainnya deh masih banyak ekstensi yang memang di peruntukan gambar. Kamu hanya tinggal mengconvertnya menjadi favicon.ico ekstensi bernama ico.

Kata orang orang ekstensi ico itu lebih ringan untuk di gunakan sebagai favicon website atau lain lain. Sebab file yang berekstensi jpg di convert menjadi ico maka resolusinya menjadi sangat kecil.

Coba aja sendiri untuk mengconvertnya.

Cara Convert File JPG, PNG ke ICO

Di jaman yang serba canggih ini untuk membuat favicon itu menjadi hal yang sangat mudah. Apa lagi hanya menconvert file jpg,png ke .ico.

Cari Tau : Laptop Bisnis Terbaik

Sudah banyak banget kok website yang menyediakan jasa konvert jpg ke ico, ok saya akan menyebutkan beberapa website untuk mengconvert file png ke ico ya.

Dan bisa di gunakan secara cuma cuma alias gratis.

Ngoding HTML

Kalau sudah mendesain dan sudah mengconfert juga kita hanya tinggal ngoding, sampai titik darah penghabisan. Cara membuat favicon dengan html akan di mulai dari sini.

Sebenarnya cukup mudah sih untuk membuat favicon html ini. Kamu hanya perlu menggunakan tag html yaitu <link>. kalau kamu ngga tau caranya bisa lihat code di bawah ini.

<link rel="shortcut icon" href="file gambar">

kamu bisa memasukan file gambarnya seperti contoh coding berikut ini.

<link rel="shortcut icon" href="favicon.ico">

atau bahkan kalau kamu memaksakan menggunakan ekstensi seperti png dan lain lain tidak masalah tinggal ganti aja nama file gambarnya dengan ekstensi yang kamu miliki.

Penutup

Hadeh, gampang banget kan sebenernya, cuman kadang lupa aja gitu caranya. Jadi ini di gunakan untuk documentasi aja sebenernya. Dah dulu ya sampai jumpa di artikel berikutnya. Babay.




Suka dengan artikelnya ? Kamu bisa memberikan dukungan dengan mentraktir kopi atau bagikan artikel ini di sosial media. Supaya admin tidak ngantuk dalam proses pembuatan artikel dan semakin semangat.

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.