ExpertBook B7 Flip

ExpertBook B7 Flip (B7402), Laptop Premium Besutan ASUS Super Ngebut Yang Mampu Menahan Beban Berat Termasuk Palu Thor (Mjölnir)

ExpertBook B7 Flip – Gadget saat ini sudah mempunyai peran penting di segala bidang, terutama dalam bidang perbisnisan. Kalau kamu tau, bisnis merupakan salah satu sektor yang paling menantikan perkembangan gadget, kenapa ? Gadget dengan bisnis bisa berdampingan satu sama lain. Adanya gadget semakin memperluas jaringan bisnis dan peluang menaikan omset semakin besar.

ASUS seakan menjawab kebutuhan yang di inginkan pebisnis, dengan meluncurkan gadget berbentuk laptop yang di tenagai jaringan 5G yaitu Expertbook B7 Flip. Dimana teknologi 5G merupakan jaringan paling ngebut saat ini sekaligus menjadikan B7 flip laptop pertama di indonesia yang mengusung teknologi tersebut.

Tidak hanya teknologi 5G, yang membuat laptop besutan ASUS ini spesial adalah diperkaya oleh fitur dan berbagai keunggulan lainnya untuk menunjang pekerjaan terutama pebisnis. Contohnya seperti layar yang bisa di putar sampai 360o membuat laptop ini fleksibel di gunakan dalam berbagai kondisi.

ExpertBook B7 Flip

Pekerjaan paling menyenangkan adalah dengan menjadi pebisnis, karena bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Berkerja dimanapun bukan sekedar untuk berpindah lokasi di dalam kantor ke luar kantor, tapi demi kenyamanan saat bekerja dan efisiensi akan menghasilkan produktifitas yang lebih tinggi.

Sepertinya sama dengan mahasiswa ya, yang bergerak kesana kemari untuk mengejar deadline atau hanya sekedar pergi ke kampus dan pulang ke kos🤣. Mahasiswa kerap kali membawa laptop ke kampusnya terlebih lagi mahasiswa yang berbasis IT, dengan kondisi tersebut daya tahan laptop sangat dibutuhkan karena harus di gunakan selama minimal 4 tahun masa perkuliahan.

Lagi lagi, ASUS juga melihat kondisi tersebut dimana pebisnis maupun mahasiswa mempunyai mobilitas yang tinggi jadi di perlukan perangkat yang bisa menunjang kerasnya dunia nyata bagi perangkat digital. Dimana benturan akan lebih sering terjadi sampai keteledoran dalam meletakan perangkat bahkan mungkin diantaranya adalah menjadikan perangkat digital sebagai bantal untuk tidur.

Expertbook B7 seperti datang dari surga, bukan hanya bisa menunjang kerasnya benturan, tapi juga bisa mampu menahan beban berat, bahkan sekalas palu thor juga bisa ditahan oleh laptop ini 🙄 .

Fakta menariknya adalah palu thor(Mjölnir) beratnya hanya sekitar 19,2kg, setidaknya itu yang di klaim oleh pihak marvel didalam serial komiknya.

– Marvel Cinematic Universe
mjolnir thor

Nah kebetulan ASUS juga mengklaim kalau Expertbook seri ini bisa menahan beban sekitar 28kg tanpa harus merusak panel LCD. Artinya… jika palunya thor di letakan di atas Expertbook B7, tidak akan berdampak serius.

Menarik ya 😎 , tapi emang bagaimanapun juga sebagai laptop premium apalagi ASUS mengklaim jika B7 merupakan laptop yang diprioritaskan untuk bisnis, maka harus mempunyai daya tahan prima terhadap kerasnya dunia nyata. Mari kita coba korek lebih dalam mengenai laptop Expertbook B7 Flip satu ini, apakah masih ada kelebihan dan fitur tersembunyi di dalamnya.

5G Technology Membuat Expertbook B7 Flip Lebih Ngebut

Fitur yang paling di unggulkan dalam pengenalan laptop satu ini adalah teknologi 5G, dimana teknologi tersebut memang sudah sangat di nantikan semenjang 2019 silam, yang saat itu di gadang – gadang bisa melakukan meeting video tanpa hambatan sekalipun. ASUS mengklaim kalau kecepatannya bisa 46x lebih cepat jika di bandingkan dengan 4G yang hanya sekitaran 100 Mbps sedangkan 5G bisa mencapai 4,67 Gbps. Gokil ngga tuh 😀 .

B7 menjadi laptop pertama yang mengusung teknologi 5G di indonesia, yang memang saat itu di perkenalkan oleh pihak ASUS di dalam acara peluncuran yang berjudul “Stay Connected, Level Up your Productivity with ASUS ExpertBook”.

Teknologi ini akan memberikan koneksi yang aman dan lebih cepat dimanapun kamu bekerja, tanpa harus mengalami buffering. Dengan terhubung ke jaringan 5G kamu tidak perlu repot repot mencari wifi publik sehingga akan meningkatkan keamanan saat kamu sedang berpergian. Jaringan yang ada di Expertbook B7 Flip tidak hanya 5G, bahkan kamu juga menggunakan 4G.

Meskipun di lengkapi dengan konektivitas jaringan sendiri yang bahkan bisa menampung teknologi 5G, Expertbook B7 Flip juga di lengkapi dengan wifi 6, yang sudah di tingkatkan dengan ASUS wifi master premium sehingga akan menghasilkan koneksi wifi tercepat.

Daya Tahan Expertbook B7 Flip Sudah Standar Militer

Seperti yang sudah sempat di colak colek diatas kalau Expertbook B7 Flip ini mempunyai keunggulan dalam hal daya tahan soalnya kemungkinan untuk menopang mjolnir aja sanggup apalagi untuk bantalan kayaknya mudah, kecuali menopang dosa dosa selama hidup kayaknya ngga bakal kuat deh 😆 .

Rata rata laptop ASUS mempunyai durability yang sangat bagus meskipun tidak dalam standar militer, apalagi kalau ASUS sendiri yang sudah mengklaim sudah standar militer kan, tentunya hal ini bisa membuat laptop mempunyai umur panjang, bisa jadi 1.500 tahun seperti umur thor🤣 yang gagah perkasa.

kerangka b7 flip

Kerangka dari Expertbook B7 sudah di desain dengan sangat bagus dengan menggunakan magnesium dan alumunium dengan kualitas tinggi, sehingga bisa melakukan test durability yang di adakan oleh ASUSnya sendiri. Bahkan test durabilitinya tidak main main loh.

Dukungan logam internal juga bisa membantu untuk mengurangi interferensi yang bisa mempengaruhi sinyal 5G. Tidak hanya itu, B7 dilengkapi dengan 16 penyangga yang menghubungkan internal dengan dasar laptop sehingga membuat kesan kokoh.

Untuk menguji durability Expertbook B7 Flip, ASUS melakukan beberapa uji test contohnya seperti memberikan beban. Seperti ingin menguji apakah akan terjadi sesuatu terhadap LCD jika diberikan beban, hmm udah kayak tentara aja. Berikut ini adalah beberapa uji test yang di lakukan oleh ASUS terhadap Expertbook B7.

  • Pengujian engsel, dengan dilakukan membuka tutup laptop sebanyak 30.000x
  • Uji daya tahan port, dilakukan selama 15.000x mencabut dan memasangnya kembali menggunakan USB-C
  • Uji tekanan panel, dengan memberikan beban berat sekitar 28kg dan laptop harus tidak mengalami kerusakan pada LCD
  • Uji daya tahan keyboard, dilakukan sebanyak 10.000.000x penekanan tombol
  • Test kejutan, untuk diperoleh tahan 18 goncangan keras pada kecepatan 40G/11ms dengan daya yang hidup
  • Test jatuh, pengujian di lakukan dalam ketinggian 120cm untuk melihat apakah daya tahan kuat jika laptop jatuh dari meja
  • Uji getaran, dengan memberikan getaran fisik 10 – 500 Hz dalam kurun waktu 1jam
  • Pengujian kelembaban, untuk melihat sejauh mana kelembaban yang bisa di tahan oleh laptop, hasilnya mampu menoleransi 95% kelembaban diantara pada suhu 30o dan 60o
  • Uji ketinggian, apakah bisa di bawa terbang dengan menggunakan pesawat ? jawabannya bisa di bawa di ketinggian mencapai 15.000 kaki
  • Uji suhu, dan pengujian yang terakhir adalah untuk mengetahui sampai mana batas laptop B7 di kondisi extrim. Ternyata bisa tahan dari suhu ekstrim -37oC s/d -46oC dan 32oC s/d 49oC dalam 3x24jam di kondisi daya masih hidup

Semua test tersebut dilalui dengan sangat mudah oleh Expertbook B7, dan itu akan memberikan sedikit rasa aman terhadap kecelakaan yang tidak bisa di hindari, seperti ketumpahan kopi dan lain lain.

Fleksibel Dengan Desain 360o Yang Menghapus Batasan Dalam Bekerja

Dilihat dari nama laptopnya saja sudah bisa di tebak jika desainnya akan membawakan salah satu fitur yang di dambakan oleh penggemar berat ASUS. Fitur layar yang bisa di bolak balik mungkin sudah sering di temui, dan akan wajar jika laptop premium mengantongi fitur ini.

Kenapa fitur ini sangat di dambakan oleh orang orang ? Saya rasa tau jawabannya, karena jika sedang bekerja dan tiba tiba tertidur dan kondisi laptop sedang terbuka biasanya untuk bantalan tuh. Nah kalau laptop tidak punya engsel 360o sudah pasti laptop akan bertengger ditempat servis minggu depannya 😆 . Kenapa paham sekali ya hmm, udah ngalamin sih mungkin lebih dari 3x dalam setahun 😆 .

Tapi tidak cuma itu sebenarnya fungsi dari fitur flip ini, contoh lainnya adalah bisa di gunakan untuk presentasi, untuk mempermudah pitching (proses menyakinkan orang lain). Biasanya di dalam bisnis, pitching dilakukan dengan cara presentasi singkat kepada client. Nah client akan melihat presentasi dari laptop ataupun dari proyektor. Jika kamu menggunakan laptop maka akan lebih mudah dengan Expertbook B7, selain bisa memikat client karena di anggap profesional juga bisa mempermudah dan meningkatkan rasa percaya dirimu.

Intinya akan banyak sekali permasalahan yang bisa di selesaikan jika kamu mempunyai laptop yang di lengkapi fitur flip yang mungkin tidak saya sadari.

Body Super Tipis Dan Ringan Agar Lebih Mudah Dibawa

Bekerja secara mobile dimanapun saat ini sudah bukan menjadi rahasia umum dan bahkan menjadi tren baru, meskipun begitu tetap menjadi profesional. Aktivitas bekerja dimanapun diharapkan bisa lebih efisien dan produktif secara maksimal.

Tapi untuk bekerja dimanapun kamu akan membutuhkan perangkat yang ringan untuk di bawa. Kayaknya mustahil kalau kamu sampai membawa PC dalam bekerja yang mempunyai mobilitas tinggi deh, yang ada barang bawaanmu hanya untuk PC. Kecuali kalau ingin menginap beberapa tahun di luar kota, bisalah membawa PC. Tapi kalau hanya beberapa hari ? 🙄

Tentunya ASUS juga memperhatikan masalah tersebut yang di terapkan pada salah satu laptopnya yaitu Expertbook B7 Flip. Lagian kalau kamu punya laptop ringan juga bisa menguntungkan dan menghemat tenaga di perjalanan.

slim

Kamu tau ngga kalau berat dari laptop Expertbook B7 tidak lebih berat dari barbel besar yang ada di tempat gym. Kalau barbel gym kan biasanya ada yang 5 kg bahkan 10 kg tapi B7 tidak sampai segitu, beratnya sekitar 1,44 kg saja. Dengan berat segitu maka meringankan barang bawaan, pertanyaannya kenapa bisa ringan ya.

Jika di lihat dari dimensi yang diusung 32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm, sangat wajar jika beratnya tidak sampai 2 kg. B7 sudah di desain oleh ASUS jadi setipis mungkin supaya lebih mudah di bawa. Meskipun tipis, tapi tidak mengurangi performa dan spesifikasi internalnya.

Performa Tinggi Dengan Processor Intel Gen 11th & Graphics Intel Iris® Xᵉ

Aktivitas orang dewasa terutama dalam bekerja apalagi secara online sangat melelahkan, ditambah lagi jika perangkat tidak memadai. Bahkan yang menyebabkan pekerjaan terhambat salah satunya ya hal tersebut, contoh resiko jika perangkat tidak memadai adalah terjadinya error atau lag, bisa banting banting benda disekitar🤣, kan kasian hmm .

Resiko tersebut terjadi karena biasanya perangkat masih menggunakan dapur pacu yang belum up to date, tidak terkecuali jika perangkat tersebut adalah laptop.

Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi laptop keluaran ASUS kali ini, karena beliau memasang dapur pacu yang sangat cocok untuk segala bidang pekerjaan.

Kombinasi antara processor Intel Core i7 yang dipadukan dengan graphics Iris® Xᵉ menjadikan laptop ini mempunyai performa tingkat tinggi.

Yaps benar sekali, kamu tidak salah baca kalau Laptop Bisnis ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Dengan kombinasi seperti itu, rasanya tidak mungkin jika semua orang di sudut dunia tidak menginginkan laptop B7 ini. Karena laptop ini akan sangat mudah dalam mengoperasikan berbagai macam software, dan bisa berjalan tanpa adanya lag menjadi idaman setiap orang. Karena orang orang pasti tau mana yang terbaik mana yang tidak.

Dalam hal ini processor Intel Core i7 apalagi gen 11 sudah lebih dari cukup untuk melakukan berbagai macam pekerjaan di dunia digital.

Support Windows 11 Pro Sebagai OS Terbaru Saat Ini

Kalau ngomongin soal teknologi, baru baru ini pihak microsoft meluncurkan operating system(OS) versi terbaru yaitu windows 11. Banyak orang yang tergila gila akan teknologi pasti menginginkan system mereka lebih baru dan dengan tampilan yang lebih fresh.

Kebetulan Expertbook B7 Flip sudah disenjatai oleh windows 11 pro yang tentu saja ini menjadi nilai plus untuk sebuah laptop kan, apalagi laptopnya premium punya 😆 .

Windows 11 mempunyai banyak sekali kelebihan di bandingkan dengan pendahulunya, contohnya seperti tampilan yang memang lebih fresh dengan icon icon barunya. Bahkan secara tampilan saya lebih menyukai windows 11 di banding 10.

Jadi beruntung kalau B7 sudah di lengkapi dengan windows, setidaknya tidak perlu repot untuk membeli windows bajakannya. Iya kan, daripada harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

Penyimpanan SSD Menambah Kecepatan Pengiriman Data

Sektor penyimpanan juga tidak kalah penting, karena jika sebuah gadget tidak ada penyimpanan maka tidak akan bisa menyimpan software aplikasi pendukung, contohnya seperti microsoft word, excel dan lain sebagainya yang bisa berguna untuk kebutuhan pekerjaan.

Sebenarnya bisa menggunakan penyimpanan eksternal, tapi apakah itu tidak merepotkan ?. Bukanya lebih baik jika sudah ada penyimpanan bawaan.

Yang saya ketahui adalah tipe penyimpanan untuk laptop ada dua yaitu HDD dan SSD, semuanya mempunyai kelebihannya masing masing. Mungkin kita bahas dulu kelebihannya deh supaya lebih tau alasan Expertbook B7 di perkuat oleh penyimpanan SSD.

Kelebihan HDD :

  • Lebih murah
  • Kapasitas lebih besar
  • Udah sih, kayaknya itu doang hehe.

Kelebihan SSD :

  • Lebih cepat
  • Tahan lama
  • Hemat energi
  • Lebih ringan
  • Tanpa suara
  • Lebih praktis
  • Data lebih aman
  • Tidak panas
  • dll

Gambarannya seperti itu jika di bandingkan antara SSD dengan HDD, yang berarti SSD akan lebih unggul dalam segala bidang. Ya emang sih kekurangannya adalah mahal hehe, tapi itu tidak berlaku untuk ASUS yang rela menyematkan penyimpanan SSD kedalam Expertbook B7 Flip yang bahkan ukurannya tidak main main yaitu 1TB. Betul setera, bukan cuma setera doang, kalau ngga cukup bisa tambahin setera lagi, tapi tambahnya beli sendiri ya…

Tapi saya rasa ASUS cukup berani untuk memasukan SSD dengan kapasitas yang besar kedalam produknya kali ini. Karena di lihat bagaimanapun SSD itu lebih mahal dari HDD, jadi ya begitulah. Tapi respect untuk ASUS.

Lancar Multitasking Dengan Kapasitas RAM Expertbook B7 Flip Yang Besar

Selain penyimpanan, RAM juga merupakan bagian penting. Karena RAM sangat berpengaruh terhadap tingkat kecepatan proses data di dalam gadget. Intinya kegunaan RAM adalah mempercepat kegiatan yang ada di laptop contohnya seperti membuka data, menjalankan program atau saat proses penyimpanan data.

Semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula dalam proses tersebut. Tapi apakah Expertbook B7 juga di lengkapi dengan RAM kapasitas yang besar ?. Beruntung karena ASUS tidak ingin usernya mengalami kesusahan dalam bekerja apalagi bisnis yang harus mengandalkan kecepatan.

Saat membeli Expertbook B7 maka sudah mendapatkan RAM dengan kapasitas 16 GB, tapi tenang aja karena jika masih kurang dengan kapasitas tersebut, ASUS mengklaim bisa up to 64 GB. Bisa ngebayangin ngga seberapa cepatnya laptop Expertbook B7 ini jika sudah di upgrade ke performa terbaiknya 🙂 . Untuk tipe RAM yang diselipkan oleh ASUS adalah DDR4 yang merupakan tipe DDR generasi terbaru setelah DDR3.

Fakta menarik tentang tipe RAM DDR adalah per-chipnya bisa mencapai 16 GB

Artinya, jika Expertbook B7 bisa upto 64 GB maka bisa menampung 4 DDR RAM. Tapi karena ASUS sudah melengkapi RAM 16 GB maka masih ada sisa 3 slot untuk di isi sehingga bisa mencapai 64 GB.

Baterai Expertbook B7 Flip Mampu Digunakan Seharian Penuh

Rata rata orang yang biasanya berkerja adalah 8-10 jam pada siang hari. Tentunya jika orang tersebut bekerja dan sangat mengandalkan laptopnya dan ironinya adalah kalau baterai laptop tidak mampu menunjang kebutuhannya.

Sepertinya hal tersebut tidak berlaku bagi Expertbook B7, karena selain dengan performa ajib dan body yang tipis, laptop ini bisa dengan sangat mudah menunjang pekerjaan seharian penuh.

Kenapa begitu ? 🙄 Karena laptop ini bisa bertahan sampai 12 jam dalam kondisi baterai penuh. Bahkan tidak hanya tahan lama ini laptop, tapi untuk pengisian daya juga tergolong cepat. Jadi hal ini bisa menunjang pekerjaan meskipun seharian, sebab tidak perlu takut untuk kehabisan baterai selama melakukan pekerjaan atau bahkan perjalan bisnis lainnya.

Sistem Pendingin Expertbook B7 Flip Sudah Di Optimasi

Semakin tinggi teknologi maka pergerakannya akan semakin cepat, dan pastinya akan menyebabkan panas yang luar biasa. Ambil contohnya aja deh, misal smartphone untuk bermain game, meskipun di lengkapi dengan processor dan bahkan RAM yang tinggi. Kenyataannya masih banyak yang bermain game di bawah kipas angin, kenapa ? Karena smartphone kepanasan.

Hampir mirip dengan laptop yang mempunyai performa yang mantap, bukan berarti laptop tersebut terhindar dari panas. Justru semakin canggih teknologi processor dan internalnya saya rasa akan semakin panas, apalagi jika di gunakan untuk menjalankan berbagai macam software.

ASUS sadar betul akan hal itu, maka untuk menunjang performa yang begitu dasyat dari Expertbook B7 Flip menggunakan sistem pendingin yang mumpuni juga. Sistem pendingin yang didesain khusus untuk meredam gempuran panas dari processor dan komponen lainya.

Pendingin dari Expertbook B7 ini menggunakan pendingin baru Advanced Hybrid Cooling System (AHCS), dengan pendingin tersebut dipastikan akan menghilangkan panas dengan cepat. Hal tersebut di sebabkan penambahan pelat logam konduktif ke kipas yang memperluas permukaan pendingin sebesar 39%. Semakin canggih sistem pendingin akan berdampak baik bagi performa laptop juga ditambah lagi, sirkulasi udaranya sangat bagus.

Keamanan Tingkat Tinggi Jadi Prioritas Laptop Premium Expertbook B7 Flip

Keamanan sebuah gadget adalah hal yang sudah wajib untuk di prioritaskan, apalagi kalau gadget tersebut masuk dalam kategori high-end, entah itu dari segi privasi atau bahkan hanya sekedar keamanan dari gadget itu sendiri. Contohnya seperti kata sandi yang menjadi alat vital bagi setiap orang yang berinteraksi di dunia digital.

Tapi tentu ASUS juga memberi perhatian kedalam Expertbook B7 Flip dengan fitur keamanan yang cukup lengkap, jadi tidak harus terlalu khawatir terhadap privasi yang di miliki ketika bekerja.

Emangnya keamanan kayak gimana sih yang dihadirkan ASUS kedalam B7 flip ? 🙄 , apakah cuma sebatas fitur atau memang sangat berguna untuk di pakai ? setau saya sih ASUS menyelipkan 4 fitur keamanannya supaya user lebih merasa aman ketika menggunakan laptop ini.

Yang pertama adalah IR Camera, apa itu ? kok terdengar tidak asing ya. Kegunaan dari fitur ini adalah untuk memindai wajah dan menjadi tahap keamanan yang lumayan keren, karena bisa masuk laptop hanya setelah wajah kita di pandai menggunakan IR camera, semacam sandi tapi menggunakan muka.

Selain IR camera, keamana selanjutnya adalah fingerprint sensor. Fitur ini sepertinya sudah menjadi sangat wajib diletakan kedalam laptop premium, karena smartphone aja sekarang sudah memakai fitur keamanan fingerprint.

Nah, kemudian fitur keamanan berikutnya adalah webcam shield. Fitur ini sangat membantu untuk pebisnis maupun pekerjaan, karena bisa menghindari pengintaian. Sehingga akan membantu perlindungan privasi kita.

Yang terakhir adalah TPM(Trusted Platform Module), yang berguna untuk menyimpan kata sandi dan kunci enkripsi. Kemudian slot Kensington Lock memungkinkan laptop diamankan secara fisik di lokasi yang tidak diawasi.

Dengan keamanan yang lapisan yang begitu banyak, mungkin akan sedikit memberikan rasa aman kepada penggunanya. Kenapa saya bilang sedikit ? karena ada kata kata yang menarik perhatian saya ketika menonton film.

No system is safe (tidak ada sistem yang aman)

Benjamin Angel – MRX – Who Am I

Sangat menusuk, tapi itulah digital, setidaknya berusaha mencegah lebih baik daripada tidak sama sekali kan 🙄 .

Fitur Unggulan Expertbook B7 Flip Lainnya

Heiii, tunggu dulu dong, masih ada beberapa fitur yang bisa bikin kamu ngiler untuk meminangnya. Emang sih fitur diatas terlihat overpower untuk ukuran laptop, tapi ASUS tidak tinggal diam kalau hanya segitu saja fitur yang di sematkan kedalam Expertbook B7 Flip. Jujur saja, banyak sekali komponen yang sangat menarik untuk di bahas.

I/O Port Sangat Lengkap

Port adalah komponen hardware yang seringkali digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Biasanya port akan kita temui dibagian motherboard untuk di hubungkan ke hardware lain.

Port dibagi menjadi dua yaitu input dan output, itulah sebabnya dinamai dengan I/O port. Kalau dilihat dari dalam memang letaknya akan dibagian motherboard. Tapi jika dilihat dari luar, maka itu akan terlihat di samping kiri kanan.

I/O port akan sangat membantu dalam kebutuhan, contohnya seperti port HDMI yang bisa digunakan untuk menyambungkan ke LCD proyektor supaya bisa menampilkan presentasi dengan lebih lebar dan di jangkau oleh banyak orang.

Tentunya bukan hanya port HDMI dong, masa iya ASUS pelit untuk memberikan berbagai macam port kedalam Expertbook B7 Flip 😆 .

I/O Port yang ada di Expertbook B7 Flip:

  • Audio combo jack
  • Micro HDMI to RJ45
  • USB 3.2 Gen 2
  • HDMI 2.0
  • Thunderbolt 4 USB-C®
  • USB 3.2 Gen 2
  • Smart card reader
  • Nano SIM
  • Mini DP
  • Kensington lock

Dengan banyaknya port tersebut mungkin kalau dimata mahasiswa tidak akan ada lagi memakai alasan laptop tidak bisa digunakan presentasi 😆 .

Teknologi Noise Cancelling

ASUS pinter nih 🙂 , karena sekarang sedang maraknya diadakan meeting online jadi fitur noise cancelling akan dibutuhkan supaya meeting tidak terganggu karena kebisingan di dunia nyata. Pasti pernah kan ngerasain kesalnya kalau sedang ada meeting tapi terlalu berisik sehingga menutupi suara yang dihasilkan lawan bicara.

Teknologi yang diselipin oleh ASUS sangat membantu sekali, yang bahkan sudah dilengkapi dengan artificial intelligence(AI). Jadi teknologi ini bisa menyaring otomatis ketika ada kebisingan yang terjadi disekitar.

Tidak hanya itu saja sebenernya, karena ditambah dengan kualitas audio bawaan Expertbook B7 Flip, maka suara yang dihasilkan jadi lebih jernih.

Siapa yang akan mengira kalau ASUS seniat ini untuk membuat laptop B7 flip ini kan. Tapi dengan teknologi ini saya juga ngga heran kalau bakalan disematin sama ASUS, karena waktunya yang sangat tepat untuk merilis B7 flip saat ini.

Satu hal yang menarik dari teknologi noise cancelling ini adalah bisa memblokir noise dari dua arah. Jadi bisa memblokir suara kita sekaligus lawan bicara kita, impresive. Not bad ASUS 😆 .

LED Numberpad

Fitur tambahan yang ada di Expertbook satu ini adalah fitur yang sangat keren menurut saya pribadi, karena belum pernah megang laptop yang ada LED numberpadnya sih 🤣 . Jujur aja nih, laptop punya saya adalah ASUS seri yang mungkin sekarang sudah tidak di produksi hehe, tapi masih awet kok 🙂 .

Dengan adanya numberpad sendiri akan membantu jari kita dalam mengetik. Saya ngebayangin kalau punya laptop yang ada numberpadnya mungkin bisa mengetik nomor hanya perlu menggunakan jempol saja.

Tentunya memberikan ruang terhadap empat jari kita untuk lebih leluasa untuk mengetik huruf. Tapi itu hanya seandainya 😆 , siapa sih yang ngga mau laptop dengan kecanggihan tersebut.

Kalaupun tidak bisa untuk seperti itu, mungkin bisa digunakan untuk memasukan angka saat mengoperasikan kalkulator yang ada dilaptop. Intinya berguna banget dah, terutama kan emang ASUS membuat Expertbook B7 Flip emang untuk pasaran pebisnis, dimana bisnis pasti erat kaitannya dengan angka, data dan lain lain.

Bahkan ada kegunaan lain jika laptop ada numberpad LED, yaitu saat kondisi gelap jadi ada penerangan dari numberpadnya.

Big respect sih buat ASUS yang menghadirkan berbagai macam fitur pendukung demi kenyamanan usernya. Expertbook memang sudah di set untuk bisa survive di segala kondisi.

Free Stylus Pen

Fitur yang terakhir saya ingin bahas adalah stylus pen, kok bisa dapat stylus pen 🙄 ? emangnya ada gunanya ya. Eittss, jangan salah ASUS kalau membuat sesuatu pasti ada alasannya, termasuk dengan memberikan gratis stylus pen.

Alasan ASUS memberikan stylus pen adalah layar B7 flip ini merupakan layar sentuh dengan display yang cukup besar. Jadi saya rasa kalau tidak menggunakan stylus pen bisa menyulitkan penggunaan laptop. Memang benar kalau layar yang diusung oleh Expertbook itu tergolong besar dengan aspek rasio 16:10, jadi bisa lebih luas dalam scrolling web.

Tapi seperti yang udah saya bilang, akan membutuhkan effort lebih jika tidak menggunakan stylus pen, apalagi saat menjadi mode tablet kan. Jika saya menebak, mungkin yang di incar ASUS memang poin ini.

Saya jadi penasaran, dengan layar selebar itu, apakah bisa digunakan untuk main mobile legend ya 😆 , emang ngga bisa secara langsung, harus instal emulator dan sebagainya, tapi penasaran aja experience bermain game mobile di layar sebesar itu.

Namun yang saya sudah bisa ngebayangin kalau bermain game yang emang dikhususkan untuk PC, pasti akan memberikan experience yang berbeda dengan layar segala fitur yang ada, apalagi bisa layar sentuh kan 🤣.

Ohh satu lagi yang saya teringat fungsi dari stylus pen, yaitu ketika melakukan presentasi online. Kalau kita sedang presentasi dan menjelaskan pasti ingin corat coret kan, nah biasanya untuk corat coret itu menggunakan mouse dan itu membuat pegal tangan kan, wow impresive. Kok bisa ASUS kepikiran begitu ya 😆 .

Alasan Memilih ASUS Untuk Membeli Laptop

Dari semua fitur yang ditawarkan dan disematkan kedalam Expertbook B7 Flip, rasa rasanya seperti ASUS selalu memanjakan usernya dengan segala kemungkinan teknologi.

Selain laptop ini saya juga mempunyai beberapa gadget besutan ASUS, tapi kenapa saya memilih ASUS sebagai senjata saya dalam menjalani kehidupan maya sehari hari ?. Ada sih beberapa hal yang membuat saya harus memilih ASUS contohnya seperti dalam pembelian laptop aja deh. Pengguna laptop besutan ASUS saya rasa banyak sekali dan itu juga menjadi salah satu alasannya.

Tapi bukan itu saja, masih ada beberapa alasannya, yang akan saya jelasin.

Harga Terjangkau

Persoalan harga tidak akan cepat selesai kalau di jual di indonesia 🤣, sudah menjadi rahasia umum kalau indonesia ingin membeli sesuatu yang murah tapi berkualitas.

Apalagi jika membeli gadget yang kategorinya adalah barang elektronik untuk digunakan bekerja dan meraup pundi pundi uang.

Sepertinya yang menjadi alasan banyak laptop besutan ASUS di gandrungi adalah harganya yang terjangkau. Emm terjangkau ya bukan murah 🙂, karena kalau terjangkau bisa dalam artian “siapapun bisa membelinya” tergantung kebutuhan.

Kenapa siapapun bisa membelinya ? ASUS mempunyai berbagai pilihan laptop mulai dari low end sampai high end, dan semuanya dipatok harga yang terjangkau sesuai dengan spesifikasi yang disematkan.

Bahkan spesifikasinya tidak main main, contohnya seperti Expertbook B7 Flip. Emang sih belum di ketahui secara resmi harganya, tapi jika saya menebak harga yang akan di berikan dalam kisaran 20an saja, bahkan bisa lebih rendah mengingat spesifikasinya yang cukup mantul untuk ukuran laptop premium 🙃.

Tempat Servis Dengan Pelayanan Profesional

Alasan yang berikutnya adalah tempat servis😄, kenapa tempat servis begitu penting untuk pengguna laptop ?. Emm, tadi sudah saya colak colek juga kalau pernah kejadian tidur diatas laptop 🥲, alhasil laptop harus menetap di bengkelnya ASUS.

Kala itu, emang kerusakan ada di engselnya karena kan emang di tidurin dengan posisi laptop yang terbuka, ironisnya laptop saya bukan Expertbook B7 Flip yang fleksibel, coba aja kalau punya laptop yang fleksibel jadi mau di tidurin kayaknya parah kerusakannya.

Nah, beruntungnya bengkel ASUS sudah tersebar disegala penjuru kota Indonesia, contohnya karena saya berkediaman di Purwokerto, maka tidak perlu jauh jauh, karena di Purwokerto juga ada bengkel ASUS.

Selain dekat, pelayanannya juga sangat bagus, meskipun harus antri, tapi saya memaklumi karena user ASUS itu sangat banyak. Cuma antrian tidak sepanjang ngantri sembako, jadi tidak akan membuat badmood apalagi ruangan yang berAC. Customer servisnya sangat ramah, ketika ditanyain apakah laptop ASUS ada yang baru, maka di jelasin dengan santai, sambil melihat di dalam brosur.

Terbaik dah, makanya ini yang menjadi alasan kenapa saya memilih laptop besutan ASUS, karena emang tempat servis sudah seperti bengkel tersendiri ketika laptop merasa ada yang tidak beres.

Adanya Garansi Setiap Pembelian Baru

Hal yang paling berkesan adalah ketika servis tidak perlu membayar 😆 , selama masih ada garansi, dan garansinya juga tidak main main tenggat waktunya yaitu 2 tahun. Menurut saya, itu waktu yang sangat cukup karena biasanya laptop akan mengalami problem diatas 1 tahun.

Dan ada yang menarik dari cerita garansi ini, masih di kejadian yang kasus laptop ditidurin, dan ini masih saya ingat sampai sekarang. Saat itu saya tidak tau kalau keyboardnya bermasalah, dan saat pengambilan seusai engsel laptop di perbaiki, kata customer servisnya “ini keyboard juga sudah di ganti sekalian ya, karena ada beberapa tombol yang tidak berfungsi dengan baik“, di situ saya kaget bukan main wkwk, karena pasti akan memakan biaya tambahan, tapi…. “tenang ini masih masuk garansi” kata customer servis, mantap kan..

Penutup

Yahh, begitulah kira kira semua kelebihan yang ada di ASUS Expertbook B7 Flip yang bahkan bisa menahan beratnya mjolnir. Rekomended lah, yaudah cukup aja deh, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dilain artikel, babay.

Source :
ASUS Expertbook B7 Flip
Marvel Cinematic Universe




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.