dosa mahasiswa it

Dosa Mahasiswa IT Dari Awal Kuliah Sampai Sidang Skripsi

Taufiksi – Hanya sebuah cerita di mana semua dosa mahasiswa IT tertera di wajah kami yang bahkan sampai hari ini belum seminar proposal.

Artikel ini di buat khusus untuk mengenang semua mahasiswa yang ada di jurusan informatika dan sekitarnya, selain karena penulis gabut.

Bagi kamu yang bukan mahasiswa IT namun memiliki dosa yang hampir mirip mungkin artikel ini akan terasa familiar. Dan juga artikel ini terinspirasi dari salah satu buku yang berjudul agak mirip juga bisa di cari di marketplace tersedia banyak.

Nama bukunya yaitu “Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Sidang Skripsi” Karya dari Rangga Saputra. Jujur aja sekarang saya menulis artikel ini belum membaca bukunya namun bukunya sedang meluncur.

Bukan promosi kok tapi emang kayaknya asik kalo di baca mahasiswa akhir seperti penulis ini yang bahkan belum seminar proposal wkwk. Mungkin sebagian dari kamu udah pernah membaca buku tersebut, kalau udah ya gpp.

Beberapa di antara kami yang menjadi mahasiswa dan memilih IT mungkin salah jurusan. Beberapa juga karena tuntutan orang tua yang melihat peluang teknologi semakin canggih.

Bahkan di antara kami tidak menyangka bahwa sedang menggendong gelar seorang mahasiswa. Benarkan ? Emang ada yang mau baca sampai akhir ya wkwk.

Supaya mudah kita buat daftar isi artikel dah biar singkat jelas dan padat.

8 Dosa Mahasiswa IT

Kalau di buku karangan Rangga Saputra mungkin ada 13, namun karena artikel ini di buat karena kegabutan maka 8 aja mungkin cukup.

Tidak Bisa Adaptasi

Jujur aja nih, sampai sekarang juga susah untuk beradaptasi dengan pelajaran IT yang membuat kepala rasanya meledak. Mungkin bukan cuma meledak ya, semua mata kuliah yang ada di jurusan ini bisa membuat sakit perut tujuh hari belum sembuh.

Awal masuk kuliah, sebagian orang ada yang mahir dalam perkodingan atau masalah IT. Namun 50% lagi ada yang baru tau IT itu ngapain aja itu di kuliah ini.

Tidur Saat Mata Kuliah Tertentu

Sungguh dosa yang tidak bisa di maafkan wkwk. Apalagi sekarang sedang pandemi jadi perkuliahan di adakan secara daring atau online menggunakan zoom atau aplikasi lainya.

Semua mahasiswa deh kayaknya sering tidur, tapi ngga juga sih temen temen kelasku juga rajin rajin kecuali penulis artikel tidak jelas ini yang tiduran banget hehe.

Perwakilan maaf untuk semua mahasiswa yang tiduran dan males malesan kalau ada dosen siapapun yang membaca artikel ini dengan tidak sengaja.

Memang tidak baik untuk di tiru.

Mengabaikan Kesempatan

Ini sering terjadi. Banyak sekali dosen yang memberikan kesempatan untuk mahasiswanya apapun itu. Tapi mahasiswa tersebut mengabaikannya.

Bahkan ada beberapa peraturan dari kampusnya yang bisa memberikan peluang untuk mahasiswanya. Memang ini dosa yang harus di hapus oleh semua mahasiswa.

Tidak Punya Ambisi

Kadang suka heran sama temen yang punya ambisi. Entah itu ambisi dalam berorganisasi ataupun ambisi dalam mendapatkan nilai.

Mereka makan apa sih kok bisa semangat banget gitu ya hmm.

Tidak Mau Upgrade Skill

Iya, terlalu puas dengan skill yang di miliki memang bisa membaggakan. Kami para mahasiswa pemalas ini terkadang lupa bahwa ilmu IT itu semakin hari semakin update.

Jadinya kami hanya punya skill ya itu itu aja. Atau kamu sudah merasa paling jago jadinya tidak mau upgrade skill.

Well kalau kamu sudah sekelas dengan babang zuck sih tidak masalah. Tapi yang jadi masalah babang zuck aja sampai saat ini masih belajar.

Untuk mengembangkan perusahaannya yang sudah menjadi raksasa kalau ngga belajar dan tidak mau upgrade skill emangnya bisa ya.

Sekelasnya elon deh, dengan teslanya. Kalau ngga upgrade skill emangnya bisa sampai di tahap sekarang bahkan bisa membuat teslabot ?

Upgradelah skillmu jangan merasa dewa meskipun kamu biasa jadi pesuruh tetangga untuk membenarkan segala macam alat elektronik, atau bahkan di suruh ngehack perusahaan facebook.

Malas Baca Dokumentasi

Dokumentasi ini seperti misalnya dokumentasi dari salah satu bahasa pemrogramman. Seperti contohnya laravel deh. Kapan terakhir kali kamu baca itu fitur fitur yang ada di dokumentasi tersebut ?

Mungkin sama ya, jarang bahkan tidak pernah sama sekali wkwk. Banyak loh dokumentasi pemrograman masa iya kamu mau anggurin.

Perlu lah sesekali membaca dokumentasi supaya kamu tidak ketinggalan fitur terbaru dan bahkan setiap dokumentasi pasti akan di update.

Ngga lucu dong masa anak IT ketinggalan teknologi wkwk.

Anti Baca Buku

Ini agak sama dengan malas baca dokumentasi. Semua mahasiswa seluruh dunia mungkin harus banget baca buku, tidak harus rajin kayaknya deh ya wkwk.

Tapi serius deh kalau kamu rajin baca buku maka kamu bisa membuka kosa kata di dalam otakmu yang terkunci oleh codingan.

Yahh, banyak sekali manfaat jika kamu memang gemar membaca buku, contohnya seperti saya saya katakan bisa membuka kosa kata.

Terus juga bisa melatih otak kamu setidaknya kalau kamu membaca sebuah novel maka kamu bisa membawa otakmu untuk berimajinasi.

Perfeksionis

Ini kebalikan dari semua tulisan yang ada di atas, kenapa perfeksionis merupakan sebuah dosa yang melekat di mahasiswa terutama IT ?

Jawab di komentar dah.

Penutup

Sebagai disclaimer jangan dibuat acuan untuk apapun karena artikel ini di buat berdasarkan pendapat pribadi dengan landasan gabut.

Sekian dan sampai ketemu di artikel berikutnya. Bye




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.