c++ segitiga bintang

Contoh Program C++ Segitiga Bintang

Taufiksi – Artikel yang akan cukup panjang, kali ini kita akan membuat program untuk para mahasiswa informatika yaitu C++ segitiga bintang.

Memang ngoding C++ sangat menyebalkan bagi mahasiswa baru apalagi jika tidak ada background IT sama sekali, pasti sangat tersiksa wkwk.

Seperti saya contohnya tidak dari background IT sama sekali, sangat tersiksa menghadapi perkuliahan yang sangat tidak asik.

Namun karena sudah terjun maka yang perlu di lakukan adalah terus menyelam sambil berenang, kalau bisa lebih bagus lagi sambil minum air.

Banyak sekali mahasiswa IT yang membuat dosa karena ketidak tahuannya terhadap dunia informatika. Seperti contohnya tidak membawa barang barang wajib sebagai mahasiswa IT dan lain sebagainya.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Namun tidak apa apa, kamu berhak memilih jalan yang ingin kamu tempuh. Jangan seperti saya, yang hanya tidur di kelas bahkan sampai bolos kuliah wkwk.

Adegan yang tidak patut untuk di tiru. Malah jadi curhat kan :(. Mari kita balik lagi kepada topik utama kita yaitu membuat program c++ segitiga bintang.

Sebenarnya saya ingin lebih panjang curhatnya terutama membahas tentang drama drama mahasiswa akhir wkwk, ada skripsi lah atau apapun itu.

Tapi mungkin lain kali aja kali ya wkwk. Sedih juga jadi programmer yang kerjanya di depan PC siang malam ngga bisa menikmati indahnya alam liar.

Hei, sudah sudah kita lanjut membahas cara membuat program segitiga bintang aja dari pada pembaca di sini cape scroll scroll hmm.

Sejarah C++

Ya elah balik lagi ke sejarah wkwk, mahasiswa udah bosen di bisikin tentang sejarah terus. Ya ngga ? apa kita lewatin aja sejarah C++ ?

Kamu bisa baca di artikel artikel yang sudah saya buat ada banyak sekali sejarah c++ yang mungkin bisa membuatmu muntah wkwk.

Program Membuat Segitiga Bintang

Memang bintang merupakan hal yang cukup indah jika di pandang pada malam hari, apa lagi jika bersama pasangan, namun tidak bagi kamu seorang programmer wkwk.

Membuat segitiga bintang pun harus pusing tujuh keliling dulu baru bisa merasakan indahnya bintang tersebut wkwk. Rasanya lega jika tidak ada error yang menghantui.

Sampai sampai kamu menemukan artikel ini untuk mencari refrensi bintang yang ingin kamu buat. Jika orang orang menatap senyum pacarnya bagaikan bintang, kalau kamu ? menatap koding pun bagaikan bintang wkwk.

Nih yang kamu cari kan program C++ untuk membuat segitiga bintang ? Ngaku hayoo.

Output Segitiga Bintang
Output Segitiga Bintang

Ehm, iya ngga tuh ? Kalau iya, kodenya ada di bawahnya ini. Tapi kalau bukan mungkin bisa scroll lebih lanjut biar nemu yang kamu cari.

Dan kalo ngga nemu, bisa cari sampai ketemu wkwk.

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    int spasi, baris;

    cout <<"Masukan Jumlah Baris: ";
    cin >> baris;

    for(int i = 1, k = 0; i <= baris; ++i, k = 0)
    {
        for(spasi = 1; spasi <= baris-i; ++spasi)
        {
            cout <<"  ";
        }

        while(k != 2*i-1)
        {
            cout << "* ";
            ++k;
        }
        cout << endl;
    }
    return 0;
}

C++ Program Membuat Segitiga Bintang Sama Kaki

Ohh atau kamu penginnya yang panjang kakinya ? yang sama kakinya ? bukan lebar kayak di gambar sebelumnya ?

Mungkin yang kamu cari seperti ini kali ya.

C++ Segitiga Bintang Kaki Panjang
C++ Segitiga Bintang Kaki Panjang

Iya ngga ? hmm bukan ya. Yaudah kamu scroll scroll aja deh semoga ketemu yang kamu ingin kamu cari. Ini adalah code C++ segitiga bintang di atas.

Cari Tau : Laptop Bisnis Terbaik

#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int baris, spasi, i, j;
  cout << "Masukkan jumlah baris: ";
  cin >> baris;
  for (i = 1; i <= baris; i++)
  {
    for (spasi = i; spasi < baris; spasi++)
          cout << " ";
    for (j = 1; j <= i; j++)
          cout << "* ";
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

Program Membuat Segitiga Bintang Terbalik

Oalah mungkin kamu ingin membuat program segitiga tapi di balik ya ? Aneh aneh aja dosennya ya hmm. Seperti ini bukan ?

C++ Segitiga Terbalik
C++ Segitiga Bintang Terbalik

Pasti iya kan, kalau iya berikut ini kode program membuat segitiga terbaliknya. Ya, dari pada kamu lama lama scrollnya huhu udah deadline banget ya 🙁

#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int baris, spasi, i, j;
  cout << "Masukkan jumlah baris: ";
  cin >> baris;
  for (i = baris; i >= 1; i--)
  {
    for (spasi = i; spasi < baris; spasi++)
          cout << " ";
    for (j = 1; j <= i; j++)
          cout << "* ";
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

C++ Program Segitiga Bintang Siku Siku

Ya, mungkin yang kamu cari itu adalah segitiga tapi bentuknya siku siku. Dulu saya juga tugasnya di suruh bikin segitiga bintang berbentuk siku siku sih wkwk.

Jadi mungkin kamu begitu. Benar ngga seperti yang ada di gambar di bawah ini.

C++ Segitiga Bintang Siku Siku

Yaps, jika yang kamu cari adalah segitiga itu, maka kamu harus menggunakan program di bawah ini untuk membuatnya.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int  i, j, baris;
  cout << "Segitiga Bintang Siku Siku\n";
  cout << "Masukkan jumlah baris:  ";
  cin >> baris;
  for (i = 1; i <= baris; i++)
  {
    for (j = 1; j <= i; j++)
    {
      cout << "* ";
    }
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

Aduh kok cape ya hmm. Kepanjangan ngga sih ini artikelnya wkwk semoga aja ngga males scroll ya kamunya wkww.

Program Segitiga Siku Siku Terbalik

Dan mungkin aja yang kamu butuhin adalah program siku siku tapi terbalik ya. Tinggal di balik aja kan gampang putar laptop wkwk.

Seperti gambar di bawah ini ?

C++ Segitiga Bintang Siku Terbalik

Baiklah kalau itu yang kamu cari, ini codenya silahkan di copas.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int  i, j, baris;
  cout << "Segitiga Bintang Siku Siku Terbalik\n";
  cout << "Masukkan jumlah baris:  ";
  cin >> baris;
  for (i = baris; i >= 1; i--)
  {
    for (j = 1; j <= i; j++)
    {
      cout << "* ";
    }
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

C++ Segitiga Siku Siku Digabungin

Hmm, coba kita gabungin dua siku siku menjadi perti pada gambar di bawah ini ya. Mungkin bisa jadi ini yang kamu cari cari selama ini.

C++ Segitiga Siku Siku Digabung

Kalau iya berati selamat kamu menemukan codenya.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
      int baris, x, y, k;
      cout << "Masukkan jumlah baris: ";
      cin >> baris;
      for (x = 1; x <= baris; x++)
      {
            for (y = 1; y <= baris; y++)
            {
                  if (y <= x)
                        cout << "*";
                  else
                        cout << " ";
            }
            for (y = baris; y >= 1; y--)
            {
                  if (y <= x)
                        cout << "*";
                  else
                        cout << " ";
            }
            cout << "\n";
      }
      return 0;
}

Segitiga Bintang Samping

Mungkin kali ini tebakan saya benar, yang kamu cari adalah segitiga samping kanan. Apa itu ? Coba lihat gambar terlebih dahulu.

C++ Segitiga Bintang Samping Kanan

Apakah benar tebakan saya ? itu yang kamu cari ? kalau benar ini code program yang di cari sampai harus scroll scroll tidak jelas.

#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int baris, i, j;
  cout << "Masukkan jumlah baris: ";
  cin >> baris;
  for (i = 1; i <= baris; i++)
  {
    for (j = 1; j <= i; j++)
    {
          cout << "*";
    }
    cout << "\n";
  }
  for (i = baris; i >= 1; i--)
  {
    for (j = 1; j <= i; j++)
    {
          cout << "*";
    }
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

Hmm jika bukan mungkin saja yang menghadap ke kiri bisa jadi pilihan tebakan saya lagi wkwk. Malah main tebak tebakan wkwk.

Asik juga kalau main tebak tebakan gini ya.

C++ Segitiga Bintang Samping Kiri
#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int baris, i, j;
  cout << "Masukkan jumlah baris: ";
  cin >> baris;
  for (i = 1; i <= baris; i++)
  {
    for (j = i; j < baris; j++)
    {
          cout << " ";
    }
    for (j = 1; j <= i; j++)
    {
          cout << "*";
    }
    cout << "\n";
  }
  for (i = baris; i >= 1; i--)
  {
    for (j = i; j <= baris; j++)
    {
          cout << " ";
    }
    for (j = 1; j < i; j++)
    {
          cout << "*";
    }
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

Begitu bukan ? kuharap sih iya wkwk karena saya sudah sangat capai sekali, ini udah malam dan waktunya buat ngerjain BAB 1 skripsi huaaa.

Program Bintang Samping Digabung Bentuk Kupu Kupu

Ya, sapa tau ini bisa di gabungkan ya segitiganya menjadi bentuk sayap kupu kupu yang indah seperti malam ini yang di tempa hujan.

C++ Segitiga Bintang Siku Siku Gabung Kupu Kupu

Cantik ya wkwk. Kalau mau bikin codenya ada di bawah sini.

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
    int i, j, baris;
    cout << "Masukkan jumlah baris: ";
    cin >> baris;

    for (i = 0; i < baris; i++)
    {
        for (j = 0; j < (2 * baris); j++)
        {
            if (i >= j)
                cout << "*";
            else
                cout << " ";
            if (i >= (2 * baris - 1) - j)
                cout << "*";
            else
                cout << " ";
        }
        cout << "\n";
    }
      for (i = 0; i < baris; i++)
    {
        for (j = 0; j < (2 * baris); j++)
        {
            if (i + j <= baris - 1)
                cout << "*";
            else
                cout << " ";
            if ((i + baris) <= j)
                cout << "*";
            else
                cout << " ";
        }
        cout << "\n";
    }
    return 0;
}

Bonus Segitiga Bintang Bolong

Karena sudah malam dan kita akan segera mengakhiri sesi tidak jelas ini, dan sebagai permintaan maaf saya memberikan code yang bisa membuat segitiga bolong wkwk.

Segitiga Bintang Bolong

C++ Segitiga Bintang Bolong
#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int baris, i, j, spasi;
  cout << "Masukkan jumlah baris: ";
  cin >> baris;
  for (i = 1; i <= baris; i++)
  {
    for (spasi = i; spasi < baris; spasi++)
          cout << " ";
    for (j = 1; j <= (2 * baris - 1); j++)
    {
          if (i == baris || j == 1 || j == 2 * i - 1)
                cout << "*";
          else
                cout << " ";
    }
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

Segitiga Bintang Bolong Terbalik

C++ Segitiga Bolong Terbalik
#include<iostream>
using namespace std;

int main()
{
    int baris, i, j, spasi;

    cout << "Masukkan jumlah baris: ";
    cin >> baris;

    for (i = baris; i >= 1; i--)
    {
        for (spasi = i; spasi < baris; spasi++)
            cout << " ";
        for (j = 1; j <= 2 * i - 1; j++)
        {
            if (i == baris || j == 1 || j == 2 * i - 1)
                cout << "*";
            else
                cout << " ";
        }
        cout << "\n";
    }
    return 0;
}

Penutup

Huuaaaaaa, akhirnya selesai juga artikel tidak jelas ini wkwk, semoga bisa menyelesaikan apa yang kamu cari. Terima kasih sudah mengunjungi dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Babay

Baca Juga nih :
Contoh Program C++ Menghitung Nilai Faktorial
Contoh Program C++ Mencari Bilangan Palindrome
Contoh Program C++ Single Linked List
Contoh Program C++ Mencari Huruf Vokal Dan Konsonan
Contoh Program C++ Mencari Tahun Kabisat
Program C++ Konversi Suhu Celcius, Fahrenheit, Reamur, Kelvin
Contoh Program C++ Switch Case, Mudah Dimengerti
Contoh Program Selection Sort C++, Algoritma Struktur Data
Contoh Program C++ Mencari Angka Fibonacci
Program C++ Mencari Nilai Max (Terbesar) Array
Contoh Program Algoritma C++ Sequential Search
Contoh C++ Untuk Mencari Akar Persamaan Kuadrat
Contoh Program C++ Hitung Bilangan Prima
C++ Menghitung Keliling Luas Segitiga Disertai Penjelasan
Contoh Program Sederhana C++ Keliling dan Luas Persegi




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu. Jangan lupa ngopi ☕.
Sampai jumpa lagi di artikel lainnya ya. Jangan bosan-bosan membaca.

Tertanda Sayang

👨🏻‍🎓

Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *