C++ konversi suhu

Program C++ Konversi Suhu Celcius, Fahrenheit, Reamur, Kelvin

Taufiksi – Gimana cuy, di bawa nyantui aja ngga usah panas panasan nanti di kira kena covid kalo kepanasan daripada itu mending ngoding bikin program C++ buat konversi suhu.

Yah aku juga tau sih. Kamu ngoding buat nyelesain tugas kan cuyy. Gapapa cuy, tinggalin aja tugasmu nanti juga kelar sendiri kan.

Mendingan tidur di bangku belakang kan daripada merhatiin asdos (assisten dosen) njelasin materi praktikum wkwk.

Serius dan nyantui lebih enak daripada ngerjain beginian. Tapi resiko di tanggung sendiri yee. Hehe balik ke pembahasan. Kalo ngomongin soal suhu itu ada 4 jenis sebenarnya cuy.

Itu yang aku tau sih, mungkin masih banyak ngga mau riset juga yang begituan, biarin ilmuan fisika aja yang nyari lah wkwk, repot amat kan.

Apa Itu Suhu ?

FYI aja ini mah. Jadi didalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI), suhu ini diartikan sebagai sebuah alat ukuran kualitatif dari temperatur panas ataupun dingin yang kemudian diukur menggunakan termometer.

Suhu menjadi besaran yang akan menyatakan ukuran derajat dingin atau panas suatu benda. Selain bisa dinyatakan secara kualitatif, suhu juga bisa dinyatakan secara kuantitatif menggunakan satuan derajat tertentu.

Menurut Tri Cahyono (2007) di dalam sebuah buku Penyehatan Udara yang menyatakan bahwa suhu adalah suatu keadaan panas dinginnya suatu udara. Daerah tropis mempunyai suhu udara yang tertinggi di bumi kita, sebaliknya ketika kita bergeser semakin ke kutub maka suhu udaranya akan semakin rendah.

Jika kita melihat berdasar pada datarannya, dataran rendah memang cenderung mempunyai suhu yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan dataran tinggi. Semakin tinggi permukaan tanah, maka suhunya juga semakin rendah. Sama seperti suhu dingin yang kita kita rasakan ketika sedang berada di gunung.

Faktor Yang Bisa Mempengaruhi Suhu

Berdasarkan pengertian suhu diatas, bisa kita ketahui kalau sebuah benda bisa berubah menjadi panas atau dingin. Tentunya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab sebuah benda mempunyai suhu rendah atau tinggi.

Di dalam buku yang berjudul Pengantar Unsur-unsur Cuaca di Stasiun Klimatologi Pertanian, Handoko menyebutkan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi sebuah suhu. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi suhu di dunia :

  • Radiasi yang diterima suatu benda perhari, perbulan, pertahun ataupun permusim
  • Ada pengaruh tempat yaitu daratan dan lautan
  • Ada pengaruh dari ketinggian tempat di dunia.
  • Pembawaan angin juga bisa mempengaruhi perubahan suhu
  • Adanya panas laten, sebuah panas yang tersimpan didalam atmosfir bumi
  • Adanya pengaruh dari penutup tanah
  • Tipe tanah juga bisa menjadi faktor yang bisa mempengaruhi suhu
  • Sudut datangnya matahari

Macam Macam Suhu Yang Dikenali Dunia

Ya, seperti yang di ketahui oleh anak SD kalau suhu itu yang sudah di kenali dunia ada 4 yee cuy. Apa aja hayoo.

Balik lagi ke pelajaran IPA yokk, sapa tau kamu bisa jadi the next albert einsten, salut dah. Biar bisa juga bikin lab sendiri.

Okelah berikut ini adalah macam macam suhu yang ada di dunia.

Celcius

Yang pertama nih, Celcius emang merupakan salah satu pengukur suhu yang sering di gunakan di indonesia.

Pertanyaan yang sering muncul dulu pas SD itu titik beku air sama titik didih air, berapa ? Di dalam Celcius untuk titik bekunya itu 0 derajat.

Oke kita bahas rumusnya jika ingin konversi tapi dari celcius ke pengukur suhu lainya.

  • Kelvin = Celcius + 273.15
  • Fahrenheit = Celcius x 1,8 + 32
  • Reumur = Celcius × 0,8

Sangat simpel kan, padahal dulu pas ujian SD rela relain bikin contekan malem malem wkwk.

Kelvin

Kemudian ada yang namanya kelvin, ya pengukur suhu ini mungkin sudah sangat eksis di seluruh dunia. Ngga tau juga kenapa bisa eksis sih.

Kelvin kata si wiki merupakan skala suhu dimana nol absolut itu di definisikan sebagai 0K. Sangat berbeda sih setauku dengan celcius.

Yaudah dari pada lama lama dah, caranya konversi gimana ? dari kelvin ke pengukur suhu lainnya.

  • Celcius = Kelvin − 273,15
  • Fahrenheit = Kelvin × 1,8 − 459,67
  • Reamur = (Kelvin − 273,15) × 0,8

Yahhh begitulah.

Fahrenheit

Yang ketiga fahrenheit, ada dulu tuh kalo ngga salah ini suhu yang sering di pakai di suatu daerah tapi saya lupa. Mungkin rusia ngga sih.

Ahh bodoamat wkwk yang penting kan program C++ kan wkwk.

Beginilah rumus untuk konversi suhu dari fahrenheit ke suhu lainnya.

  • Celcius = (Fahrenheit − 32) / 1,8
  • Kelvin = (Fahrenheit + 459,67) / 1,8
  • Reamur = (Fahrenheit − 32) x 0,44

Agak Ribet kan wkwk.

Reamur

Yang terakhir adalah reamur, kalo ini aku ngga punya banyak fakta menarik tentang reamur wkwk intinya ini adalah suatu pengukur suhu, emm bukan pengukur sih sebenernya kayak indikator gitu.

Berikut ini adalah rumus konversi suhu dari reamur ke suhu lainnya.

  • Celcius = Reamur / 0,8
  • Kelvin = Reamur / 0,8 + 273,15
  • Fahrenheit = Reamur × 2,25 + 32

Gimana udah tau semuanya kan rumusnya ? Sekarang kita akan mencoba membuat semua program tersebut.

Program C++ Konversi Suhu

Akhirnya kita masuk di sesi ngoding wkwk. Kasian udah scroll banyak banget ya wkwk. Maapin deh, lagi semangat sih.

Biasanya yang di cari calon calon programmer itu codingannya jadi mana mungkin kamu akan baca semua rumus diatas kan wkwk.

Tak apa sebentar kamu kamu akan menemukan codingan yang kamu cintai bahkan kamu rela tidak tidur kan hanya untuk mengerjakan tugas tugas yang menumpuk.

C++ Konversi Suhu Dari Celcius

Nah yang pertama adalah dari yang sangat populer di gunakan di indonesia, entahlah negara mana lagi yang menggunakan celcius.

Langsung aja lah nih program C++ konversi suhu dari celcius, silahkan.

#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
	cout<<"PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI CELCIUS\n";
	float c, k, f, r;
	cout<<"Masukan Suhu : ";
	cin>>c;

	k = c+273.15;
	f = (c*1.8)+32;
	r = c*0.8;

	cout<<"\nHasil Celcius Ke Kelvin     : "<<k;
	cout<<"\nHasil Celcius Ke Fahrenheit : "<<f;
	cout<<"\nHasil Celcius Ke Reamur    : "<<r;

	return 0;
}

Output dari program konversi suhu dari celcius sebagai berikut ini :

PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI CELCIUS
Masukan Suhu : 30

Hasil Celcius Ke Kelvin     : 303.15
Hasil Celcius Ke Fahrenheit : 86
Hasil Celcius Ke Reamur    : 24

C++ Konversi Suhu Dari Kelvin

Kemudian yang kedua adalah dari suhu kelvin ke semua yang ada tadi di rumusnya ya. Sebenernya mudah kamu hanya tinggal memodifikasi rumusnya aja.

Caranya ? Ahh saya tau, bentar nih, silahkan.

#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
	cout<<"PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI KELVIN\n";
	double c, k, f, r;
	cout<<"Masukan Suhu : ";
	cin>>k;

	c = k-273.15;
	f = k*1.8-459.67;
	r = (k-273.15)*0.8;

	cout<<"\nHasil Kelvin Ke Celcius     : "<<c;
	cout<<"\nHasil Kelvin Ke Fahrenheit : "<<f;
	cout<<"\nHasil Kelvin Ke Reamur    : "<<r;

	return 0;
}

Output dari program konversi suhu dari kelvin adalah sebagai berikut ini :

PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI KELVIN
Masukan Suhu : 310

Hasil Kelvin Ke Celcius     : 36.85
Hasil Kelvin Ke Fahrenheit : 98.33
Hasil Kelvin Ke Reamur    : 29.48

C++ Konvesi Suhu Dari Fahrenheit

Huahh cape juga ternyata ya, udah lama ngga nulis kayak gini wkwk. Kali ini kita akan membuat program untuk konversi suhu dari fahrenheit.

#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
	cout<<"PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI FAHRENHEIT\n";
	double c, k, f, r;
	cout<<"Masukan Suhu : ";
	cin>>f;

	c = (f-32)/1.8;
	k = (f+459.67)/1.8;
	r = (f-32)*0.44;

	cout<<"\nHasil Fahrenheit Ke Celcius     : "<<c;
	cout<<"\nHasil Fahrenheit Ke Kelvin : "<<k;
	cout<<"\nHasil Fahrenheit Ke Reamur    : "<<r;

	return 0;
}

Outputnya :

PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI FAHRENHEIT
Masukan Suhu : 50

Hasil Fahrenheit Ke Celcius     : 10
Hasil Fahrenheit Ke Kelvin : 283.15
Hasil Fahrenheit Ke Reamur    : 7.92

C++ Konversi Suhu Dari Reamur

Sungguh sangat melelahkan wkwk. Yang terakhir dah program untuk menghitung suhu dari reamur ke berbagai suhu lainnya.

#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
	cout<<"PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI Reamur\n";
	double c, k, f, r;
	cout<<"Masukan Suhu : ";
	cin>>r;

	c = r/0.8;
	k = r/0.8 + 273.15;
	f = r*2.25+32;

	cout<<"\nHasil Reamur Ke Celcius     : "<<c;
	cout<<"\nHasil Reamur Ke Kelvin : "<<k;
	cout<<"\nHasil Reamur Ke Fahrenheit    : "<<f;

	return 0;
}

Output :

PROGRAM C++ KONVERSI SUHU DARI Reamur
Masukan Suhu : 22

Hasil Reamur Ke Celcius     : 27.5
Hasil Reamur Ke Kelvin : 300.65
Hasil Reamur Ke Fahrenheit    : 81.5

Penutup

Ngantuk ya, udahan dulu deh untuk artikel contoh program C++ konversi suhu. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya. Semoga bermanfaat hehe. Babai.




Terima kasih sudah membaca artikelnya.
Support kopi ☕ darimu sangat berarti untuk-ku
Biar makin semangat dan kuat begadang

Tertanda Sayang

👨🏻‍🎓

Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *