luas persegi dan keliling

Contoh Program Sederhana C++ Keliling dan Luas Persegi

Taufiksi – Wah, udah jarang update coding apa lagi C++ ya wkwk nah kali ini kita akan ngoding untuk mencari keliling dan luas persegi.

Semoga bisa membantu kamu semuanya yang sedang belajar C++ dari awal banget. Atau kamu yang sedang menempuh kuliah jurusan informatika. Udah kayak mahasiswa baru belum wkwk.

Sebagai mahasiswa baru banyak banget barang yang harus di bawa pada saat itu karena background saya bukan dari SMK. Jadi ya rempong gitu wkwk.

Biasanya saya dulu mencari program C++ keliling persegi ataupun luasnya pada saat mata kuliah algoritma pemrogramman yang sekarang sudah lupa wkwk.

Baca Juga : Apa itu Algoritma Pemrogramman

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Karena dulu awal awal kuliah saya tidak tau apa itu pemrogramman, itu juga yang mengakibatkan ipk saya jelek wkwk.

Wahh kayaknya basa basinya kelamaan nih, kita langsung ke programnya aja deh, siapa tau kamu emang sedang sibuk mengerjakan tugas.

Yang pertama akan kita buat adalah keliling persegi, namun agar artikel ini bisa sampai ke kamu, saya harus membuat basa basi yang cukup panjang dulu wkwk.

Maka dari itu, ijinkan saya untuk menjelaskan sejarah singkat C++

Sejarah Singkat C++

C++ dahulu kala di buat oleh seorang ilmuan yang bernama Bjarne Strourstup, pada tahun 1979. Kalau kamu sudah belajar algoritma pemrogramman pasti tidak asing dengan C++.

Taukah kamu ? C++ merupakan salah satu bahasa yang bisa digunakan dengan metode pemrogramman OOP. Kapan kapan saya akan membahas pemrogramman OOP.

Ya, singkat aja ya wkwk. Biar kamu ngga cape scroll. Lebih kenal dengan C++.

Tools Yang Dipakai

Saya disini menggunakan Codebloks untuk ngoding C++, tapi kamu bisa menggunakan tools yang berbeda tergantung kebutuhan kuliahmu.

Program C++ Keliling Persegi

Mantap kan, sekarang kita akan membuat program menghitung keliling persegi. Cukup mudah, kamu hanya tinggal mencopy semua code yang ada di bawah ini.

Rumus Keliling Persegi

Kita akan membuat program tapi tidak tau rumusnya ? tak apa saya tau rumus persegi yaitu sisi x 4. Dah gitu doang rumusnya wkwk.

C++ Keliling Persegi

Cuss atuh, copas dan jalankan supaya kamu mendapat nilai 100 dalam mata kuliah pemrogramman ini dan lulus menjadi programmer dengan gaji yang tinggi. Tetap semangat.

Baca Juga : Cara Membranding Diri Sebagai Mahasiswa

#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
    int sisi,keliling;

    cout<<"Masukan Sisi Persegi : ";
    cin>>sisi;

    keliling = 4*sisi;
    cout<<"Keliling Persegi adalah "<<keliling;
    return 0;

}

Dah gitu doang, kemudian kamu bisa running program tersebut maka program akan jalan tanpa error. Kalau ada error bisa komentar di bawah.

Baca Juga : Contoh Program C++ Menghitung Luas Lingkaran

Program C++ Luas Persegi

Yang kedua adalah contoh program untuk menghitung luas persegi, ini lebih mudah lagi untuk saya sekarang wkwk. SOMBONG amat wkwk.

Ngga ngga, bercanda. Oke tanpa basa basi lagi cuss copas kodenya.

Rumus Luas Persegi

Sabar dulu wkwk kamu juga perlu tau rumusnya sebelum ngoding. Rumus persegi yang akan kita gunakan kedalam coding kita adalah sisi x sisi. Jangan jangan kamu tidak tau rumus persegi ?

Sekarang udah tau kan rumus persegi.

C++ Luas Persegi

Ternyata sampai juga pada code nya ya wkwk, maap. Karena begitu banyak yang harus di basa basikan. Tapi tidak apa apa kamu segera mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Cuss copas dah, saya mau tidur wkwk.

#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
    int sisi,luas;

    cout<<"Lasukan Sisi Persegi : ";
    cin>>sisi;

    luas = sisi*sisi;
    cout<<"Luas Persegi Adalah "<<luas;
    return 0;

}

Kalau ada yang error bisa komentar dibawah nanti akan saya update.

Penutup

Terima kasih sudah menyimak tutorial tidak jelas, semoga kita ketemu lagi di artikel selanjutnya wkwkk, Babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.