c++ piramida bintang

Contoh Program C++ Membuat Piramida Bintang

Taufiksi – Mungkin ini akan menjadi artikel yang cukup panjang karena kita akan membuat program c++ piramida bintang. Setidaknya untuk mahasiswa baru bisa berguna udah seneng kok wkwk.

Dah lama juga ngga bikin artikel tentang membuat program kan, jadi yahhh sedikit nostalgia dan sedikit keniatan mungkin.

Bolehkah saya sedikit curhat. Emang sih memulai kebiasaan baru sangat sulit karena ada salah satu pepatah yang bilang untuk kebiasan baru harus 21 hari.

Kenapa harus 21 hari gitu loh kan lama banget ya, jadi yahh ada yang menyerah di tengah jalan dan gantung diri.

Semoga aja ngga begitu lah wkwk. Nikmati prosesnya jalani. Terus kenapa saya membahas tentang kebiasaan baru ya.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Jadi saya sedang merintis sesuatu nah ada saat di mana saya kebingungan harus memprioritaskan yang mana dulu.

Ngga tau juga sih, mungkin emang saya aja yang kebingungan. Tapii tenang aja kita kembali lagi ke pembahasan awal yaitu cara membuat piramida bintang dengan C++.

Sudah siap kah kamu terutama mahasiswa baru yang ingin menjadi programmer dan menjadi ahli IT terbaik di dunia.

Menjadi mahasiswa emang mempunyai tuntutan yang lumayan banyak, tapi kita harus bersyukur karena bisa mendapatkan pendidikan tersebut.

Menurutmu sudah berapa banyak dosa yang di keluarkan oleh mahasiswa IT. Apakah ribuan atau bahkan tidak ada sama sekali.

Hmm, saya ingin sedikit basa basi tentang pengertian C++ sebelum masuk ke contoh pembuatan piramida bintang dengan C++.

Apa Itu C++

C++ adalah sebuah bahasa pemrograman yang di buat oleh ilmuan komputer asal Denmark yang bernama Bjarne Stroustrup pada sekitar tahun 1979.

Memang C++ sudah berdiri sejak lama maka dari itu komunitasnya pun sudah sangat banyak dan ini menjadi salah satu keuntungannya mahasiswa baru.

Kenapa saya bilang salah satu keuntungan, karena mahasiswa baru yang biasanya masih awam tentang C++ bisa bertanya kepada para seniornya.

Tentunya jangan di suruh untuk mengerjakan dong, kalau hanya bertanya soal eror bisa aja wkwk. Kadang ada sih mahasiswa yang bertanya langsung jawabannya. Seperti saya dulu.

Persiapan Ngoding Piramida Bintang C++

Sebelum ngoding pasti kamu harus mempersiapkan segala hal terlebih dahulu dong, ibarat perang kamu perlu mempersiapkan panah.

Sama seperti ngoding, kamu juga harus mempersiapkan alat juga tapi bukan panah, karena kamu bukan mau main perang perangan.

Apa aja yang perlu di persiapkan untuk ngoding piramida bintang ini.

Text Editor

Yang pertama harus kamu siapkan adalah teks editor, entah itu ingin menggunakan codebloks atau visual studio bebas.

Atau kamu user dari dev c++ juga tidak masalah yang penting teks editor, karena teks editor ini berguna buat kamu menulis codinganya.

Compiler

Karena saya menggunakan codebloks untuk ngoding piramida bintang C++ maka sudah terinstal compilernya langsung.

Tapi kalau kamu menggunakan visual studio code maka kamu harus setup manual compiler c++ nya.

Mental

Hehe, kok mental sih. Ngga papa iseng aja pengin nambahin persiapan mental biar lebih horor buat ngodingnya, biar ngga stress wkwk.

Pseudocode C++ Piramida Bintang

Sebelum kamu membuat program maka yang perlu di lakukan adalah membuat pseudocode-nya terlebih dahulu.

Gampang sih peseudocode untuk membuat piramida bintang. Seperti code di bawah ini.

>> Masukan Jumlah Baris
>> Proses
>> Cetak Baris Bintang

Gampang kan.

Contoh Program Piramida Bintang

Gimana, bintang lebih indah daripada piramida atau sebaliknya makanya kamu ingin membuat program tersebut.

Membuat satu program aja bisa sampe tujuh keliling wkwk. Tapi tenang kamu bisa mencopas program piramida ini.

#include<iostream>
using namespace std;
int main()
{
  int baris, spasi, i, j;
  cout << "Masukkan jumlah baris: ";
  cin >> baris;
  for (i = 1; i <= baris; i++)
  {
    for (spasi = i; spasi < baris; spasi++)
          cout << " ";
    for (j = 1; j <= i; j++)
          cout << "* ";
    cout << "\n";
  }
  return 0;
}

Gimana gimana sudah tau cara membuat program piramida bintang. Mungkin kita akan lanjutkan lain kali ya wkwk karena saya tiba tiba mager wkwk.

Penutup

Ya begitulah. Mager tiba tiba menjalar ke tubuh wkwk jadi yah sampai jumpa di artikel selanjutnya aja lah. Babay wkwk.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.