content creator

Content Creator Yang Baik Dan Benar, Gimana Ya?

Taufiksi – Halo sobat fiksi, apa sih yang di lakuin sama content creator. Gimana ya, apa semua harus menjadi seorang content creator di zaman ini.

Content creator adalah seseorang yang membuat vidio youtube atau seseorang yang mengirim foto di feed instagram mereka. Ya, mereka bisa di sebut dengan content creator.

Jika di telusuri, secara harfiah mereka adalah orang yang membuat sebuah content. Content yang mereka buat akan di sebarkan ke laman social media mereka seperti instagram, facebook, tiktok termasuk youtub.

Namun, dengan adanya brand maka content creator bisa aja di artikan sebagai content marketing wkwk. Karena mereka memiliki fungsi yang terbilang besar saat ini di dunia bisnis dan brand.

Lalu, apa itu content creator ? Kemudian bagaimana sih cara menjadi content creator yang baik dan benar dengan standart SNI, haha.

Apa Itu Content Creator ?

Menurut State of Digital Publishing, content creator adalah seorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media, tidak terkecuali media digital.

Content creator biasanya mempunyai target pasar tertentu.

Kemudian tanggapan Hubspot, Content creator adalah orang yang membuat content yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Content ini juga nanti disesuaikan dengan keinginan dan ketertarikan pasarnya.

Lazimnya, mereka ini menggunakan banyak platform untuk menyebarkan konten yang mereka buat dengan susah payah.

Selain social media seperti instagram, facebook, tiktok termasuk youtub, namun mereka juga membuat blog, ebook untuk menyebarkan konten.

Di konteks ini content creator bukan selebrity ataupun blogger ya. Tentu mereka berdua bisa masuk menjadi seorang pembuat konten.

Ketika kamu memutuskan membuat video tentang cara mencuci piring dengan benar, kemudian mengunggahnya di social media, jeng jeng jeng. Selamat kamu sudah menjadi pencipta sebuah konten kok.

Begitu juga jika kamu mengunggah video perjalanan atau mendaki gunung mungkin di youtub. kamu juga sudah menjadi seorang pembuat konten.

Di milenials sekarang, jika kamu memiliki kreativitas maka kamu akan mampu membuat konten. Karena pembuatan konten ini melibatkan kreativitas seseorang.

Ubah Tampilan Blog

Tampilan blog cuma gitu gitu aja ? Mungkin kamu perlu mencoba beberapa template untuk menambah suasana baru di blog yang kamu miliki.

Lepas dari kreativitas pembuatan konten juga harus menggunakan logika agar dapat memahami apa yang di inginkan oleh pasarnya.

Oleh karena itu mereka dianggap penting oleh perusahaan brand besar, karena saat ini maraknya edukasi digital marketing.

Wajar saja, jika mengingat konten menjadi kunci dari semua sisi marketing yang dilakukan oleh perusahaan.

Pernah dengar kata viral ? ya ada kata yang menarik dibalik konten yang viral. Selain strategi yang apik ada konten yang menarik.

Cara Sukses Menjadi Content Creator

Nih kebiasaan yang jarang orang ketahui cara menjadi sukses di eranya creator. Menurut Hubspot, ada 9 kebiasaan yang dilakukan oleh creator yang sukses. Apa saja itu ?

Creator Harus Senang Membaca

Senang pasti rajin dong. Ya kan ? Untuk membuat konten yang bagus kita memerlukan bekal yang banyak. Salah satu bekal yang bisa kamu tiru adalah senang membaca. Bacalah terutama soal industri yang ingin kamu jalani.

Tulis Ide

Bukan nyuruh bikin essay kok. Ini bukan tentang inspirasi yang hadir saat menulis, namun inspirasi yang bisa saja datang dari setiap tulisan.

Turuti Yang Pasar Mau

Yang ini sedikit berkaitan dengan kebiasaan pertama. Selain membaca tentang industri, kamu juga harus mempelajari pasar dari industri tersebut. Pada akhirnya pasar yang menilai kualitas konten yang kamu berikan.

Original Konten

Original konten disini yang dimaksud adalah konten yang menciri khaskan diri kamu sendiri. Jika kamu tidak memiliki ciri khas maka kamu akan tersingkir dari industri ini.

Misalkan kamu membuat sebuah vidio, maka buatlah vidio yang original kamu buat entah itu apapun. Meskipun itu harus menggunakan metode ATM(Amati Tiru Modifikasi).

Tentu ini akan lebih sulit karena memang kamu perlu putar otak untuk membuat hal tersebut.

Bagikan Konten Orang Lain

Misal nih, di media twitter ada yang membagikan video, itu juga konten. Nah kamu bisa membalasnya dengan meretweet video tersebut, lalu kamu tambahin komentar kamu sendiri.

Atau kamu suka dengan kontennya creator youtube maka kamu bisa membagikannya supaya content creator tersebut merasa di hargai.

Nilai Kontenmu

Internet adalah tempat yang sangat besar. Saking besarnya internet sampai bisa menilai kualitas kontenmu. Jadi manfaatkan itu.

Semakin baik dan semakin bermanfaat konten yang kamu buat. Maka semakin orang akan tertarik untuk menonton nya.

Colaborasi Dengan Content Creator Lain

Sama seperti pekerjaan, menjadi pembuat konten juga harus mempunyai jejaring yang luas supaya bisa jadi tempat belajar yang bagus.

Dengan kamu melakukan kolaborasi maka kamu bisa memperluas jaringan, tentu saja ini akan meningkatkan rasio orang melihat content yang kamu buat.

Karena kamu bisa menjaring viewer dari creator lainnya supaya bisa melihat kontent yang kamu buat.

Konten Solusi

Terkadang menjadi pembuat konten terlalu merasa dirinya menjadi seorang yang ahli dalam segala bidang. Creator yang sukses tidak seperti itu. Mereka menempatkan pasar diatas segalanya.

Content Creator Memiliki Rasa Ingin Tau

Jika kamu ingin menjadi seorang creator maka kamu harus memiliki rasa ingin tau yang tinggi, kepo gitu lah tapi ke informasi bukan ke orang lain ya wkwk.

Karena rasa kepo akan membuat kamu menjadi lebih berkembang kemudian bisa membuat kamu untuk memikirkan akan membuat konten seperti apa.

Yahh, lagi dan lagi kamu harus bisa menerapkan metode ATM karena emang hal tersebut sekarang sudah menjadi hal yang normal.

Penutup

Oke sampai sini dulu deh wkwk. Karena emang sedang mager untuk ngapa ngapain. Sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.