cara mudah buat website

Cara Mudah Buat Website, Apa Itu Ribet ? Tinggal Praktik Aja

Taufiksi – Lu ingin buat webiste tapi tidak tau cara mudah nya ?. Mungkin lu bisa ikutin artikel ini supaya tau bagaimana caranya membuat website.

Untuk membuat website sebenarnya sangat mudah tapi hanya sedikit ribet. Yahhh ribetnya karena banyak sekali komponen yang di perlukan di dalam pembuatan website.

Jadi kalau ada seorang freelance web developer yang menawarkan harga yang tinggi biasanya itu normal sih karena mereka juga butuh makan.

Karena gajinya di tentukan dari seberapa besar projectnya, dan ada aja client yang nawar harga temen wkwk.

Entahlah, tapi mungkin kalo lu ingin banget buat website dan tidak tau caranya, daripada buang buang duit nyewa developer gitu kan. Mending buat sendiri.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Dan selamat lu berhasil menemukan artikel ini, semoga ngga muntah di depan laptop ye. Karena bisa jadi artikel ini akan sangat panjang.

Jadi siapkan kopinye, baca dengan santuy dan bisa lu praktekin sekalian, kalo emang mau. Tapi sebelum itu biasalah basa basi dulu ye kan.

Meskipun udah pernah di buatkan artikelnya tentang pengertian website dan lain sebagainya. Supaya bisa di baca oleh liu harus bisa mengalahkan website besar di luaran sana.

Apa Itu Website

Paham betul kalo lu udah sangat bosan dengan basa basi ini, karena tidak mungkin akan mencari cara membuat website kalo belum tau pengertiannya kan.

Jadi bisa di bilang website adalah sebuah kumpulan halaman yang bisa berisi semua informasi dalam satu domain. Kalau lu ngga tau domain itu seperti nama alamat rumah lu. Contohnya taufiksi.com.

Dan lu bisa menemukan website di dalam mesin pencarian, seperti contohnya google, bing, yahoo, dan lain sebagainya.

Informasi tersebut bisa berupa gambar, text, vidio ataupun komponen mutlimedia lainnya. Sebenarnya website bukan hanya bisa di buat oleh programmer. Orang biasa juga bisa dengan mudah membuat website.

Tinggal lu tau atau tidak caranya membuat website. Kalo lu ngga tau ya mungkin bisa lu cari tau lebih lanjut, karena sudah banyak ilmu di luaran sana.

Fungsi Website

Menurut beberapa pengamatan yang di lakukan ada beberapa fungsi dari pembuatan web sendiri, tapi rata rata membuat web untuk menjadi ladang penghasil uang.

Memang ada beberapa website yang hanya menyediakan informasi saja, seperti website pemerintah mungkin, yang tidak mungkin di comersilkan. Masa iya pemerintah mengkomersilkan hal tersebut.

Tapi ada beberapa fungsi yang bisa menjadi motivasi lu untuk membuat website dan ikut berkecimpung di dunia internet ini.

Blog

Rata rata orang membuat web adalah untuk berbagi informasi dengan embel embel blog, maka dari itu sudah banyak sekali website blog yang bertebaran di google dan lain sebagainya.

Selain itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat website blog juga masih menjadi prioritas.

Dan ini merupakan cara paling mudah untuk membuat website, karena hanya dengan beberapa langkah lu sudah bisa membuat website.

Ecommerce

Kemudian yang selanjutnya adalah ecomerce. Tentu ini sudah tidak asing bagi lu karena tanpa ecommerce kalau beli barang harus bangkit dari kasur.

Contoh ecommerce yang populer seperti alibaba dan lain sebagainya. Dan untuk membuat yang seperti itu pasti di butuhkan waktu dan tenaga dalam.

Portfolio

Nah untuk yang satu ini biasanya, orang orang membuat website adalah untuk kepentingan pribadi seperti seorang freelancer itu harus mempunyai portfolio.

Hmm contohnya seperti seorang seniman, kalau dia ingin mendapatkan trust dari pembelinya maka dia harus mempunyai portfolio yang bisa memikat pembelinya.

Tidak cuma seniman, bahkan seorang programmer juga butuh portfolio dan disaat mau ndaftar kerja maka bos atasannya tau sejauh mana programmer tersebut berkembang.

Dan masih banyak lagi sebenernya fungsi dari web tersebut, tapi karena tujuan awalnya lu ingin membuat web dengan mudah maka mari kita mulai.

Cara Membuat Webiste Mudah

Akhirnya kita sampai pada pembahasan kali ini ya. Semoga lu ngga bosen bosen bacanya, atau mungkin lu cape scrollnya.

Baiklah tanpa menunggu lama lagi, kasian juga lu scroll kecapean lagi puasa juga, laper kan belum lagi siang siang aus.

Blogspot

Oke, untuk cara termudahnya adalah dengan menggunakan platform blogspot. Jadi kalau lu hanya ingin iseng iseng bikin web, maka sangat di sarankan untuk mencobanya dengan menggunakan blogspot.

Kenapa blogspot itu mudah ? tentu lu tidak perlu di pusingkan masalah kodingan dan lain sebagainya. Karena itu semua sudah tersedia dan yang di sebut dengan template.

Lu ingin tau caranya ? Oke, lu bisa ikuti langkah berikut ini untuk membuat web dengan menggunakan blogspot. Tentu ini akan sangat mudah.

  • Pertama, masuk ke web blogspot, lu bisa membuat akun blogspot dengan menggunakan email google.
  • Kedua, lu akan di suruh membuat judul, judul tersebutlah yang akan menjadi identitas web lu.
  • Ketiga, setelah lu membuat judul, maka selanjutnya membuat nama alamat web lu, tapi karena ini adalah menggunakan platform blogspot maka untuk kali pertama lu alamatnya ada embel embel blogspot. Kapan kapan akan di bahas kalo ngga males.
  • Keempat, Web lu sudah jadi.

Mudah kan ? Tentu mudah dong karena itu menggunakan platform blogspot. Tapi ada beberapa kekurangan yang kemungkinan tidak lu sukai.

Apa saja kekurangan website yang di buat dengan platform blogspot ? Berikut ini adalah beberapa kekurangannya sebelum lu terjun.

  • Terbatas, fitur yang di miliki sangat terbatas. Contohnya seperti tidak bisa di buat ecommerce atau kalau mau yang lebih expert lagi tidak bisa di selipin Rest API dan lain sebagainya.
  • Di kuasai Google, kalau lu melanggar peraturan yang di berikan oleh google maka sudah pasti web yang lu buat akan di hapus oleh google.

Sejauh ini hanya itu yang saya rasakan ketika menggunakan platform blogspot untuk membuat web dengan cara yang mudah tentunya.

WordPress

Yakin sekali kalo lu ngga puas dengan menggunakan platform blogspot kan. Jadi kalau ingin sedikit lebih leluasa bisa menggunakan platform wordpress.

Yang di maksud bukan wordpress.com tapi wordpress.org, sia sia dong lu pindah dari blogspot ke wordpress.com hmm.

Berbeda dengan blogspot yang di kuasai oleh google dan fiturnya sangat terbatas. Lu bisa berkreasi lebih banyak dalam membuat website dengan menggunakan wordpress.

Tentu saja tidak mudah, ada beberapa perlengkapan yang harus lu siapkan sebelum bisa membuat website dengan wordpress/wp.

Lu mau tau, cara membuat website dengan wp ? ya, berikut ini adalah beberapa langkah persiapan yang harus lu lakukan untuk membuat web wp.

  • Beli Hosting, anggap aja hosting ini seperti rumah lu sendiri, jadi lu bisa merawatnya dengan baik, membersihkannya dan lain sebagainya. Kalau di biarkan bisa ada maling masuk dan lain lain lah.
  • Beli Domain, selain lu membeli hosting, lu juga perlu menandai alamat rumahlu caranya adalah dengan menggunakan domain. Misalkan dengan domain .com kek, .net kek, .id kek atau apapu terserah dah, kalau blogspot tadi kan .blogspot.com tuh. Di wp lu ngga butuh nama blogspot dll.
  • Beli SSL, biasanya di penyedia hosting sudah lengkap menyediakan hal hal ini, lu bisa tinggal nyari di google ge banyak.

Setelah beberapa komponen tersebut terpenuhi maka yang tersisa adalah caranya implementasi untuk membuat website dengan wordpress.

Ada beberapa cara, yaitu manual dan otomatis menurut versi saya. Untuk yang versi manual, lu bisa instal wordpress di websitenya langsung kemudian di uploud ke hosting yang sudah lu beli.

Tapi untuk yang otomatis lu bisa menggunakan fitur cPanel yang tersedia di hostingnya langsung. Yaitu dengan menggunakan softaculous.

  • Pertama, setelah lu berhasil menginstall wp. Lu tinggal masuk ke dalam dashboard wp dengan link yang sudah di sediakan.
  • Kedua, lu hanya tinggal otak atik dan menginstall plug in plug in sesuai kebutuhan, dan kerennya lu bisa membuat ecommerce di wordpress.

PHP

Nah yang terakhir adalah dengan menggunakan php, artinya apa ? lu harus ngoding sendiri dong. Dengan ngoding sendiri maka bisa leluasa dalam membangun website.

Tapi tentu bakalan ada jungkir balik otak. Tapi tidak kalau lu hanya membuat website blog. Kalo lu maunya website seperti ecommerce dan lain sebagainya dengan fitur fitur cangguh tentu akan membutuhkan banyak waktu.

Kalau hanya untuk sekedar blog mungkin lu bisa menggunakan wordpress atau blogspot aja deh. Yang pentingkan sekedar menyampaikan informasi kan.

Tapi kalau emang butuh fitur yang lebih canggih dan lain lain mending ngoding sendiri dengan php, bahkan bisa menggunakan framework laravel dan codeigniter.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Buat Website

Tidak selesai di situ aja, website lebih dari sekedar membuat dan selesai di tinggalkan begitu saja, tapi ada beberapa yang perlu di perhatikan juga.

Apa saja hal yang harus lu perhatikan saat membuat website. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus di perhatikan.

SEO

Buat apa membuat website tapi kalau SEOnya rendah, mana ada yang berkunjung kalau tidak ada nilai SEOnya.

Emmm emang sih bisa ada pengunjung kalau lu rajin share ke sosial media dan lain sebagainya. Tapi itu tidak worth kalo belum bisa menguasai search engine.

Jadi jangan abaikan tentang masalah SEO di website lu. Nantinya juga akan ada manfaatnya kalo lu bener bener bisa SEO.

Ada pepatah programming begini katanya “Buat apa pake teknologi programming bagus bagus kalo ngga ada yang mengunjungi”. Agak nylekit tapi begitulah.

Keamanan

Sebagai rumah, maka lu harus menjamin semua keamanannya, entah itu pintunya di kunci atau tidak, atau kalau ada gempa gimana.

Penutup

Dan masih banyak lagi sebenernya, tapi karena tiba tiba mager maka kita sudahi dulu artikel ini, mungkin lain kali akan berbagi source codenya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.