cara menjadi freelancer

Cara Menjadi Freelancer Profesional Untuk Memulai Karier ?

Taufiksi – Random sekali ya, tiba tiba ingin membahas tutorial menjadi freelancer wkwk. Karena saya ingin artikel yang ada di sini itu mempunyai value tersendiri, bukan sekedar di baca oleh kamu.

Tapi juga sebisa mungkin saya ingin memberikan artikel yang bermanfaat khususnya untuk para sobat fiksi. Tanpa kalian, saya hanya seorang abang abangan biasa wkwk.

Sebenarnya saya sudah lama ingin membuat artikel ini, tapi di urungkan karena tugas yang menumpuk di atas lemari. Yaudah daya kerjain tugas aja dulu deh, daripada ngga lulus kan.

Jadi kenapa freelancer ini sekarang banyak sekali di gandrungi orang orang ? Ya, sudah pasti karena uang lah. tapi apakah ada value yang lebih penting dari uang ?

Gini, mungkin sedikit membahas pengertian freelance sendiri aja ya, karena kalau freelancer adalah orang yang sedang melakukan pekerjaan freelance. Jadi lewat aja penjelasan tentang freelancer tapi di ganti dengan freelance itu sendiri.

Pengertian Freelance

Apa sih freelance itu ? mungkin hingga saat ini kamu masih belum mengerti apa itu freelance. Freelance adalah bidang pekerjaan namun waktu kerja tersebut kamu yang atur sendiri.

Tidak seperti profesional dan karyawan tetap yang harus banget punya waktu kerja rata rata 8 jam sehari. Kamu yang jadi bossnya, enak banget kan.

Sampai detik ini, pekerjaan freelance sangat banyak di minati, itu juga yang mendorong untuk membuat artikel tentang cara menjadi freelancer dah. Search engine-nya mantab jiwa wkwk bikin pengin buat artikel ini, ya sapa tau muncul di page one dan dibaca kamu ya.

Freelancer pun adalah pekerjaan yang fleksibel, bisa kerja di mana saja dan kapanpun deh yang kamu mau. Menurut survey dan penelitian freelance di indonesia naik hingga 26%, dan 97% freelancer merasa bahagia di bandingkan dirinya saat kerja di kantoran.

Menurut saya, jika kamu seorang yang pembangun bisnis sendiri. Kamu juga layak mendapat gelar sebagai freelancer karena kamu tidak punya kantor. Freelance di indonesia yang cukup di gandrungi sekarang ini adalah design dan fotografer.

Entahlah, mungkin karena design yang terlihat mudah, bagi orang awam, design itu cuma otak atik bikin lingkaran dan sebagainya. Namun bagi seorang profesional di bidang itu, design lebih dari sekedar membuat lingkaran. Pasti setuju dong wkwk.

Kriteria Menjadi Freelancer

Kalau kamu mau menjadi freelancer, yang perlu di garis bawah adalah pekerjaan ini tidak mengenal umur, jika kamu masih umur 1 tahun pun kalo punya skill dah selain menangis pasti bisa menjadi freelancer.

Percaya diri itu penting untuk memulai karir menjadi freelancer. Kenapa ? Karena kamu harus di kenal banyak orang, beda loh, terkenal sama di kenal.

Syarat Menjadi Freelancer

Ada loh yang search syarat syarat menjadi freelancer, hmm. Apa yang ingin kamu ketahui tentang syarat menjadi freelancer ? Pendidikan ? Tidak penting, karena kamu tidak akan pernah di tanya kamu lulusan apa ? Ijasah kamu SD, SMP, SMA, SMK, S1, S2, S3, Es Teh ?

Semua itu jarang ada yang tanya asal usul kamu, kalau kamu ada skill. Kamu sangat bisa menjadi freelancer dengan mudah.

Kalau kamu sekarang kuliah di jurusan design misalnya DKV(Design Komunikasi Visual) gitu, tapi kamu emang suka di situ bidangnya ngga ada masalah. Skill tidak di lihat dari nilai ijazah, kata ini juga memotivasi saya wkwk. Malah justru kalau kamu punya nilai ijasah yang bagus, menurut saya itu menjadi beban tersendiri.

Karena kamu di haruskan mempunyai skill yang setara dengan nilai ijazah yang kamu banggakan itu, upss.

Cara Memulai Menjadi Freelancer

Ada beberapa poin, jika kamu emang serius di dunia freelancer. Karena menurut saya, menjadi freelancer itu beratnya ada untuk di kenal oleh client kita.

Dah ahh jangan lama lama, saya ngantuk. Simak aja cara cara memulai karir menjadi freelancer berikut ini.

Tekad Tujuan Kamu

Kamu harus menentukan tujuan jika ingin berkarir menjadi freelancer, karena tanpa adanya tujuan yang terukur kamu bakalan kesulitan menjalankan rutinitas freelancer.

Seperti yang di jabarkan di atas, bahwa pekerjaan ini, waktumu adalah milikmu. Luangkan waktumu untuk memikirkan dan pahami kenapa kamu memilih jalur menjadi freelancer untuk mencari uang.

Tekad kamu juga harus kuat. bedakan waktu kamu kerja dan me time. Tentukan juga bidang freelance apa yang ingin kamu tekuni.

Banyak kok, nih saya kasih beberapa contoh. bukan cuma design tok.

  • Writer, seperti penulis rumahan ini.
  • Programmer, kamu bisa menerima job dari client untuk membuatkan sistem
  • Guru Online, di bidang pendidikan juga bisa kalau kamu bakat dalam mengajar, banyak kok yang udah menggeluti freelance ini
  • Bussines Analist, kalau kamu pandai soal ginian, coba aja. Banyak yang nawarin project bussiness analist kok apalagi untuk para seller.

Dah mungkin itu aja dulu deh, intinya masih banyak. Namun yang keliatan di dunia kan orang orang kreatif seperti design, fotografer. Karena mereka di fasilitasi instagram sosial media lainya.

Fokus Bidang Yang Kamu Geluti

Jangan kayak saya deh, sedang juga masih mencari jati diri, semua bidang saya coba tapi itu tidak baik untuk di tiru. Akan lebih baik jika kamu bisa fokus pada satu bidang saja.

Karena saat kamu fokus pada satu bidang, maka kamu akan mempunyai skill diatas rata rata, bukan hanya di taraf rata rata doang.

Ngga semua freelancer harus bisa design, dan ngga semua freelancer bisa ngoding. Kembali lagi pada tekad kamu, kuatin tekad, fokus.

Konsisten Mengasah Skill

Asah terus skill yang kamu miliki, saat kamu sudah tau ingin bergelut di bidang freelance apa, kamu tetap harus mengasah skill yang kamu punya.

Kenapa ? sudah pasti tidak lain dan tidak bukan karena freelancer lain akan terus berkembang dan pasar terus bergerak, kamu ingin diam di tempat ? Boleh aja, tapi liat aja hasilnya beberapa tahun ke depan.

Terus gimana caranya ngasah skill ? pasti bakalan muntah deh kalo tiap hari berhadapan dengan itu itu mulu. Tapi emang kamu harus ada rasa senang bergelut dengan skill yang kamu miliki. Ngga papa, latih terus tiap hari. saya jamin kalo kamu sering latihan pasti akan terbiasa.

Buat Brand Kamu

Untuk membuat client tertarik untuk menerima jasa yang kamu buat, akan lebih bagus kamu punya personal branding kamu. Dengan personal branding yang bagus, kamu bisa mengkomunikasikan client dengan baik.

  • Portfolio, Salah satu cara untuk membuat brand kamu tampak lebih baik adalah dengan membuat portfolio. Perbanyak karya yang kamu buat dan publishlah ke internet. Semakin menarik dan berkualitas portfolio kamu, maka semakin besar pula peluang kamu memperoleh pekerjaan.
  • Tarif, Menentukan tarif adalah hal yang membingungkan untuk sebagian freelancer, yahh tidak terkecuali saya yang belum memiliki tarif, tapi kalo saya, jalanin aja dulu wkwk lagian masih sibuk skripsi juga wkwk. Kalau kamu ingin menentukan tarif, bisa cari tau di situs freelancer yang tersebar di internet. Di sana kamu akan menemukan rating yang sesuai dengan tawaran di bidang itu.

Tentukan Target Client

Jika di ibaratkan kamu sedang memancing nih, kamu perlu nargetin ingin ikan apa yang enak buat makan sore ini, behh apa lagi pake sambel wkwk.

Yahh di dunia freelance juga gitu, kamu harus menentukan target client, ini penting karena kalau kamu memang menggeluti design tapi kamu ngga bisa nargetin wahh ngga tau dah bakal di tawar berapa jasa kamu.

Ini juga mempermudah kamu untuk fokus pada bidang yang kamu geluti.

Kuasai Teknik Pitching

Ini nih yang crusial wkwk, kamu tau kan freelance adalah pekerja lepas, jadi kamu harus pinter pinter mempresentasikan diri kamu.

Komunikasi memang hal yang paling krusial di bidang bisnis apapun. Inilah mengapa lulusan pendidikan komunikasi banyak di cari oleh perusahaan untuk di pekerjakan.

Mereka tentu adalah orang yang pandai mengkomunikasikan pesan dengan efektif pada client.

Gabung Ke Situs Freelancer

Yang terakhir deh, cape haha, maapken. kamu harus gabung ke situs freelancer untuk mendapatkan berbagai pekerjaan. Kamu harus memasarkan diri kamu dan menjual skill di situ.

Berikut ini saya punya rekomendasi jika kamu benar benar serius ingin menjadi freelancer, situs freelancer ada banyak berikut list daftar situs freelancer.

Gimana Tertarik Ngga Menjadi Freelancer ?

Dahh dulu yee, cape, mau bobo wkwk. sekian dan terima kasih, sampai ketemu di artikel berikutnya. Bye




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.