cara mengatasi stress

Cara Mengatasi Stress Di Era PPKM Darurat

Stress lagi, ppkm di perpanjang lagi haduhh gimana ya min cara mengatasi stress. Kok rasanya gampang banget stress, ngga ada corona aja udah stress apa lagi di tambah corona, tambah stress deh min.

Tenang bukan cuma kamu yang sedang di landa stress tujuh keliling kok, semua pasti mengalami yang namanya stress apalagi dengan adanya ppkm darurat. ya meskipun udah lama sih ya ppkm ini di perpanjang.

Ahh saya banyak cakap banget, mana katanya tau caranya mengatasi stress. Eits tenang dulu kawan. Emang benar punya solusi buat kamu, tapi supaya tulisan ini bisa di baca oleh kamu, saya harus melewati rintangan yang berat karena banyak sekali artikel besar di luar sana.

Jadi izinkan saya ngoceh bentar deh. Jadi kalau kamu sedang stress itu tandanya kamu memang manusia. Karena stress bisa berasal dari berbagai macam contohnya dari keluarga, teman atau bahkan kekasih kamu yang minta putus saat itu juga wkwk.

Saat kamu sedang stress beberapa hormon yang ada di tubuh kamu akan meningkat contohnya hormon kortisol dan adrenalin. Hal ini akan berdampak pada tubuh kamu. Nih saya kasih beberapa dampak stress yang bisa mempersulit hidup kamu.

Dampak Stress Bagi Tubuh

Stress ada baiknya ada juga buruknya, jika kamu stress kelamaan juga bisa menjadi pemicu penyakit yang ada di tubuh kamu. Seperti yang di jelaskan diatas, saat kamu sedang stress beberapa hormon akan keluar dengan sendirinya. Homon tersebutlah yang bisa menyebabkanmu menjadi lelah secara tiba tiba.

Tidak cuma lelah tiba tiba, tapi juga daya imun tubuh kamu menurun dengan sangat drastis, pikiran menjadi kacau bahkan kosong. Badan menjadi tidak bisa tahan terhadap serangan bakteri dan virus mematikan seperti corona deh.

Nih beberapa contoh dampak stress bagi tubuh kamu :

  • Pencernaan kamu akan terganggu, seperti usus besar, lambung, dan lain sebagainya deh. Tanya dokter aja kalo ngga percaya. Tapi emang ngalamin sakit perut kayaknya emang stress skripsi sih wkwk.
  • Rambut rontok, kamu sering kan rambut rontok ? bisa jadi itu karena stress dan kamu juga akan muncul jerawat.
  • Ejakulasi dini, kamu akan mengalami disfungsi seksual. Bukan di sebabkan karena sering itu ya wkwk, itu salah satunya deh, kalau kamu ejakulasi dini sudah pasti akan impotensi dan hasrat seksnya menurun.
  • Menstruasi-mu terganggu.
  • Pola makan kamu terganggu juga dan bisa menyebabkan obesitas karena terlalu banyak nyemil tengah malem sambil menangis atau merenung.
  • Resiko penyakit dalam, seperti jantung, kangker dan lain lain
  • Kepala sakit dan susah tidur menjadi dampak paling signifikan yang saya alamin. Jadi kamu akan susah untuk tidur tapi kepalamu akan terasa nyeri.
  • Insecure, kamu juga akan mengalami gangguan mental seperti merasa cemas, depresi dan lain sebagainya.

Sebenarnya stress tidak terlalu beporos pada hal yang buruk di hidup kamu, dengan adanya stress maka itu mendasari apa yang kamu lakukan hari itu.

Jika tidak ada kestressan maka kamu tidak akan memiliki kekawatiran, dan itu bukan suatu hal yang manusiawi. Kamu bisa stress karena mengalami ekonomi negara, politik negara, siapa presiden berikutnya, atau kapan presiden mundur.

Cara Mengatasi Stress Dengan Mudah

Sekarang kamu jangan stress deh nih saya kasih beberapa cara mengatasi stress.

Supaya stress teratasi dengan baik, mungkin kamu bisa memikirkan terlebih dahulu penyebab kamu stress itu karena apa dan bagaimana bisa saya stress.

Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan stress dengan mudah. Kamu bisa praktikan karena saya udah praktekin dan berhasil tapi cuma sehari doang wkwk. Setidaknya meringankan beban kamu.

  • Curhat
  • Olahraga
  • Fokus
  • Pola Hidup Sehat
  • Lakukan Hobbi
  • Senyum Palsu
  • Berfikir Positif
  • Relaksasi
  • Main Sama Kucing
  • Minum Es Jeruk
  • Makan Permen Karet
  • Ibadah

Penjelasan Cara Mengatasi Stress

Emm mungkin begitu caranya mengatasi stress kamu yang sedang tinggi tingginya. Atau saya harus menjelaskan satu satu ? boleh boleh saja lumayan juga artikel satu ini ya wkwk. Bakalaan panjang dah, mending siapin kopi.

Cara Mengatasi Stress Terbaik Adalah Curhat

Memang cerita ke seseorang bisa menghilangkan stress, karena jika kamu curhat ke seseorang kamu akan merasa tidak ada beban yang di pikul lagi. Karena sudah di bagi dua bersama dengan lawan bicaramu. Percayalah saat kamu sudah selesai curhat kamu merasa enteng seperti tidak ada beban.

Olahraga

Entah kenapa ya saat kamu melakukan aktifitas yang bernama olahraga, kamu mengeluarkan keringat dan juga stress yang kamu pikul juga akan menghilang dengan sendirinya. Mungkin dengan berolahraga otot yang kamu punya menjadi renggang dan menjadi lebih rileks.

Fokus

Fokus disini yang saya maksud adalah kamu harus fokus terhadap apa yang ingin kamu lakukan jangan terlalu lama terjebak oleh kejadian saat ini. Hiraukan mereka semua dan kamu fokus saja pada tujuan kamu. Misal kamu sedang bekerja, ya lakukan apapun itu karena kamu tidak bisa mengontrol apapun yang ada di samping kamu, tapi kamu bisa mengontrol apa yang ada di depanmu.

Pola Hidup Sehat

Kalo kamu anak anak kosan seperti saya, maka sudah sangat dipastikan kesehatanmu tidak terjaga dengan baik. Karena untuk membuat pola hidup sehat kamu harus memakan yang bernutrisi tinggi yaa, mungkin protein dan vitamin tubuh tercukupi lah. Kalau kurang mah itu udah pasti stress dah.

Lakukan Hobbi

Gimana tidak, kalau melakukan sesuatu yang kamu senang pasti waktu serasa berputar lebih cepat, karena ini juga masih ada sangkut pautnya dengan poin fokus. Saat kamu melakukan hobbi, fokusmu hanya pada ke apa yang sedang kamu lakukan. Itu yang menyebabkan kamu harus melakukan hobbi untuk mengatasi stress.

Senyum Palsu

Mungkin agak menyakitkan ya, kalau ada teman dekat kita memasang senyum palsu, tapi mungkin itu ya karena dia lagi menyembunyikan stress yang dia miliki. Tapi ini sedikit terbukti karena senyum palsu akan merenggangkan otot wajah kamu, ya semacam olahraga tapi di wajah gitu wkwk.

Berfikir Positif

Berfikirlah positif sebab kamu akan menerima energi yang positif jika kamu sering memikirkan hal hal yang positif. Coba deh kalo ngga percaya. Energi yang alam punya akan di serap ke tubuh kamu bila kamu kerap kali berfikir positif.

Mengatasi Stress Dengan Relaksasi

Hei, relaks dong. Caranya dengan melakukan meditasi, kamu hanya perlu duduk diam tenangkan pikiran dan rasakan udara yang mengintari tubuh kamu. Kalau kamu bisa yoga itu lebih bagus lagi. Karena dengan melakukan relaksasi, hormon penyebab stress kamu akan turun dengan sendirinya.

Main Dengan Kucing

Kalau kamu memelihara kucing atau anjing, bermainlah sama mereka. Entah kenapa, salah satu hewan dengan penuh kasih sayang adalah mereka berdua. Ini bisa kembali lagi ke poin pertama yaitu curhat. Ajaklah kucing bermain, anggaplah kamu sedang curhat dan kamu akan fokus ke kucing tersebut.

Minum Es Jeruk

Jeruk itu mengandung vitamin c yang bagus, vitamin c bisa menghilangkan stress dengan menurunkan hormon penghasil stress. Hasil lab menunjukan adanya potensi vitamin c mengatasi orang dengan gangguan rasa cemas. Potensi ini loh, tapi saya biasanya makan jeruk juga menimbulkan rasa senang.

Makan Permen Karet

Kenapa permen karet min, bentar dulu. Permen karet ini selain tidak gampang habis bisa menyegarkan nafas kamu yang bau sate kambing dan bisa menekan kamu ngemil dan menghindari obesitas. Namun juga bisa membuat kamu fokus karena rahang yang kamu miliki gerak terus.

Ibadah

Yang terakhir adalah ibadah, kenapa ibadah ? ya karena kamu mungkin kurang berkomunikasi dengan penciptamu. Lagi lagi ini adalah masalah curhat, bedanya kamu sekarang harus curhat ke sang pencipta. Dekati penciptamu mungkin kamu akan menemukan jawaban selain dari artikel yang saya buatin untukmu.

Cara Mengatasi Stress, Apakah Harus Ke Psikolog ?

Banyak sekali kasus stress yang mungkin tidak tertolong karena sudah terlalu akut dan di haruskan ketemu ke psikolog. Kenapa ? tujuanya karena psikolog lebih profesional dan lebih kuasa untuk tau keadaan mental kamu dan siap tanggap jika kamu mengalami depresi atau bahkan hampir gila.

Jika kamu mengatasi stress dengan cara yang tidak tepat maka bukan hanya tubuh kamu yang menurun tapi juga kesehatan mental kamu juga terganggu. Jadi kalau kamu sudah merasa butuh bantuan psikolog segeralah.

Penutupan Untuk Mengatasi Stress

Sekian artikel yang kali ini, entah kenapa saya ingin membuat artikel tentang stress, karena juga sedang stress wkwk. Dan saya search lah apa saja penyebab stress disitu banyak banget artikel yang membahas tentang stress. Jadi saya tulis ini dengan berdasar pada artikel artikel tersebut dengan sumbernya https://www.alodokter.com/ terima kasih semoga bermanfaat




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.