cara konsisten

Cara Konsisten, Pengertian, Faktor, Penyebab Sulit Konsisten

Kenapa ya kita sangat sulit untuk konsisten ? yahh minsi juga mengalaminya sampai akhirnya menelusuri laman laman google mencari cara konsisten.

Entah kenapa gitu tidak bisa konsisten dalam melakukan segala hal, contohnya seperti minsi dalam menulis artikel tidak bisa konsisten.

Atau kamu yang sedang melaksanakan kewajiban kuliah, pernahkah kalian konsisten mempertahankan nilai kamu ? IPK mungkin ?

Atau kamu yang sedang bekerja sebagai freelancer ? apakah kamu bisa konsisten dalam membuat portfolio supaya di lirik oleh client kamu ?

Atau kamu seorang programmer bahkan developer, benarkah kamu setiap hari harus ngoding, pagi ke siang, siang ke malam dan malam ke pagi lagi ?

Kenapa bisa gitu ya? rasanya sulit sekali untuk konsisten. Minsi belakang ini juga merasakan hal ini. Well, beberapa hari ini minsi juga agak tidak enak badan dan butuh sedikit hiburan jadi jarang update artikel.

Artikel kali ini akan sedikit santai aja, karena minsi juga masih dalam tahap pemulihan karena pikiran masih agak cape di karenakan habis di gempur oleh UAS yang di adakan kampus minsi.

Tapi sebisa mungkin akan minsi buat sesimple mungkin tapi akan tetap lengkap.

Jika berbicara tentang konsistensi tidak bisa lepas dari ketekunan disiplin. Hal tersebut akan mempengaruhi keberhasilan kamu saat sedang berproses.

Alasan Dan Penyebab Sulit Konsisten

Kalau kamu baru memulai proses jangan menyerah. Mungkin beginilah alasan yang bisa minsi ambil kenapa konsisten sangat sulit ketimbang kamu memulainya.

Memulai Butuh Keberanian. Tapi Konsistensi Perlu Kesabaran

Please, kalau kamu tidak bisa konsen itu artinya kamu tidak bisa sabar. Memang benar jika kamu memulainya dengan mental baja bahkan ada yang sampai putus urat malunya. Maka kamu juga harus bersabar untuk mencapai konsentrasi yang tinggi.

Karena semua akan sia sia jika kamu hanya berani memulainya saja tidak bisa mengontrol kesabaranmu.

Mulai Satu Kali. Konsisten Berkali Kali

Ini yang minsi sangat sulit, karena akan sulit jika kamu adalah kebalikannya. Kalau kamu mulai udah banyak maka kamu akan sangat sulit konsisten terhadap apa yang kamu mulai.

Jika ingin perbandingannya kamu harus melakukan perbandingan 1:1000 kali, maka kamu akan terbang di capaian tertinggimu.

Banyak Sekali Godaan

No, godaan yang di maksud adalah tentang produktifitas. Misalnya kamu seorang desainer, kita kerucutkan lagi menjadi desainer baju.

Godaan paling kecilnya adalah kamu melihat seorang desainer banner lebih menggiurkan penghasilnya daripada punyamu. Sudah jelas bukan ?

Ingin Hasil Yang Cepat

Tidak woodie. Kamu tidak bisa berenang dengan gaya agar bisa sampai di pantai hanya 1 detik doang. Kamu juga harus bersabar kalau ingin sampai ke tepian pantai.

Kembali lagi ke point pertama kamu harus melatih kesabaran.

Pengertian Konsisten

Sebenarnya faktor dari ketidakkonsistenan adalah tidak sabar dan terburu buru. Ingin mencapai hasil yang instan, seperti yang di jelaskan di atas.

Tapi apa sebenarnya konsisten itu ?

Menurut kamus besar bahasa indonesia atau yang kita biasa sebut dengan KBBI, Konsisten artinya tidak berubah ubah atau artinya tetap.

Namun menurut minsi artinya sendiri adalah tindakan yang di lakukan berulang terus menerus tanpa adanya kata putus. Jika ada yang salah mohon untuk di koreksi.

But, kamu juga perlu adanya contoh sebelum kamu bisa menyelesaikan permasalahan konsistensi ini. Kenapa ? karena kamu akan menemukan persepsi yang berbeda jika mengetahui contohnya terlebih dahulu.

Contoh Konsisten

Tokoh utama dalam contoh ini bernama Arie.

Arie sudah dua atau tiga minggu tidak pergi ke gym atau berolahraga. Padahal setiap harinya dia sering sekali olahraga meskipun hanya berlari 2 putaran di pagi hari.

Tapi beberapa minggu ini Arie tidak olahraga. Pertanyaannya kenapa ?

Profesi Arie sebenarnya memang hanya duduk di depan komputer bank, atau yang bisa di katakan sebagai seorang taller.

Namun belakangan Arie seperti tersihir oleh layar televisi yang menunjukan sebuah acara dangdut show. Penyebab inilah yang bisa mempengaruhi Arie tidak bisa menjalankan rutinitas olahraga.

Maka dari itu Arie menjadi sulit untuk konsisten berolahraga.

Cara Mengatasi Tidak Konsisten

Berikut ini adalah tips untuk kamu yang ingin kembali merasakan konsisten dan produktif menjalankan rutinitas harian kamu.

Mencari Motivasi

Kamu bisa ikuti seminar motivasi atau menonton youtube. Motivasi menurut minsi sangat penting karena tidak hanya bisa membuat pikiran kamu menjadi terbuka tapi juga bisa membuat kamu menjadi bersemangat kembali.

Namun motivasi juga bukan berasal dari kata kata orang saja, dengan kamu berdiam diri di kesunyian sambil menghirup udara alam juga menurut minsi itu adalah motivasi.

Bahkan kamu bisa melakukan ibadah agar bisa mendapat motivasi. Tapi mencari motivasi juga ada batasnya, jangan terus menerus mencari motivasi hingga kamu lupa bahwa harus berusaha.

Menemukan Rutinitasmu

Temukanlah rutinitas yang bisa kamu kerjakan setiap hari dan lakukan hal tersebut berulang kali sampai kamu hapal di luar kepala.

Minsi pernah membaca sebuah buku yang mengatakan bahwa kalau kamu menggunakan otak bawah sadarmu maka kamu bisa melakukannya sambil mata tertutup.

Dan itu sudah minsi buktikan juga. Contoh gampangnya adalah mengendarai motor tapi di jalan yang sudah kamu lewati setiap hari, kamu bengong saja maka motormu 90% tidak akan terjun kedalam jurang asalkan tidak ada yang megagetkanmu.

Karena otak kamu akan secara sadar sudah menandai rutinitasmu. Maka dari itu temukanlah rutinitas dan bangun itu, sampai otakmu tidak merasa cape akan rutinitas tersebut.

Jangan Berlebihan

Saat pertama kali kamu ingin olahraga, konsisten merupakan hal yang sangat penting, namun kamu juga perlu tau batasan tubuh kamu.

Ini juga tamparan yang pas untuk minsi. Karena minsi tidak bisa mengurus semua pekerjaan minsi sampai dengan kuliah terbengkalai, dan hal tersebutlah yang menyebabkan minsi tidak konsisten.

Benar tubuh minsi tidak kuat dan akhirnya tumbang jatuh sakit. Stress sampai rambut rontok dengan sendirinya.

Ganti Kebiasaan Buruk Perlahan

Penyebab tidak konsisten menurut minsi adalah kemalasan, dan kemalasan timbul karena terlalu banyak mengkonsumsi kebiasaan buruk.

Itu juga yang minsi masih lakukan sampai sekarang. Memang benar apa yang di katakan oleh Om Deddy Corbuzier bahwa mengkonsumsi gula tidak ada gunanya.

But, tidak bisa di pungkiri kebiasaan minum teh anget pakai gula di pagi hari adalah kenikmatan tersendiri bahkan kopi ABC di sore hari menjadi primadona orang indonesia.

Tidak bagi programmer. Karena programmer butuh kopi hitam untuk menunjang gaya mereka menjadi kelelawar yang hidup malam hari.

But, kamu harus mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Bukan cuma itu, kamu bisa mengurangi tidur yang kelamaan cukupin aja, tidak baik juga kalau kamu kurang tidur.

Banyak sekali hal yang perlu kamu kurangin. Tapi…….

Penutup

Karena artikel kali ini sudah cukup panjang maka kita akhiri saja terlebih dahulu semoga tidak bosan dengan artikel yang panjang panjang. Kalau ingin artikel tentang perkocehan tidak jelas bisa lirik blog sebelah. Disana terdapat ocehan tidak jelas minsi.

Sekian, terima kasih sampai ketemu di artikel berikutnya. Bye.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.