cara install xampp

Cara Instal XAMPP Windows

Taufiksi – Instal XAMPP windows bisa di lakukan dengan beberapa langkah mudah dan cepat. Bagi kamu yang seorang developer terutama developer website pasti akan berkecimpung menggunakan XAMPP.

Oleh karena itu iseng aja untuk membuat solusi untuk kamu yang ingin instal XAMPP di windows. Supaya artikel ini bisa lebih panjang mungkin akan lebih baik untuk mempelajari pengertian dan kegunaan xampp dulu kali ya.

Ya, kan biar bisa di baca kamu, bisa kok lompat langsung ke cara cepatnya kan udah ada deskripsi. Seperti yang di awal sampaikan bahwa xampp akan identik dengan developer web, setau saya wkwk.

Biar ngga terlalu lama juga mari mulai pembahasannya.

Apa Itu XAMPP ?

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

XAMPP adalah aplikasi untuk menjalankan script php di localhost (Komputer kamu tanpa harus koneksi ke sambungan internet).

Selain script php, xampp juga bisa mengakses database salah satunya adalah MySQL. Dengan menggunakan XAMPP kamu bisa dengan mudah membuat database karena memang salah satu kegunaan aplikasi ini begitu.

Kalau kamu menjalankan XAMPP maka kamu akan mudah untuk mengetes website yang sedang kamu bangun.

XAMPP sangat fleksibel bisa di instal menggunakan MAC ataupun Linux. Namun pada solusi kali ini hanya menerangkan caranya menggunakan windows saja. Mungkin di lain waktu akan di buat juga kalau sudah ada perangkatnya.

Perangkat Untuk Instal XAMPP Windows

Kalau kamu ingin menginstal XAMPP, kamu harus mempunyai beberapa perangkat berikut ini :

  • Komputer dengan OS Windows, karena tutorial ini menggunakan windows.
  • Koneksi Internet, berguna untuk menginstal XAMPP

Cukup itu aja buat instal XAMPP di windows. Mudah kan ehehe. Dan hal yang di nantikan adalah cara instal xampp windows yang kamu tunggu tunggu.

Cara Instal XAMPP Windows

Hehey, akhirnya masuk ke solusinya ya hmm. Berhubung mau berangkat pkl jadi akan dibuat sesimple mungkin deh.

Download XAMPP

Kamu bisa download xampp melalui website resminya apachefriends di sini. Maka akan muncul halaman berikut ini.

halaman xampp
Halaman Website Apache Friends

Kemudian klik XAMPP windows maka akan muncul halaman download xampp seperti di bawah ini, itu artinya kamu berhasil menginstal file Installer XAMPP.

xampp sukses download
Halaman XAMP Sukses Download

Instal XAMPP

Setelah kamu selesai mendownload xampp, sekarang tinggal menginstal xampp yang kamu punya ikuti langkah gambar berikut ini.

instal xampp
Setup XAMPP Windows

Setelah itu klik next.

Select Component

Pilih component yang ingin kamu gunakan, kalau saran dari saya adalah centang semua, karena itu merupakan semua fitur yang ada di dalam XAMPP. Namun kalau mau untuk sesuai kebutuhan juga tidak masalah.

Baca Juga : Cara Menjadi Freelancer

Seperti contohnya kalau kamu hanya butuh buat menjalankan php, ya cukup centang apache sama php aja, dan seterusnya.

setup xampp windows
Select Component XAMPP

Setelah memilik bisa klik next.

Tentukan Tempat Penyimpanan

Kamu bisa custom folder untuk menyimpan semua file xampp ke dalam direktori manapun. Jika setingan deafult adalah seperti di bawah ini.

Baca Juga : Kuliah Primadona Jurusan Informatika

instal xampp windows
Tentukan Direktori

Dan setelah kamu memilih direktori bisa klik next.

Pilih Bahasa XAMPP

Kamu bisa memilih bahasa yang ingin di gunakan oleh xampp, namun tidak ada pilihan untuk bahasa indonesia. Jadi dengan berat hati harus bahasa inggris.

instal xampp windows
Pilih Bahasa

Setelah memilih bahasa, klik next untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Selesai Instal XAMPP Windows

setup xampp
Learn more about bintami for XAMPP

Kalau kamu ingin tau lebih banyak tentang xampp bisa centang pilihan tersebut, namun jika tidak hapus aja tidak masalah dan klik next untuk menyelesaikan instalasi xampp ini.

Launch XAMPP

Selamat kamu telah menyelesaikan instal xampp di windows kamu. Kemudian buka xampp control panel untuk membuka xampp kamu. maka akan keluar tampilan berikut ini.

instal xampp windows
Launch XAMPP

Penutup

Yahh, begitulah caranya instal xampp di windows, kalau ada eror bisa tuangkan di kolom komentar, pasti akan di jawab dengan senang hati.

Sekian solusinya, terima kasih. Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya. Bye.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.