personal branding freelancer

Cara Branding Freelancer Agar Client Trusted Pakai Jasamu

Taufiksi – Ada yang kesulitan mendapatkan job dari freelance ? Mungkin itu yang membawamu kepada artikel cara branding freelancer ini kan.

Tidak, artikel ini bukan seolah menggurui karena saya pun sebagai seorang freelancer tidak mudah untuk mendapatkan jobs.

Bukan cuma kamu yang sekarang membaca artikel ini dengan atau tidak sengaja. Namun tentu saja karena saya juga meriset apa saja yang menarik untuk membranding diri kita supaya menjadi freelancer profesional.

Mungkin bisa jadi isi dari artikel ini adalah semua kegagalan yang ada di hidup saya wkwk. Dengan ini saya menulis menggunakan antonim kegagalan saya.

Mungkin bisa di gunakan sebagai contoh untuk mengerjakan ulangan tengah semester di kampusmu kalau ada mata kuliah tentang freelance haha.

Beberapa dari kamu ada yang tau apa itu freelancer ?

Pengertian Freelancer

Freelancer merupakan sebuah pekerjaan yang baru baru ini sedang viral. Karena hanya dengan bekerja freelance kamu bisa menghasilkan ribuan dolar per project.

Tapi itu tergantung kemampuanmu dan skill yang kamu miliki. Maka dari itu pentingnya update skill namun juga kamu harus membranding diri kamu untuk menjadi seorang freelancer.

Caranya ? Tentu saja kita akan sedikit berimajinasi untuk mencapai gelar freelancer.

Kenapa Orang Orang Ingin Menjadi Freelancer ?

Siapa yang tidak ingin uang sih ? Namun pasti di antara banyaknya orang di sini mungkin berfikir menjadi freelancer adalah sebagai batu loncatan.

Iya ngga ? Saya pun berfikir begitu. Faktanya, sangat susah jika tidak bisa branding diri kita. Gimana coba mau dapet job kalau kita tidak di kenal oleh orang banyak ?

Maka dari itu, artikel ini sebagai tamparan keras untuk saya pribadi. Supaya lebih giat untuk membranding diri sebagai freelancer.

Gimana masih tertarik untuk membaca cara branding freelancer yang saya tulis ? Mulai terbuka pikirannya ?

Semangat dong biar segera lepas jabatan beban keluarganya. Siapa tau kan kamu menjadi seorang freelancer profesioal. Bahkan lebih kaya dari pada penulis artikel tidak jelas ini.

Kalau kamu sudah sukses jangan lupa mampir kesini lagi ya wkwk.

Cara Membuat Branding Sebagai Freelancer

Setelah tadi agak basa basi sedikit sekarang kita masuk ke inti dari para inti. Mungkin kalau kamu nerapin apa yang ada di artikel ini bisa menjadi lebih baik dari saya.

Seperti yang sudah saya bilang bahwa artikel ini adalah antonim dari kehidupan saya sebagai freelancer. Yaa, gagal dah itu aja wkwk. Tapi saya bangga sudah pernah mencoba dan mungkin suatu saat akan saya coba lagi.

Fokus Pada Satu Keahlian

Kesalahan terbesar saya adalah saya ingin berusaha menguasai semua bidang mulai dari perekonomian sampai dengan perkopian.

Mungkin kalau kamu bisa fokus pada bidang yang kamu senangi bisa menjadi seorang freelancer yang menyandang title profesional.

Lebih baik pro satu bidang daripada bisa semua bidang tapi skill biasa aja. Memang cara ini bakalan bisa menyaring audiens kamu.

Tapi coba kamu pikir, kalau kamu sudah pro akan bidang itu kamu bisa tentuin sendiri harga yang kamu butuhkan. Betul ?

Unik

Kalau kamu sudah fokus pada keahlianmu, yang perlu kamu buat lagi adalah keunikan. Kamu harus beda dari yang lain.

Bukan saya menyarankan mundur dalam persaingan ya. Tapi pernah ngga berfikir kalau diantara deretan pohon terus ada pohon paling unik ? bakalan kamu samperin ngga pohon itu ? Bakal kamu tanyain ngga ini pohon apa ya ? Bakalan kamu petik ngga bunganya atau bahkan buahnya ?

Tonjolkan keunikanmu, cari tau. Kalau ngga tau, buat keunikanmu. Misalkan di antara karyamu di buat seunik mungkin beda dari yang lainnya.

Jangan seperti saya yang tidak memiliki keunikan.

Buat Portofolio

Kamu bisa membuat portofolio menggunakan website yang tersedia di internet. Kenapa perlu membuat portofolio ? Hey anda mau di kenal mukanya atau karyanya ?

Mungkin kalau freelance model yang di butuhkan mukanya, namun kalau kamu seorang Programmer ? Developer ? Desainer ?

Contoh website yang bisa kamu gunakan untuk mempublish karya design mu adalah di behance, dribbble dan lain sebagainya.

Kalau kamu seorang programmer ? kamu bisa gunakan github atau gitlab untuk memperkenalkan karya yang kamu punya.

Masih banyak lagi website yang bisa kamu gunakan, bisa cari di internet banyak. Apa lain kali saya bikinkan macam macam websitenya ya ? hmm menarik..

Buat Website Sendiri

Salah satu keuntungan kalau kamu membuat website sendiri adalah kamu bisa mengontrol penuh apa yang ingin kamu branding.

Ini juga bisa memunculkan keunikan yang ada di dalam dirimu sebagai freelancer. Kalau kamu tidak suka coding, ada banyak kok website cms yang bisa kamu gunakan.

Contohnya seperti blogger, wordpress, wix dan lain sebagainya. Kekurangannya kamu akan pusing untuk memikirkan gimana caranya mendapat visitor.

Evaluasi Diri

Jangan patah semangat jika ada orang memberikan sebuah kritikan entah itu kritik yang pedas level 30 atau sedang seperti nasi goreng.

Jadikan itu untuk bahan koreksi, jangan keras kepala.

Adaptasi

Tentu ini di butuhkan jika kamu misalnya sudah menguasai satu bidang yang pro, kamu juga bisa menambah skill supaya kamu bisa beradaptasi dengan mudah.

Tapi ingat kamu harus bisa setidaknya 1 bidang yang super duper pro.

Berapa Rata Rata Gaji Freelancer ?

Pasti kamu pernah bertanya tanya, berapa sih gaji seorang freelancer, sampai sampai banyak sekali yang menyarankan untuk mencoba jadi seorang freelancer.

Well, untuk gaji sebenarnya itu tergantung dari project apa yang kamu kerjakan dalam satu minggu ini, atau bahkan bulan ini.

Tidak menutup kemungkinan bahwa menjadi seorang freelancer ini bergaji besar namun tidak menutup kemungkinan juga kamu tidak mendapatkan jatah makan bulan ini.

Siapa yang tau kan, tapi yang pasti untuk gaji seorang freelancer itu di atur oleh kamu sendiri, bisa jadi perbulan kamu akan mendapatkan cuan sejumlah lebih dari 50.000.000.

Amin dong wkwk. Itu terbentuk kalau kamu sudah melakukan personal branding sebagai freelancer, pelajari tahap tahapnya.

Penutup

Yepp, begitulah cerita kegagalan saya menjadi freelancer. Semoga kamu tidak mengikuti jalan ninja saya yang terpuruk menjadi penulis artikel tidak jelas kwk.

Ehh sampai jumpa di artikel berikutnya, Makasih. Babay.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.