C perulangan for

Contoh Program C Perulangan For

Taufiksi – Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah program C perulangan for. Dalam pemrograman, perulangan merupakan suatu konsep yang digunakan untuk melakukan suatu aktivitas berulang kali.

Perulangan sangat penting dalam pemrograman karena dapat digunakan untuk mengeksekusi suatu aktivitas yang sama tanpa harus menuliskan kode yang sama berulang kali.

Perulangan for merupakan salah satu jenis perulangan yang digunakan dalam bahasa C. Memang dalam bahasa C, terdapat beberapa jenis perulangan, di antaranya adalah perulangan for.

Perulangan for memiliki sintaks yang berbeda dengan perulangan lainnya, seperti while dan do-while. Perulangan for digunakan untuk mengeksekusi suatu aktivitas yang sama berulang kali sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

Artikel ini akan memberikan contoh program yang menggunakan perulangan for dan menjelaskan cara kerja perulangan for, sehingga dapat membantu pembaca dalam memahami konsep perulangan for dan dapat mengaplikasikannya dalam pemrograman.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Tidak hanya itu, Dalam artikel ini akan dibahas tentang sintaks perulangan for, komponen perulangan for, dan contoh program yang menggunakan perulangan for didalam bahasa pemrograman C.

Pengertian Perulangan For di Dalam Bahasa Pemrograman C

Perulangan for merupakan salah satu jenis perulangan yang digunakan dalam bahasa C. Perulangan for digunakan untuk mengeksekusi suatu aktivitas yang sama berulang sesuai dengan jumlah yang ditentukan.

Perulangan for C dapat digunakan untuk menampilkan deret angka, mencari nilai rata-rata, menampilkan bilangan prima, dll.

Perulangan for memiliki sintaks yang berbeda dengan perulangan lainnya seperti while dan do-while. Perulangan for memiliki komponen yaitu inisialisasi, kondisi, dan increment/decrement.

Inisialisasi digunakan untuk menentukan nilai awal dari perulangan, kondisi digunakan untuk menentukan kondisi perulangan, dan increment/decrement digunakan untuk menentukan perubahan nilai pada setiap perulangan.

For sangat berguna dalam pemrograman, karena dapat digunakan untuk mengeksekusi suatu aktivitas yang sama berulang kali tanpa harus menuliskan kode yang sama berkali kali.

Contohnya, jika kita ingin menampilkan deret angka dari 1 sampai 10, maka kita dapat menggunakan perulangan for.

Selain itu, perulangan for juga dapat digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sejumlah bilangan atau menampilkan bilangan prima dari suatu rentang bilangan.

Perulangan for juga bisa digabungkan dengan perulangan lain seperti perulangan while dan do-while untuk mengeksekusi suatu aktivitas yang lebih kompleks.

Secara umum, perulangan for sangat bermanfaat dalam pemrograman karena dapat digunakan untuk mengeksekusi suatu aktivitas yang sama berulang kali dengan jumlah yang ditentukan dan membuat kode program menjadi lebih efisien.

Oleh karena itu, penting bagi programmer untuk memahami konsep perulangan for dan dapat mengaplikasikannya dalam pemrograman.

Baca Juga : Contoh Program C Penjumlahan 2 Matriks Array Multidimensi

Sintaks Dasar Perulangan For di Pemrograman C

Sintaks dasar C perulangan for memiliki struktur sebagai berikut:

for (inisialisasi; kondisi; increment/decrement) {
    //statements
}

Perulangan for terdiri dari 3 komponen, yaitu inisialisasi, kondisi, dan increment/decrement.

  • Inisialisasi: digunakan untuk menentukan nilai awal dari perulangan.
  • Kondisi: digunakan untuk menentukan kondisi perulangan, jika kondisi tersebut benar maka perulangan akan dilakukan.
  • Increment/decrement: digunakan untuk menentukan perubahan nilai pada setiap perulangan.
  • Statments: digunakan untuk menuliskan kode yang akan dijalankan pada setiap perulangan.

Ketiga komponen tersebut harus diisi agar perulangan dapat berjalan dengan baik.

Pada perulangan for, komponen inisialisasi akan dijalankan terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengujian pada kondisi.

Jika kondisi tersebut benar, maka perulangan akan dilakukan dan kode yang ditulis dalam statements akan dijalankan. Setelah itu, increment/decrement akan dijalankan.

Proses ini akan diulangi selama kondisi terpenuhi. Jika kondisi tidak terpenuhi, maka perulangan akan berhenti.

Baca Juga : Contoh Program C Penjumlahan Dua Bilangan Bulat

Implementasikan Kedalam Program C

Mari kita coba terapkan kedalam program C untuk perulangan for ini, berikut ini adalah beberapa contoh penerapan program perulangan for pada bahasa pemrograman C :

Contoh Program C Perulangan For #1: Menampilkan deret angka

Berikut ini adalah penerapan perulangan for pada bahasa C yang bisa digunakan untuk menampilkan deret angka.

#include <stdio.h>

int main() {
    for (int i = 1; i <= 10; i++) {
        printf("%d ", i);
    }
    return 0;
}

Dalam contoh program di atas, kita menggunakan perulangan for untuk menampilkan deret angka dari 1 sampai 10. Pada inisialisasi, kita mendeklarasikan variabel i dengan nilai 1. Inisialisasi ini digunakan untuk menentukan nilai awal dari perulangan, yaitu 1.

Pada kondisi, kita menentukan bahwa perulangan akan dilakukan selama nilai i kurang dari sama dengan 10. Kondisi ini digunakan untuk menentukan berapa kali perulangan akan dilakukan. Dalam hal ini, perulangan akan dilakukan sebanyak 10 kali.

Pada increment, kita menambahkan nilai i sebesar 1 setiap perulangan. Increment ini digunakan untuk menentukan perubahan nilai pada setiap perulangan. Dalam hal ini, setiap perulangan, nilai i akan ditambahkan sebesar 1.

Statements printf("%d ", i); digunakan untuk menuliskan kode yang akan dijalankan pada setiap perulangan. Dalam hal ini, pada setiap perulangan, nilai i akan ditampilkan pada layar.

Setelah perulangan selesai, perintah return 0 akan dijalankan untuk mengakhiri program.

Secara keseluruhan, perulangan for yang digunakan dalam contoh program di atas digunakan untuk menampilkan deret angka dari 1 sampai 10. Dengan menggunakan perulangan for, kita dapat mengeksekusi suatu aktivitas yang sama berulang kali tanpa harus menuliskan kode yang sama berulang kali.

Output dari program “Menampilkan deret angka” diatas adalah :

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 

Contoh Program C Perulangan For #2: Mencari nilai rata-rata

Contoh yang kedua adalah program perulangan yang digunakan untuk mencari nilai rata rata. Berikut ini adalah contoh program C-nya:

#include <stdio.h>

int main() {
    int jumlah, nilai, total = 0;
    float rata;
    printf("Masukkan jumlah nilai: ");
    scanf("%d", &jumlah);
    for (int i = 1; i <= jumlah; i++) {
        printf("Masukkan nilai ke-%d: ", i);
        scanf("%d", &nilai);
        total += nilai;
    }
    rata = (float) total / jumlah;
    printf("Rata-rata: %.2f", rata);
    return 0;
}

Dalam contoh program di atas, kita menggunakan perulangan for untuk mencari nilai rata-rata dari sejumlah nilai yang diinput oleh user.

Pada inisialisasi, kita mendeklarasikan variabel i dengan nilai 1. Inisialisasi ini digunakan untuk menentukan nilai awal dari perulangan, yaitu 1.

Pada kondisi, kita menentukan bahwa perulangan akan dilakukan selama nilai i kurang dari sama dengan jumlah nilai yang diinput oleh user.

Kondisi ini digunakan untuk menentukan berapa kali perulangan akan dilakukan. Dalam hal ini, perulangan akan dilakukan sebanyak jumlah nilai yang diinput oleh user.

Pada increment, kita menambahkan nilai i sebesar 1 setiap perulangan. Increment ini digunakan untuk menentukan perubahan nilai pada setiap perulangan. Dalam hal ini, setiap perulangan, nilai i akan ditambahkan sebesar 1.

Statements printf("Masukkan nilai ke-%d: ", i); digunakan untuk menampilkan perintah kepada user untuk memasukkan nilai pada setiap perulangan. Kemudian perintah scanf("%d", &nilai); digunakan untuk mengambil input dari user.

Dalam setiap perulangan, user akan diminta untuk memasukkan nilai, kemudian nilai tersebut akan ditambahkan pada variabel total, setelah perulangan selesai, nilai total akan di bagi dengan jumlah nilai yang diinput untuk menghasilkan nilai rata-rata yang ditampilkan pada statement printf("Rata-rata: %.2f", rata);

Secara keseluruhan, perulangan for yang digunakan dalam contoh program di atas digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sejumlah nilai yang diinput oleh user.

Output dari program “Mencari nilai rata-rata” diatas adalah :

Masukkan jumlah nilai: 4
Masukkan nilai ke-1: 10
Masukkan nilai ke-2: 20
Masukkan nilai ke-3: 30
Masukkan nilai ke-4: 40
Rata-rata: 25.00

Dalam contoh output diatas, jumlah nilai yang diinput adalah 4 dengan nilai masing-masing 10, 20, 30, dan 40 sehingga nilai rata-ratanya adalah 25.00.

Contoh Program C Perulangan For #2: Menampilkan bilangan prima

Contoh program C perulangan for yang terakhir adalah menampilkan bilangan prima sebagai berikut ini :

#include <stdio.h>

int main() {
    int n, i, flag;
    printf("Masukkan batas: ");
    scanf("%d", &n);
    printf("Bilangan prima dari 1 sampai %d: \n", n);
    for (int num = 2; num <= n; num++) {
        flag = 0;
        for (i = 2; i <= num / 2; i++) {
            if (num % i == 0) {
                flag = 1;
                break;
            }
        }
        if (flag == 0) {
            printf("%d ", num);
        }
    }
    return 0;
}

Dalam contoh program di atas, kita menggunakan perulangan for untuk menampilkan bilangan prima dari 1 sampai batas yang diinput oleh user. Pada inisialisasi, kita mendeklarasikan variabel num dengan nilai 2. Inisialisasi ini digunakan untuk menentukan nilai awal dari perulangan, yaitu 2.

Pada kondisi, kita menentukan bahwa perulangan akan dilakukan selama nilai num kurang dari sama dengan batas yang diinput oleh user. Kondisi ini digunakan untuk menentukan berapa kali perulangan akan dilakukan. Dalam hal ini, perulangan akan dilakukan sebanyak batas yang diinput oleh user.

Pada increment, kita menambahkan nilai num sebesar 1 setiap perulangan. Increment ini digunakan untuk menentukan perubahan nilai pada setiap perulangan. Dalam hal ini, setiap perulangan, nilai num akan ditambahkan sebesar 1.

Statements for (i = 2; i <= num / 2; i++) digunakan untuk mengecek apakah num adalah bilangan prima atau bukan. Pada setiap perulangan, jika num mod i sama dengan nol, maka bilangan num bukanlah bilangan prima.

Jika bilangan prima, maka akan ditampilkan pada statement printf("%d ", num);

Secara keseluruhan, perulangan for yang digunakan dalam contoh program di atas digunakan untuk menampilkan bilangan prima dari 1 sampai batas yang diinput oleh user.

Output dari program “Menampilkan bilangan prima” diatas adalah :

Masukkan batas: 20
Bilangan prima dari 1 sampai 20: 
2 3 5 7 11 13 17 19 

Dalam contoh output diatas, batas yang diinput adalah 20 sehingga program akan menampilkan bilangan prima dari 1 sampai 20 yaitu 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19.

Baca Juga : Contoh Program C Cek Karakter Alfabet

Penutup

Baiklah, mungkin hanya sampai segini aja untuk artikel membahas perulangan for yang ada didalam bahasa C. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, babai.




Terima kasih sudah membaca artikelnya.
Support kopi ☕ darimu sangat berarti untuk-ku
Biar makin semangat dan kuat begadang

Tertanda Sayang

👨🏻‍🎓

Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *