aqiqah nurul hayat

Sayang Anak Di Hari Keluarga Nasional Bersama Aqiqah Nurul Hayat Sebagai Tempat Aqiqah Keluarga Indonesia

“sayang anak, sayang anak, sayang anak”
Aqiqah Nurul Hayat

Familiar dengan kalimat tersebut ?. Kalau iya, selamat kamu artinya sering ikut ibu belanja ke pasar waktu kecil πŸ™‚ . Biasanya ada penjual yang promosi sambil mengatakan kalimat tersebut, tapi kalau tidak ketemu penjual yang seperti itu saat promosi dagangannya itu berarti rezekinya ibumu, karena tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli mainan, kecuali kamu merengek ya 🀣, itu beda ceritanya.

Dan layaknya seorang ibu jika melihat anaknya merengek pasti merasa tergetar hatinya untuk membelinya. Tapi lain halnya jika kamu pergi sama bapak, meskipun kamu cuma melihat pasti akan langsung dibelikan atau bisa menjadi kado ulang tahunmu nanti dikarenakan saat kamu merengek tidak membawa uang lebih. Tapi itulah keluarga ya, meskipun beda karakter, namun saling menyayangi dengan caranya sendiri 😊.

Tapi kamu tau ngga kalau ada salah satu bentuk kasih sayang terhadap anak ? Betul, yaitu dengan mengaqiqahkan seorang anak. Saya merasa kalau aqiqah itu adalah sunah nabi yang ditujukan sebagai bentuk kasih sayang kepada anak. Bagaimana bisa disebut bentuk kasih sayang πŸ™„ ? Bukankah aqiqah itu bentuk dari ibadah yang disunahkan nabi.

Memang betul, tapi sama saja dengan kasih sayang kan. Ada istilah yang sampai sekarang masih menjadi trend yaitu “sekali dayung, dua pulau terlewati”, jadi lebih enak kasih sayang sambil ibadah kan ? Kalau sayang mana bisa ditinggal πŸ™‚ , yang embel embelnya ibadah doang seperti solat aja masih bolong (berlubang), coba kalo solat itu karena sayang apakah masih ditinggal hehe.

Maka dari itu saya menyebut aqiqah sebagai bentuk kasih sayang terhadap anak. Kalau ada perspektif lain mungkin bisa kita diskusikan, secara saya juga belum banyak tau tentang agama πŸ™‚ , cuma manusia biasa kok. Dan seperti yang sudah saya katakan kalau bentuk kasih sayang setiap orang berbeda beda, mungkin ada keluarga yang menyatakan sayangnya dalam doa atau bahkan hanya sekedar kumpul di meja makan bersama.

Ngomong omong tentang keluarga, apakah kamu tau kalau hari ini 29 juni 2022 adalah hari keluarga nasional ?. Hmm libur ngga ya 🀣, pasti banyak yang mengharapkan tanggal merah dong.

Hari Keluarga Nasional

Kenapa bisa ada hari keluarga nasional ? kalau ada yang bertanya seperti itu, mungkin jawabannya adalah buku sejarah πŸ˜† , iya kamu harus buka buku sejarah dulu. Hmm bercanda, mungkin saya ceritakan beberapa poin kenapa bisa terbentuknya hari keluarga nasional ini.

hari keluarga nasional

Jadi pada sekitar tahun 1992, Bapak Presiden Republik Indonesia tercinta saat itu menetapkan pada tanggal 29 juni sebagai Hari Keluarga Nasional. Penetapan ini tentu saja di latar belakangi pemberian penghargaan untuk rakyat Indonesia yang saat itu sudah berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sampai rela meninggalkan keluarganya.

Hari keluarga nasional memang dimaksudkan untuk mengingatkan bahwa pentingnya keluarga yang menjadikan sumber kekuatan baru untuk membangun bangsa dan negara. Bangsa yang besar berawal dari keluarga yang kokoh. Tapi ada fakta menarik tentang hari keluarga nasional.

Faktanya adalah untuk menjawab pertanyaan libur atau tidaknya saat hari keluarga nasional. Sayang sekali, pada 15 September 2014 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39, tanggal 29 sebagai hari keluarga nasional, tapi bukan hari libur πŸ˜† . Fakta yang menyakitkan bagi sebagian orang ya 🀣, seharusnya kan libur agar bisa satu hari bisa berkumpul dengan keluarga. Tapi sepertinya itu sudah menjadi keputusan dan tidak bisa di ganggu gugat.

Meskipun tidak ada libur di hari keluarga nasional, saya yakin setiap keluarga mempunyai rasa sayangnya masing masing. Buktinya adalah sang bapak masih mengais rezeki di antah berantah, ataupun si ibu masih rela memasak untuk buah hati tercintanya. Tapi ada yang lebih menggambarkan kasih sayang terhadap buah hati, yaitu aqiqah. Untuk memperingati hari keluarga nasional, mungkin yang mempunyai buah hati bisa melakukan aqiqah. Emangnya apa itu aqiqah πŸ™„ ?

Mengenal Aqiqah

Selain menjadi salah satu bentuk kasih sayang, aqiqah juga menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas kelahiran buah hati. Secara garis besar aqiqah adalah memotong rambut bayi yang baru lahir, karena dalam bahasa arab berasal dari kata al-qat’lu yang artinya memotong. Maka dari itu saat buah hati lahir sebagai rasa syukur dan sayang melakukan kegiatan pemotongan rambut, tapi tidak hanya rambut bayi, makna aqiqah yang kedua adalah memotong atau melakukan penyembelihan hewan.

Hewan πŸ™„ ? Iya ada istilah yang menyebutkan kalau aqiqah adalah dengan melakukan penyembelihan hewan ternak dan dibarengi pemangkasan rambut bayi baru lahir. Tapi sebagai umat muslim di sunahkan untuk menjalankan hal ini sebagaimana yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

apa itu aqiqah

Hukum aqiqah memang sunah, lebih tepatnya adalah sunah muakad yang artinya jika mampu maka wajib melakukan aqiqah dengan penyembelihan kambing, tapi jika memang pada saat anak baru lahir belum mampu melakukan aqiqah maka hukumnya menjadi sunah.

Kapan Waktu Aqiqah ?

Terus yang jadi pertanyaan adalah kapan waktunya aqiqah ? Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus, karena mungkin banyak orang yang belum mengetahui, apalagi jika mereka nikah muda. Saat ini sedang marak orang orang nikah muda, padahal belulm mempunyai bekal baik itu mental, agama, dan lain lain. Tapi bukan urusan saya juga mau nikah umur berapa sih hehe.

Meskipun nikah muda, saya yakin akan di arahkan oleh orang yang lebih tua, seperti misalnya untuk mengadakan aqiqah, karena sudah tradisi jika ada bayi baru lahir.

aqiqah nurul hayat

Dari Burairah Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, bersabda “Kambing aqiqah di sembelih pada hari ketujuh atau ke 14 atau ke 21”

Shahihul Jami’us Shaghir no: 4132 dan Baihaqi IX:303

Berdasarkan sabda Rasul, maka bisa di simpulkan kalau tidak berselang lama ketika ada buah hati yang baru lahir untuk segera di aqiqahkan.

Namun ada beberapa ulama diantaranya Syaikh Shalih Al Fauzan dan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin yang berpendapat boleh untuk melakukan aqiqah selain waktu diatas, tanpa batasan sehingga orang tua yang belum mampu pada waktu tersebut dapat menundanya sampai mampu melakukan aqiqah kepada sang anak.

Terus bagaimana jika saat bayi belum di aqiqahi, apakah bisa saat dewasa mengaqiqahi sendiri ? Jadi kalau orang tua saat itu belum mampu, sang anak bisa mengaqiqahi dirinya sendiri saat usianya yang sudah dewasa nantinya.

Imam Tabrani meriwayatkan sebuah hadist, bahwa Nabi Muhammad SAW mengaqiqahi diri beliau sendiri, setelah diutus menjadi seorang Nabi

Syaikh Albani dalam Silsilah As-Shahihah

Dari hadist diatas maka bisa disimpulkan kalau seorang anak bisa mengaqiqahi dirinya saat dewasa nanti. Inilah yang menjadi salah satu keindahan dalam islam.

Cara Hemat Melaksanakan Aqiqah

Karena melakukan aqiqah dibutuhkan penyembelihan hewan ternak seperti kambing, maka yang pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi belum dengan memasaknya yang membeli rempahnya dan sebagainya. Menurut pasar kambing, harga per ekornya bisa mencapai 3jutaan loh, jika di perhitungkan untuk melakukan aqiqah bisa menghabiskan paling tidak 4-5 jutaan bahkan bisa lebih dari itu.

Nantinya masakan aqiqah akan di bagikan. Menurut Syaikh Ibnu Jibrin Rahimahullah disunahkan untuk dimakan 1/3nya kemudian dihadiahkan 1/3nya kepada sahabatnya (teman orang tuanya) lalu disedekahkan 1/3nya kepada kaum muslimin. Namun boleh juga untuk menghidangkannya atau disedekahkan semuanya.

Tapi tidak perlu khawatir, ada berbagai cara agar bisa hemat dalam melakukan aqiqah, coba kita ulas semua caranya ya, agar bisa mengaqiqahi anak kesayangan.

Menabung

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah menabung. Menabung kayaknya udah menjadi kebiasaan yang harus dibentuk sedini mungkin. Akan susah jika tidak mempunyai kebiasaan menabung, pasti ada aja alasan untuk menghabiskan semua uang saat itu juga.

Banyak sekali manfaat ketika belajar menabung, salah satu contohnya adalah untuk mempersiapkan aqiqah untuk sang anak.

Kenapa menabung itu sangat penting, dan apakah benar bisa menghemat pengeluaran saat melakukan aqiqah. Mungkin pertanyaan tersebut akan terlintas jika membaca artikel ini. Tapi percayalah dengan cara menabung maka kamu bisa mempersiapkan segala kemungkinan di masa depan tidak terkecuali mempersiapkan aqiqahan anak, yang memang membutuhkan biaya bisa dibilang sangat lumayan menguras jika di persiapkan secara mendadak. Apalagi sampai mengutang, wah jangan sampai deh, mendingan di tunda dulu kalau belum mampu saat itu, lagi pula sudah saya colak colek kalau aqiqah memang hukumnya sunah muakad.

aqiqah nurul hayat

Maka dari itu, untuk meminimalisir adanya utang piutang, cara ini sangat membantu dan bisa mencobanya terlebih dahulu. Mungkin bisa dipersiapkan saat sudah dari lama. Oh kayaknya pernah dengar pepatah seperti ini “rajin pangkal pandai, hemat(menabung) pangkal kaya”.

Pilih Jasa Aqiqah Terpercaya

Aqiqah sekarang bisa tanpa ribet, dan bisa menghemat beberapa biaya, karena sudah ada jasa agen aqiqah yang terpercaya. Contohnya seperti Aqiqah Nurul Hayat sebagai penyedia jasa aqiqah yang sudah di percaya oleh banyak orang.

Selain terpercaya, kalau melakukan aqiqah bersama nurul hayat bisa menghemat pengeluaran, karena harga yang disediakan pada setiap menunya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tapi bukan hanya itu saja pastinya banyak kelebihan lainnya jika melakukan aqiqah disini. Oh ya, bahkan jasa aqiqah nurul hayat sudah banyak di review oleh artis papan atas loh, jadi tidak diragukan lagi untuk kualitasnya.

Cobain Masakannya

aqiqah nurul hayat

Masakan sudah menjadi bagian paling penting, dan kamu bisa mencoba masakannya terlebih dahulu sebelum deal dengan jasa penyedianya.

Sebenarnya sama konsepnya dengan pernikahan, karena ada kalimat yang mengatakan “masakan akan selalu menjadi hal yang diingat sampai kapanpun”.

Masakan sebisa mungkin terasa enak ketika dimakan, karena akan dinikmati oleh banyak orang, dan pastinya jika penyedia jasa aqiqah yang terpercaya sudah pasti enak namun alangkah baiknya jika kamu mencoba masakannya terlebih dahulu.

Pilih Paket Sesuai Kebutuhan

Biasanya jasa aqiqah akan menyediakan paket yang bisa dipilih, seperti contohnya paket nasi catering dengan lauk pauk yang berbagai macamnya dan dilabeli dengan harga yang bisa di jangkau. Dengan adanya sistem paket seperti ini maka akan memudahkan untuk memilih menu yang ingin dipesan.

Karena jika masakan udah cocok, maka tinggal memilih paketnya saja, dan tidak perlu memaksakan karena memang tidak perlu yang mewah, secukupnya saja.

Diskusikan Dengan Keluarga

Cara yang terakhir adalah dengan mendiskusikannya kepada keluarga, karena ini akan menjadi keputusan final, apakah ingin menggunakan jasa aqiqah atau menyembelih hewan ternak sendiri dan memasaknya sendiri untuk mengadakan syukuran sebagai bentuk kasih sayang terhadap buah hati kita yang baru lahir.

Kalau ingin menggunkan jasa aqiqah, mungkin nurul hayat bisa menjadi pilihan, karena selain terpercaya disini merupakan salah satu tempat pelopor aqiqah siap saji terbaik di indonesia.

Alasan Memilih Aqiqah Nurul Hayat

Yaps, kali ini mungkin saya ingin membahas kenapa memilih aqiqah nurul hayat sebagai jasa untuk syukuran aqiqah anak. Kalau sudah sangat pasti apa saja bakalan dilakukan ya, itulah orang tua πŸ™‚ . Jadi berikut ini adalah beberapa alasannya, mari kita ulas.

Aqiqah Nurul Hayat Sudah Tersebar Hampir Di Seluruh Kota Indonesia

Alasan yang pertama adalah nurul hayat sudah tersebar hampir diseluruh kota di Indonesia. Bahkan sampai saat artikel ini diterbitkan, aqiqah nurul hayat sudah membuka 40+ cabang di Indonesia. Hal ini akan mempermudah kita dalam memesan, dan tidak perlu menunggu lama jika pesanan diantarkan.

Siapa sih yang suka kesal kalau pesanannya itu lama banget dianternya karena jaraknya yang sangat jauh, mungkin kita satu server hehe.

Tapi karena sudah banyak cabangnya jadi bisa memesan di cabang terdekat karena tidak perlu lagi lintas pulau.

Kalau lintas pulau kan bisa memakan waktu sekitar 8jam lebih kan, itu keburu dingin dong nanti masakannya. Inilah salah satu yang menjadikan aqiqah nurul hayat sebagai jasa aqiqah terpercaya, karena sudah banyak cabangnya.

Karyawan Aqiqah Nurul Hayat Amanah

Tidak hanya sudah tersebar di seluruh indonesia, karyawan yang ada di aqiqah nurul hayat sangat amanah dalam menjalankan tugasnya masing masing. Bahkan terdapat dokumentasinya juga loh, jadi tidak perlu khawatir saat penyembelihan hewan.

Tugas sebagai karwayan memang sangat berat, karena harus memegang amanah yang diberikan. Arti dari amanah sendiri adalah bisa dipercaya. Dengan mengemban hal tersebut apalagi menyangkut dengan sunah rasul, masa tidak amanah.

Bukan hanya itu saja, karyawan yang ada di aqiqah nurul hayat juga sangat ramah untuk menyambut kita. Sehingga kita bisa lebih nyaman untuk bertanya seputar aqiqah.

Tersedia Puluhan Menu Kambing Di Aqiqah Nurul Hayat

Kita ngga bisa jauh jauh dari masakan ya. Mau bagaimanapun kalau masakannya itu itu aja pasti pembeli tidak akan mempunyai pilihan lebih.

Tapi itu tidak berlaku untuk aqiqah nurul hayat, karena disini dilengkapi dengan berbagai menu masakan kambing, yang bebas kamu pilih. Biasanya menunya disesuaikan di daerah masing masing.

Macam macam menu disediakan disini, contohnya seperti berikut ini.

  • Nasi arab bramanti kebuli
  • Nasi briyani
  • Nasi hainan
  • Sate
  • Gule
  • Kreng daging
  • Dan lain-lain

Semua menu tersebut bisa di nikmati, dengan cita rasa yang maknyoss pastinya. Tidak hanya itu, menu tersebut tersedia dalam paketan, dan dalam bentuk nasi kotak juga.

Bisa Pilih Kambing Sendiri

Aqiqah nurul hayat juga menyediakan pelayanan untuk kita, supaya bisa memilih kambingnya sendiri, supaya memberikan rasa percaya dan ketenangan di dalam jiwa. Kambing memang akan disediakan oleh aqiqah nurul hayat sebelum dimasak.

Jenis kambingnya pun sudah masuk dalam kriteria melakukan aqiqah. Para ulama menyatakan kalau kambing aqiqah sama halnya dengan kambing qurban dalam usia, jenis dan bebas dari kecacatan. Tapi mereka tidak merinci untuk jantan/betinanya.

Dengan begitu akan sah jika seseorang menyembelih kambing betina ketika aqiqah, walaupun yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW adalah kambing jantan yang bertanduk.

Aqiqah Di Nurul Hayat Gratis Ongkir

Pejuang gratis ongkir(ongkos kirim) bisa merapat kali ini. Karena aqiqah nurul hayat tidak akan memungut biaya dari ongkos kirim ke rumahmu. Jadi akan lebih menghemat biaya dong, siapa sih yang tidak senang jika mendapatkan gratis ongkir.

Udah gratis ongkir, pengirimannya juga bisa tepat pada waktunya, benar benar sebuah jasa aqiqah yang family friendly ya hehe.

Harganya Sesuai Dengan Kantong Kita

Persoalan harga tidak akan ada matinya. Aqiqah nurul hayat menyediakan harga yang sangat bersahabat apalagi ditambah dengan sistem paket, dimana hal tersebut sudah tertera dengan jelas. Nurul hayat memang di desain untuk menjadi tempat aqiqah keluarga indonesia dengan harganya yang sangat cocok di kantongnya.

Penutup

Baiklah, mungkin kita cukupkan terlebih dahulu artikel kali ini, yang bertema aqiqah di hari keluarga nasional, selamat menikmati harimu. Jaga kesehatan, jangan lupa minum air putih dan tetap sayangi keluargamu. Babay




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.