apa itu website

Apa Itu Website ? Kupas Tuntas Cara Membuat, Fungsi, Contoh

Taufiksi – Hai, saya yakin sobat fiksi sedang mencari cara membuat website, atau sekedar pengen tau apa itu website kan. Kalau kamu memang sedang mencari pengertian website, sudah pasti kamu pernah menggunakan website.

Iya, ngga ? Jelas iya dong hmm, gimana engga. Kamu mengakses artikel yang saya buat juga itu adalah website. Memang semakin berkembangnya internet di indonesia, semakin banyak pula yang mengenal website.

Dimulai dari website taufiksi, google, shopee, tokopedia, detik, suara, kompas, facebook, twitter, instagram, reddit, linkedin dan lain lain banyak banget dah website di luaran sana.

Saat kamu menggunkaan layanan mereka baik itu di smartphone atau di laptop kamu, itu artinya kamu sedang menggunakan website.

Meski begitu saya sangat yakin, kalau kamu setiap hari mengakses website mereka namun masih bertanya tanya tentang apa itu website, dan bagaimana cara kerja website.

Oleh karena itu saya membuat artikel ini dengan sukarela dan yang pasti disini masih pagi dan baru bangun juga. Jadi siapin kopi, karena artikel kali ini mungkin akan sangat panjang wkwk.

Yahh, saya juga nulis ini sambil minum kopi sih. Buset dah kopi gilus emang the best dah di minum pagi pagi. Malah promosiin barang orang ya wkwk, padahal ngga di bayar :v. Dahlah jadi bahas kopi buat apa dah wkwk.

Apa Itu Internet ?

Ada baiknya kita membahas internet terlebih dahulu sebelum kamu mengetahui apa itu website. Kenapa ? karena website bisa di akses saat kamu tersambung ke dalam internet.

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network adalah sistem untuk komunikasi global yang menghubungkan komputer komputer serta jaringan ada di dunia.

Internet di era digital ini sudah melekat di kehidupan sehari hari, bagaimana tidak jika belajar agama saja sudah dari internet.

Apalagi saat saya menulis artikel ini, sedang terjadi wabah yang melanda dunia yaitu virus covid. Jadi mengharuskan orang orang untuk berdiam diri di rumahnya masing masing.

Semakin gencar pula, internetnya kan wkwk. Ngga tua, ngga muda semuanya memakai internet, namun juga tidak semua bisa mengakses internet, ada pula beberapa bagian yang belum bisa mengakses internet secara stabil bahkan untuk indonesia sendiri.

Internet menurut beberapa ahli :

O’Brien

internet adalah jaringan komputer yang berkembang sangat pesat, dimana penggunaannya bisa membawa dampak positif bagi dunia. Mungkin menurut saya tergantung orangnya sih wkwk.

Berners Lee

Internet merupakan jaringan terdiri dari beberapa jaringan di dalamnya, konsep ini berati jaringan komputer lokal akan tersambung dengan jaringan lainnya.

Tanpa internet website kamu tidak akan bisa di akses.

Pengertian Website

Setelah kamu tau tentang internet, sekarang sudah waktunya kamu mengetahui apa itu website secara rinci dan detail menurut saya yang sudah berselancar kesana kemari.

Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi dalam satu domain dan dapat di lihat oleh kamu melalui internet dan mesin pencari.

Informasi yang di tampilkan dari sebuah website umumnya berisi gambar, tulisan, vidio ataupun ilustrasi.

Website bisa di kelola secara individu ataupun bareng membentuk sebuah tim, grup atau bisnis untuk berbagai tujuan. Banyak yang berfikir apakah blog di internet itu adalah website ? Nih kasih gambaran singkatnya.

  • Website ( web, situs, site, artikel ) adalah tempat central dimana sebuah web page di simpan
  • Halaman website mengandung isi konten pembuatnya

Sebuah website pasti memiliki URL atau singkatan dari Uniform Resource Locator, biasanya di awali dengan www.namadomain gitu atau ngga pakai .com

Nah untuk mengakses website, kamu harus menggunakan alat bantuan seperti chrome, firefox atau edge yang sedang naik daun belakangan ini.

Sejarah Website

Website di temukan pertama kali oleh dua orang jenus yaitu Sir Timothy John dan Tim Berners-Lee. Di tahun 1991 website terhubung melalui jaringan, lalu tujuan dua orang itu menciptakannya adalah untuk mempermudah tukar informasi atau memperbaharuinya kepada sesama peneliti saja. Secara terminologi saat itu hanya sebatas untuk tukar informasi saja.

Web di publikasikan setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 april 1993. CERN di situ menyatakan bahwa web dapat di gunakan secara gratis oleh masyarakat luas. Dan sampai sekarang pun web sudah masuk ke ranah publik bahkan sudah menjadi sahabat sejati orang orang.

Yah begitulah sejarah web, jenius banget kan mereka bisa menciptakan sesuatu yang bahkan sekarang sampai seluruh manusia tidak bisa lepas dari yang namanya web.

Fungsi Website

Buat apa sih, membuat web ? emang apa gunanya situs ? Ada yang punya pemikiran begitu kan. Sayang sekali saya juga dulu pernah berfikir begitu.

Tapi sekarang tau kegunaan web itu apa saja. Kalau website tidak berguna, coba aja kamu tidak bermain sosial media. Bisa ngga ? Paling satu bulan aja juga udah ngga kuat wkwk. Yahh pernah kok rehat sosial media.

Kalau kamu pernah nontonin yutubnya ferry irwandi. Itu juga yang membuat saya mencoba untuk rehat sosial media. Dan boom, cuma 2 bulan pak wkwk. Itu juga masih buka whats app wkwk.

Tapi saya mau berbagi apa saja manfaat dan fungsi dari web. Kenapa kalian harus membuat web akan saya bahas juga. Mulai nih ?

  • Ngeblog
    Kalau kamu adalah orang yang suka nulis, kamu bisa membuat web dengan tema blog, apa itu blog ? blog adalah sumber bahan bacaan yang santai namun bisa menampilkan informasi yang di butuhkan orang orang, seperti saya yang nulis ini juga sedang ngeblog. Gunanya ngeblog adalah untuk mencari trafic sebanyak banyaknya.
  • E-Comercee
    Entahlah tulisannya bener atau ngga, intinya kamu bisa menjual barang secara online. Contohnya aja udah jelas kamu pasti pernah belanja di shopee, tokopedia, bukalapak atau blibli gitu kan. Nahh itu dia manfaaat dan fungsi dari web. Sebagai sarana transaksi jual beli online.
  • Informasi
    Yakin kamu ngga pernah liat berita ? koran gitu ? ohh men, pasti pernah kamu mencari berita di detik.com kompas dan situs berita lainnya kan.
  • Uang
    Ketiga di atas merupakan sub sub, menurut saya kenapa orang orang membuat web fungsi utamanya adalah sebagai penghasil uang wkwk. ya, siapa juga yang tidak tertarik dengan kertas warna warni tersebut sih.

Cara Membuat Website Lengkap

Sejarah udah, fungsi udah, pengertian udah, terus kamu pengin buat web ? Bisa sih, banyak sekali syarat yang harus kamu tempuh untuk membangun web kamu sendiri. Jangan buang waktu kamu seperti saya, kalau patokan kamu adalah membuat web karena uang.

Karena gabut, jadi buat website aja, buat portfolio aja sih. Kayaknya daripada artikel ini semakin kepanjangan mending kasih tau caranya ya. Kamu bisa membuat web ada tiga cara menurut saya. Apa aja min ?

  • Minta Orang Buatin
    Cara ini sebenarnya sangat mudah, karena kamu hanya tingga duduk santai, tidak perlu ribet belajar tau tau web kamu udah jadi. Enak kan, kekurangannya adalah kamu harus bayar wkwk. Ya, developer juga butuh kopi untuk membuat web kamu kali :v. Dan rata rata juga relatif mahal, tergantung fitur yang ingin kamu tawarin ke developernya. Intinya jangan nawar di bawah 100 ribu aja wkwk.
  • Ngoding Sendiri Lah
    Ya, kalo kamu emang pengin membuat web dari awal banget dan mengembangkannya sendiri, kamu harus bisa ngoding dong. Minimal banget kamu harus menguasai html, css, js, php beserta frameworknya wkwk. Keuntungannya kalo kamu ngoding sendiri adalah kamu dengan mudah memantau lalu lintas web kamu sendiri. Kekurangannnya sudah pasti cape ya, kamu harus mencoba mengerti coding bahasa pemrogramman bahkan sampai keamanan web harus kamu pikirin.
  • Pake CMS
    CMS itu apa min, saya taunya PMS. CMS atau singkatan dari Content Management System. Atau web bulder istilah kasarnya kamu bisa membuat web tapi tidak ngoding sendiri. Sama seperti minta orang lain buatin, namun perbedaannya kamu tidak terlalu santai juga. Karena banyak element yang harus kamu perbaiki, contohnya adalah tampilan web kamu harus di sesuaikan dengan selera kamu. Keuntungannya keamanan web yang kamu kelola menggunakan CMS ini keamanannya udah ada yang pegang, jadi kamu tidak perlu pusing soal keamanan.

Contoh Web Builder CMS Populer

Seperti yang di jelaskan di atas, kamu bisa menggunakan web builder untuk membuat website sendiri. Apa aja min web buildernya, boleh dong share. Oke berhubung artikel ini udah lumayan panjang juga. Tanpa banyak b*c*t lagi wkwk gass.

  • Blogger
  • WordPress
  • Wix
  • Medium
  • Drupal
  • Magneto

Dan masih banyak lagi baca aja di artikel sebelah karena mau sarapan wkwk.

Penutup

Jadi begitulah tentang artikel mengupas secara tuntas pengertian website dan cara membuatnya dengan sangat mudah. Ohh ya, terima kasih, sekian. Bye.




Suka dengan artikelnya ? Kamu bisa memberikan dukungan dengan mentraktir kopi atau bagikan artikel ini di sosial media. Supaya admin tidak ngantuk dalam proses pembuatan artikel dan semakin semangat.

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.