apa itu uml

Apa Itu UML Diagram (Unified Modeling Language) Menurut Ahli

UML diagram, apa itu ? Mungkin tidak asing untuk kamu yang menempuh kuliah di jurusan informatika atau di sekitarnya.

Gimana kuliahnya ? udah mulai pusing belum. Atau sedang galau mikirin kapan nyari waktu ngga mager ngerjain skripsinya.

Kalau seperti itu kasusnya maka kita sama persis wkwk. Tapi itulah namanya juga proses yang harunya di lalui oleh mahasiswa. Emm, mungkin lain kali bisa nih bikin artikel tentang kehidupan mahasiswa wkwk.

Dah ahh jangan kelamaan, mari langsung aja kita kupas tuntas apa itu UML.

Pengertian UML Diagram

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

UML diagram adalah alat atau metode yang di gunakan untuk permodelan visual terhadap sebuah sistem perancangan perangkat lunak(software).

Singkatan dari UML adalah Unified Modeling Language. Awal terbentuknya UML itu oleh Object Management Group dan saat itu masih pada versi 1.0 pada tahun 1997.

Agar kamu lebih mudah untuk meresapi pengertiannya, secara singkat dan pada bisa di sebut seperti alur dari software yang ingin kamu buat.

Dengan di buatnya diagram ini mampu mempermudah proses pembuatan software, dan memenuhi semua kebutuhan user dengan efektif dan efisien.

Perlu kamu ketahui juga UML sudah menjadi bahasa standar dalam penulisan blueprint perangkat lunak.

Pengertian UML Menurut Para Ahli

Selain definisinya sendiri, para ahli juga menyimpulkan untuk berbagai pengertian yang bisa di buat untuk acuan skripsimu.

Simak berikut ini pengertian menurut para ahli

Hend(2006)

Unified Modeling Language adalah bahasa yang telah menjadi standar visualisasi, menetapkan, membangun dan mendokumentasikan artifak suatu sistem perangkat lunak.

Adi Nugroho(2005)

UML adalah alat bantu analisis serta perancangan perangkat lunak berbasis objek.

Martin Flower(2005)

UML adalah keluarga notasi grafis yang di dukung oleh meta model 28 tunggal, yang dapat membantu deskripsi dan desain sistem software khususnya sistem yang dibangun dengan pemrogramman berorientasi object.

Tujuan Unified Modeling Language

Kalau kamu memang menanyakan apa sih tujuan dari di buatnya unified modeling language diagram, tentu saja akan saya buatkan beberapa list tujuannya. Simak berikut ini :

  • bisa memberikan bahasa permodelan visual kepada pengguna dari berbagai macam pemrogramman maupun proses rekayasa.
  • menyatukan praktek praktek terbaik yang ada dalam permodelan.
  • memberikan model siap untuk digunakan, merupakan bahasa model visual yang ekspresif untuk mengembangkan sistem dan untuk saling menukar model secara mudah.
  • berguna sebagai blueprint, sebab sangat lengkap

Ya begitulah.

Fungsi UML

Fungsi uml disini ada beberapa. Ya sebenarnya agak mirip dengan tujuan, tapi tidak apa apa, untuk memperpanjang aja artikel kali ini.

  • untuk mengkomunikasikan ide
  • berfungsi untuk melahirkan ide baru
  • melakukan pengujian ide dan membuat prediksi
  • memahami strukture dan relasinya

Contoh UML Diagram

Ada beberapa diagram yang bisa kamu gunakan untuk menunjang pengembangan aplikasi yang kamu buat. Apa aja itu ? Simak beberapa berikut ini.

Use Case Diagram

Ya, untuk yang pertama adalah use case diagram. Untuk pengertian lebih lanjutnya ada di sini. Contoh Use Case Diagram adalah kasus Bank ATM

mesin atm use case
Use Case Diagram

Activity Diagram

Activity diagram ini bisa dibilang diagram yang menunjukan aktifitas yang biasa dilakukan oleh sistem yang sedang kamu buat. Singkatnya diagram ini merupakan diagram yang dapat memodelkan berbagai proses yang terjadi pada sistem.

Activity diagram adalah salah satu contoh diagram dari uml dalam pengembangan dari use case.

Sequence Diagram

Sequence diagram merupakan diagram yang menjelaskan interaksi objek berdasarkan urutan dari waktu. Diagram ini bisa menggambarkan tahapan yang harus dilakukan untuk bisa menghasilkan sesuatu.

Penutup

Tiba tiba ngantuk sekali wkwk. Mungkin udah dulu besok besok akan saya update lagi agar lebih lengkap.

Bye, sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.