apa itu programming

Mengenal Apa Itu Programming Language Secara Lengkap

Taufiksi – Kalau kamu ingin menjadi seorang programmer, harus tau terlebih dahulu apa itu programming dong. Ada banyak sekali yang sudah menjelaskan tentang programming. Dan kali ini saya ingin juga menjelaskan apa itu programming menurut saya.

Bagi mahasiswa baru yang mengambil jurusan informatika pasti mempunyai pertanyaan di dalam benaknya tentang apa itu programming. Kodingkah ? Perkomputeran ? Hacker ? tidak ada yang salah semua persepsi tersebut.

Coding, website, mobile, aplikasi, sistem merupakan topik perbincangan yang sangat hangat bagi mereka yang ada di dunia IT.

Menurut dicoding, programming adalah program, sebuah urutan logika dengan input dan output tertentu. Kita coba analisis, ini pandangan saya tentang programming ya.

Penjelasan Lengkap Programming

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Programming adalah proses menulis, memperbaiki, menguji kemudian memelihara kode kode dalam membuat program komputer.

Kode program tersebut di tulis dalam bahasa pemrogramman tertentu tidak hanya satu macam saja. Kamu bisa membuat sebuah program dengan bahasa pemrogramman yang berbeda mungkin bisa mengembangkan bersama teman.

Sudah semakin jelas kan tentang apa itu programming?

Saat ini banyak sekali bahasa pemrogramman yang berkeliaran di luar sana, bahkan banyak sekali bahasa program baru yang dibuat seringkas mungkin.

Hal ini terjadi karena banyak orang yang mencoba ingin menyederhanakan bahasa program, dengan tujuan pembuatan program semakin ringkas, cepat dan efisien.

Bahasa Programming Yang Banyak Di Pakai Sehari Hari

Sebelum memasuki apa saja bahasa program yang di gunakan orang orang dalam sehari hari kita harus mengenal lebih dahulu logika dan algoritma.

Di sini saya akan menjelaskan secara singkat aja tentang algoritma, selengkapnya akan bahas pada artikel berikutnya.

Algoritma Logika Programming

Algoritma dan logika adalah dua pengetahuan yang menjadi satu di dalam mata kuliah jurusan informatika. Di sini mahasiswa akan di ajari cara berfikir lebih tinggi dan superior dalam memecahkan suatu masalah.

Kamu bisa menemukan jalan keluar yang sesuai dengan logika yang cepat dan efisien menurut penerapan algoritma.

Dalam dunia program, dua hal tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk jalannya sebuah program. Coba aja kamu mengerjakan tugas kuliah atau kerjaan freelance, algoritma ini akan memberimu ide kreatifitas tanpa batas cara menjalankan program.

Apalagi jika kamu mengalami eror, pengetahuan algoritma ini bisa jadi tembok terdepan untuk memecahkan eror tersebut.

Setelah paham tentang algoritma, coabalah untuk memilih bahasa pemrogramman, berikut ini adalah beberapa bahasa pemrogramman yang saya rekomendasikan untuk kamu semua. 5 aja ya wkwk.

Java

Java adalah bahasa program yang sangat kompleks yang menganut paham tingkat tinggi (OOP) dan tersusun dari beberapa kelas. Kita singkat aja deh, tau logo kopi dengan warna biru dan merah ? Pendiri java ini adalah James Gosling saat sedang menyeruput kopi di tengah senja wkwk.

Terlepas dari itu java menjadi bahasa programming yang saat ini masih sangat populer di kalangan programmer dan menjadi andalan, karena bahasa java bisa digunakan di berbagai sistem operasi.

Contohnya android developer, masih menggunakan bahasa java.

PHP

Kalangan programmer pasti pada tau bahasa yang sangat populer ini. PHP populer di kalangan web developer yang di gunakan untuk mengembangkan website besar.

Contoh paling nyata adalah facebook. Ya, facebook yang di kembangkan mark ini menggunakan bahasa php. Karena bagi developer web php adalah bahasa yang seksi untuk mereka kuasai.

Phyton

Phyton adalah bahasa yang multi fungsi. Banyak sekali sekarang kursus tentang materi phyton banyak sekali. Mahal mahal lagi wkwk.

Mereka yang menguasai phyton ada kemungkinan besar untuk ketrima menjadi programmer di perusahaan yang besar besar.

Phyton bisa digunakan untuk data analis, phyton emang paling sering bersinggungan dengan data data. Karena fleksibel bahasa yang di pakainya maka dengan mudah mengeksekusi data.

Kotlin

Kotlin adalah bahasa yang baru baru ini baru di rilis tepatnya sekitar tahun 2017, namun sudah menjadi bahasa utama untuk mengoperasikan android studio.

Selain menjadi bahasa yang baru, kotlin ini termasuk bahasa tingkat tinggi. Sintaks yang dibawanya juga simple tidak seribet java dan mudah di aplikasikan.

C++

Kamu bisa menggunakan bahasa ini, bahkan bahasa pertama waktu kamu berkuliah di jurusan informatika maka yang di pelajari pertama bahasanya adalah ini, C++.

C++ adalah bahasa yang bisa berorientasi object sama seperti java. C++ di kembangkan dari bahasa C, kepopuleran bahasa ini masih eksis untuk pembuatan aplikasi entah itu desktop maupun game.

Cara Cepat Bisa Programming

Selain bahasa, kamu harus memiliki kunci untuk belajar cepat di dunia it ini, seperti beberapa contoh berikut ini :

Berfikir Kritis

Jika ingin masuk ke dunia program, kamu harus di tuntut untuk berfikir kritis. Karena tugas programmer adalah tugas seorang pemikir.

Punya Logika

Logika loh, bukan perasaan. Ngoding pake perasaan ? Coba sendiri kalau bisa coba komen di bawah dah wkwk.

Manfaat belajar programming

Apa aja sih manfaatnya kamu belajar programming ? Simak beberapa poin ini supaya kamu bisa tau apa aja manfaat belajar programming tak terkecuali untuk mahasiswa baru.

Logis

Ketika kamu belajar programming, ini adalah hal wajib benefit yang bisa kamu dapatkan jika belajar programming.

Sistematis

Saat memikirkan suatu hal, kamu pasti akan mempunyai urutan yang sangat runtut bahkan bisa memikirkan sampai ke akarnya, jika ingin memecahkan suatu masalah.

Belajar Memecahkan Masalah

Pemecah masalah terbaik di dunia adalah seorang programmer, karena selain di tuntut untuk sistematis dan logis. Programmer juga di tuntut untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari kemudian di aplikasikan ke dalam program.

Gaji

Tentu bukan lagi menjadi rahasia umum, gaji seorang programmer lumayan untuk membeli sebutir motor wkwk. Tentu saja jika skill yang kamu miliki sebanding maka motor dalam sebulan pun bukan hal yang mustahil.

Teliti

Bagi orang orang teledor, ketika menjadi seorang programmer, dia tetap teledor wkwk. Tapi setidaknya bisa mengurangi sedikit, karena kamu akan kesal jika terjadi eror tapi cuma gara gara satu huruf lupa kapital atau lupa titik dua di akhir codingan wkwk.

Coba saja jika kamu ingin teledor.

Duhhh udah banyak sekali ya hmm padahal cuma bahas apa itu programming wkwk. Dahh ahh cape mau tidur dulu. Sekian.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.