apa itu programmer

Apa Itu Programmer ? Kupas Tuntas Tugas Programmer

Taufiksi – Oy apa kabar ? kali ini kita akan mengupas apa itu programmer dan tugas tugasnya ngapain aja sih. Karena saat ini keseharian kita tidak bisa lepas dari yang namanya aplikasi.

Baik itu aplikasi desktop, mobile dan web. Sobat fiksi pasti tau yang membuat aplikasi aplikasi tersebut adalah orang yang menyebut dengan nama programmer.

Programmer, merekalah yang menciptakan aplikasi tersebut. Tanpa adanya programmer dunia ini tidak akan ada yang namanya aplikasi.

Biar artikel ini tidak kepanjangan, saya akan langsung saja membahas topik kali ini yaitu apa itu programmer.

Apa Itu Programmer ?

Programmer adalah seseorang yang memiliki kemampuan menulis dan merancang sintaks (atau yang disebut dengan kode program) komputer dengan menggunakan bahasa pemrogramman komputer, seperti java, kotlin, php dan lain sebagainya.

Semua aplikasi yang setiap hari sobat fiksi gunakan atau OS (Operating System) yang kita gunakan setiap hari baik itu mobile seperti Android dan iOS, Website dan Desktop di buat menggunakan bahasa pemrogramman komputer tertentu.

Mungkin kamu sering bermain sosial media, namun itu adalah buatan seorang programmer, dia membuat sesuatu dengan segala kreatifitasnya untuk membuat aplikasi tersebut.

Programmer identik dengan anak IT. Karena memang kerjaannya hanya di depan komputer atau laptopnya sendiri, berkutat sampai menjelang pagi.

Tugas Programmer

Kemudian apa aja sih tugasnya ? Jika di lihat dari pengertian tersebut saya bisa mengambil kesimpulan tugas programmer adalah untuk mengembangkan atau menciptakan aplikasi yang meliputi :

  • Ngoding, Menulis kode program
  • Membuat algoritma
  • Merancang flowchart
  • Debbunging, mencari kode yang error
  • Mendefinisikan kebutuhan client atau pasar
  • Test program

Jangan bingung wkwk, sini coba kupas apa saja tugas seorang programmer dibawah ini :

  • Ngoding : Tugas utamanya adalah ngoding. Kuasai bahasa program paling tidak satu, jika lebih itu lebih baik.
  • Membuat algoritma : Sebenarnya, sebelum kamu ngoding akan lebih baik jika kamu sudah menyusun algoritma dan flowchart terlebih dahulu. Untuk mengetahui alurnya akan kemana kodingan yang akan kita tulis.
  • Debbuging : proses ini adalah untuk mencari kesalahan error dari program yang sudah kita tulis
  • Mendefinisikan kebutuhan : Kebutuhan pasar dan client pasti berbeda beda, sobat fiksi harus pintar. Misalnya clent ingin membuat aplikasi mobile maka harus bisa memilih ingin menggunakan bahasa apa saja tools apa saja dengan cepat.
  • Test program : Kemudian sebagai programmer harus testing program yang sudah jadi pengguna, biasanya sebelum di rilis ke publik.

Berapa Gaji Programmer

Di masa ini profesi menjadi programmer memiliki peluang yang cukup banyak. Bukan tanpa alasan hal itu bisa terjadi, karena untuk gajinya sendiri saat ini sangat menggiurkan.

Namun itu kembali lagi pada kemampuan yang dimiliki oleh programmer, wkwk.

Untuk programmer junior (pemula) yang bekerja di perusahaan start up atau menengah keatas bisa mendapat gaji kisaran 4 s/d 8 juta, menggiurkan kan wkwk.

Sedangkan untuk programmer senior dengan skill dan pengalaman yang sudah cukup mumpuni bisa mengantongi gaji 8 s/d 20 juta, Woww.

Apakah Profesi Menjadi Programmer Membosankan ?

Semua profesi yang di lakukan jika bukan hobby atau kesenangan maka akan menghasilkan kebosanan juga. Begitu juga dengan profesi ini.

Lalu jika ada sobat fiksi yang ingin menjadi programmer namun bukan passion nya di dunia proggramming apakah bisa ?

Gampang, nikmati aja hidup dan syukuri apapun profesinya, intinya jika ingin terjun ke dunia IT jangan pernah berhenti belajar karena teknologi selalu update.

Banyak alasan kenapa semua orang ingin menjadi programmer, salah satunya karena :

  • Passion
  • Kebutuhan
  • Gaji yang sangat menjanjikan
  • Kerja bisa di mana saja
  • Peluang kerja yang bagus

Contoh Programmer Yang Sukses

Sobat fiksi pasti sudah tau siapa aja programmer yang sangat sukses di dunia ini, karena orang tersebut sudah berhasil membuat aplikasi yang bisa di pakai oleh milyaran orang.

Jadi siapa saja orang orang tersebut, simak dibawah ini.

  • Mark Zuckerburg : Skill programming yang dimiliki beliau sangatlah epic, Mark bisa membuat facemash yang sekarang berubah menjadi media sosial dengan jumlah terbesar di muka bumi. YA, facebook.
  • Bill Gates : Berkat ketekunannya di dunia programming membuat microsoft perusahaan yang menaungi sistem operasi windows dan microsoft office.
  • Jan Koum : Siapa yang tidak mengenal aplikasi chating terbesar saat ini ? Whatsapp. Aplikasi yang setiap hari 24 jam selalu online yang digunakan umat untuk mengirim pesan, emoticon image dan lain lain.
  • Jack Dorsey : Social media politic ? Ya twitter. Beliau adalah pendiri dari aplikasi twitter.

Gimana cukup menggiurkan untuk menjadi profesi tersebut kan. Tertarik ?

Kayaknya artikel ini udah lumayan pegel ya wkwk, kita tutup aja mungkin ya. Ohh sebentar jika kamu ingin menjadi tukang ngoding maka kamu harus kuliah jurusan informatika atau bisa juga belajar sendiri otodidak.

Dengan mengikuti kursus online juga bisa memperdalam ilmu koding dan lain lain. Contoh kursus yang bisa di ikuti seperti Dicoding, Codepolitan dan lain lain.

Atau bisa juga belajar dari youtube seperti pada chanel Web Programming Unpas dan lain lain.

Apakah Mengejar Karir Dibidang Ini Masih Revelan ?

Tentu saja masih sangat relevan, meskipun sekarang sudah banyak sekali orang yang terjun kedimensi ini, banyak sekali peluang jika memang kamu bersungguh sungguh.

Masih banyak juga kok pemula yang memang sangat serius disini, sebab programming itu menurut mereka sangat asik karena bisa membuat sesuatu.

Bahkan kamu bisa membuat game sendiri dan di mainkan sendiri jika kamu menjadi profesi ini, sangat banyak manfaat jika kamu memang ingin.

Namun kalau kamu gampang menyerah, mungkin saja kamu tidak akan mengejar mimpi tersebut. Tapi kalau kamu gigih untuk terus belajar maka hasilnya tidak akan menghianatimu kapanpun itu.

Jadi mulai sekarang, tidak ada kata terlambat dalam mencoba sesuatu hal yang baik, karena pasti akan mendapat hasil yang setimpal dengan usahamu.

Penutup

Hadeh, saya cape sekali hari ini, mungkin kita sudahi artikel kali ini dan saya bisa tidur dengan tenang tanpa adanya hambatan yang berarti. Sampai jumpa di artikel berikutnya babay.




Suka dengan artikelnya ? Kamu bisa memberikan dukungan dengan mentraktir kopi atau bagikan artikel ini di sosial media. Supaya admin tidak ngantuk dalam proses pembuatan artikel dan semakin semangat.

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.