apa itu kotlin

Apa Itu Kotlin ? Penjelasan Di Lengkapi Dengan Contoh

Taufiksi – Entah kenapa ingin membuat artikel tentang bahasa pemrogramman ya, khususnya kotlin, kali ini ingin mencoba membeberkan apa itu kotlin. Karena ini situs saya jadi random aja pengin bikin apa ya kan. Tapi yang pasti membuat situs ini lebih bermanfaat bagi kamu sobat fiksi.

Basa basi dulu kali ya wkwk. Kenapa saya pengin bikin seri tentang percodingan ? Kan udah banyak tuh situs yang membahas tentang perkodingan.

Terus ? Emang ngga boleh ya, mancing di kolam yang sama ? hmm. Kayaknya udah deh bahas gini wkwk masuk ke kotlin aja ya.

Jadi saya mau tanya, kamu udah kenal sama kotlin atau belum ? Kalau kamu akrab dengan bahasa pemrogramman java, tidak heran jika kamu sudah kenal dengan orang bernama kotlin ini. Ganteng ngga ?

Cerita tentang sejarah kotlin dulu kali ya ? Oke deh. Oh ya, kalau kamu belum tau apa itu coding bisa baca di sini

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Daftar Isi

Apa Itu Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrogramman modern, yang berjalan di atas java virtual machine, kemudian menggunakan compiler LLVM. Apa itu LLVM ?

LLVM artinya adalah dapat di kompail ke dalam kode javascript. Di luncurkan pada bulan mei 2017 dan di jadikan bahasa utama dalam pengembangan aplikasi android.

Kotlin banyak sekali di gandrungi oleh programmer android akhir akhir ini, bahkan sudah masuk ke mata kuliah kampus IT di indonesia. Karena yaa tadi itu sudah di nobatkan sebagai bahasa utama developer android.

Mau tau siapa pengembang bahasa pemrogramman satu ini ? Salah satu perusahaan yang juga mengembangkan tools android studio, yaitu jetbrains.

Kenapa Jetbrains menamakan bahasa ini dengan sebutan kotlin ? kenapa bukan ganteng misalnya wkwk, mungkin kalo dari Indonesia bakalan di namai seaneh mungkin.

Baca Juga :
Cara Memulai Karir Menjadi Freelancer Profesional
Apa itu coding

Seperti pada java, kotlin juga di ambil dari sebuah pulau yang di situ terdapat markas jetbrains ini. Pertama kali di rilis pada versi 1.0 di tahun 2016 bulan februari.

Fungsi Kotlin

Di kampus kampus bahkan sudah masuk semua bahasa ini, termasuk kampus saya. Mata kuliah untuk pemrogramman perangkat bergerak ini menggunakan kotlin.

Jadi bisa di simpulkan fungsi kotlin adalah untuk membuat dan mengembangkan aplikasi android dengan sangat simple dan tidak ribet menggantikan java.

Contoh Program Kotlin

Dengan sangat sengaja membuat vidio no edit no cut jadi akan terlihat betapa bodohnya wkwk. Ingin aja membuatnya agar terlihat estetik dan juga kamu bisa melihat apa yang terjadi saat error ya kan.

Baca Juga : Cara membuat website dengan cepat

Ya begitulah, saya nulis ini tengah malem wkwk dan udah ngantuk banget dah wkwk. Nih saya kasih codenya.

fun main(){
    print("Hello Kotlin")
}

Simple kan, kalau di banding kan java waaaahhh ngga tau dah yang pasti java itu panjang banget untuk hanya sekedar menampilkan hello kotlin. Nih vidionya kenapa tadi bilang ada yang error dan cara menyelesaikannya.

Yahh begitulah, simple as that.

Download Kotlin

Kamu bisa mengintal jdk sesuai versi yang kamu mau, di sana terdapat versi 16, 11, 8 dan lain lain kalo ngga salah ingat. setelah ini kamu sudah bisa menggunakan kotlin.

Kamu bisa ngoding kotlin menggunakan IDE keluaran jetbrains. Bisa sih ngoding menggunakan visual studio code, tapi ya lebih ribet kayaknya harus mikirin compile dan gimana mana. Kalo pake IDE keluarannya langsung ngga mikirin gituan wkwk.

Alasan Kenapa Wajib Kotlin

Seperti yang sudah di jabarkan di atas, kotlin sudah di nobatkan sebagai bahasa utama dalam pengembangan android developer. Banyak sekali programmer android yang membuat tutorial dan memperbaharui tutorial mereka dan menggantinya menggunakan bahasa ini.

Bahasa kesayangan android developer ini sudah mulai banyak di gunakan oleh aplikasi ataupun perusahaan besar yang ada di indonesia. Contoh perusahaan yang menggunakannya, Gojek, Slack, Pinterest, Trello, Netflix, WordPress dan masih banyak lagi.

Selain kotlin tampak modern sekali dan cakep gitu bahasanya, mungkin sekilas mirip dengan phyton ya, cuman bedanya lebih simple phyton sedikit.

Bahasa pemrogramman satu ini sangat powerfull untuk pengembangan android dan sangat cocok untuk kamu yang berprofesi sebagai android developer.

Namanya teknologi mungkin tidak akan pernah putus, jadi kamu yang menjadi android developerlah yang harus menyesuaikan dengan teknologi yang di rilis, apapun itu.

Begini kenapa kamu harus bahkan wajib belajar kotlin. Mungkin masih agak panjang artikel ini jadi siapkan kopi aja dulu wkwk.

Ekosistem yang Stabil

Sudah melalui banyak sekali tahapan yang panjang sebelum rilis versi 1.0 di tahun 2016, pengembangannya saja dari tahun 2010 silam. Sudah pasti dan tidak bukan mengalami banyak sekali kesabaran dan ketelitian dalam membuatnya.

Bahasa pemrogramman ini bukan lagi dalam keadaan yang abal abal buktinya kampus kampus sudah mulai menggunakan. Artinya sudah bisa di gunakan untuk produksi.

Setiap hari selalu ada saja library yang baru untuk mempermudah juga pengembangan aplikasi android kamu.

Open Source

Bahasa pemrogramman ini juga merupakan bahasa yang open source, bisa di akses secara gratis, enak kan tinggal pake dah. Namun kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam pengembangan bahasa ini.

Selain android, juga bisa di gunakan untuk pemrogramman web ataupun server. Bahkan sedang dalam tahap untuk mengungsung developer iOS wkwk, dengan native nya.

Otomatis Android Studio

Ya, ini di sebabkan karena sudah menjadi bahasa utamanya android studio, di resmikan oleh googlenya sendiri.

Kotlin terintegrasi dengan sangat sempurna di android studio. Karena keduanya di kembangkan di satu perusahaan yang sama.

Sangat Mudah Di Pelajari

Selain karena simple, dengan sintaks yang sederhana dapat membuat developer android jatuh cinta melebihi ke bahasa pemrogramman java.

Kalau kamu sebelumnya dari programmer java, dan ingin mencoba coba bahasa ini, tidak akan mengalami kesulitan yang sangat berarti.

Dan seperti yang di bilang di atas, bahwa hampir mirip seperti phyton, tidak menggunakan akhiran ; . Yang mana itu akan meminimalisir kamu bila terjadi human error wkwk.

Aman Dari Error

Salah satu error yang sering di temui oleh programmer java adalah masalah null pointer exception, yahh hal ini yang bisa menyebabkan aplikasi mengalami crash.

Baca Juga : Cara menjadi android developer

Namun di kotlin kamu bisa mengatasi hal tersebut. Caranya ? besok besok di bikinin, ini udah terlalu panjang deh artikelnya wkwk.

Banyak Perusahaan Yang Mulai Menggunakan Kotlin

Sudah dijelaskan juga siapa aja yang menggunakan kotlin untuk pengembangan perangkat lunak perusahaan mereka. Yaa seperti gojek, pinterest, netfix. Intinya perusahaan besar udah mulai pada make teknologi ini.

Masa kamu engga ?

Beriringan Dengan Java

Kamu tau namanya sulap ? coba deh kamu masukan kode java tapi kamu menggunakan kotlin, itu akan otomatis merubah kode javanya. Begitupun sebaliknya.

Ngga percaya ? coba aja. Ini terjadi karena kotlin di buat satu mesin dengan java.

Dimana Kamu Belajar Kotlin

Kamu bisa belajar di situs web atau youtube, nih saya kasih beberapa course yang bisa kamu ikuti untuk belajar bahasa pemrogramman ini.

Ngatuk Boy

Udah dulu kali ya, hmm saya ngantuk wkwk. Mau tidur dulu. Ketemu lagi di artikel berikutnya. bye.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.