apa itu firebase

Apa Itu Firebase ? Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangan

Taufiksi – Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat artikel tentang firebase, mengenai pertanyaan apa itu firebase dan lain lain.

Apa itu Firebase

Tapi karena saya sedang tidak enak badan jadinya baru sempat kali ini. Tapi tidak apa apa ayng penting bikin sih wkwk. Alasan kenapa saya ingin membahas firebase adalah saya di chat sama teman saya, sesimpel itu wkwk.

Skripsi keteteran malah ngeblog, emang ya dasar mahasiswa. Ohh ya, sebelumnya saya juga sudah mengalami sebuah mata kuliah yang membahas tentang firebase.

Kalau ngga salah tuh waktu itu pada mata kuliah pemrogramman bergerak. Ya, simplenya ngoding android dan menggunakan kotlin kemudian firebase.

Di antara kamu pasti ada yang ingin menjadi android developer jadi tidak heran jika kamu menemukan artikel ini.

Memang benar saat ini banyak bermunculan database dengan basis NoSQL, salah satunya yaitu yang akan kita bahas kali ini.

Dengan membuat aplikasi android tentunya kita harus menggunakan menggunakan database karena untuk menampun data. Hal tersebut mengharuskan kita untuk memilih database apa yang cocok untuk aplikasi yang kita buat.

Ada beberapa database yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi android yaitu :

  • SQLite
  • MySQL
  • Firebase

Firebase sendiri beberapa tahun belakangan mulai di kenal dan digunakan oleh para developer termasuk dari indonesia, dan tentunya kamu juga bakalan memakainya selepas dari sini.

Teknologi tentunya berkembang semakin cepat dan tentunya sangat memudahkan programmer.

Saya yakin kamu sudah mulai menggunakan firebase, dan mungkin saja sedang mencari apa saja kelebihan dan kekurangan dari firebase.

Atau malah kamu belum tau kegunaan dari firebase itu sendiri ? Mungkin saja kamu berkunjung di sini merupakan hal yang tepat, karena kita akan membongkar semua seluk bekuk database ini.

Apa Itu Firebase ?

Menurut dari bacaan di wikipedia, Firebase adalah salah satu layanan dari google yang bisa memudahkan para developer dalam mengembangkan aplikasi mereka. Firebase juga termasuk dalam kategori Baas(Backend as a Service).

Dengan kata lain, kalau kamu menggunakan firebase, app developer bisa fokus dalam mengembangkan aplikasi tanpa harus memberikan effort yang sangat besar untuk urusan backend. Karena sudah di pegang oleh firebase.

Firebase pertama kali di dirikan oleh James Tampilin pada tahun 2011 yang bernama Evolve. Evolve sendiri adalah sebuah startup yang mengembangkan aplikasi yang saling terintegrasi.

Kemudian pada perusahaan ini pada tahun 2014 di akuisisi oleh google dan sampai saat ini berbagai fitur terus di kembangkan.

Namun, firebase menurut google adalah sebuah database yang digunakan secara realtime dan merupakan cloudhost database.

Bahkan data yang di hasilkan firebase adalah berupa data JSON yang nantinya terhubung dengan komputer kita.

Google mengenalkan firebase pertama kalinya pada tahun 2016 tepatnya pada bulan mei di acara tahunan Google I/O. Firebase saat ini sudah di gunakan untuk berbagai jenis kebutuhan aplikasi android, iOS bahkan websitepun bisa menggunakan firebase.

Dulu firebase memberikan service trial atau percobaan, tapi saat ini kita bisa memanfaatkan dan menggunakan layanan firebase secara gratis, tapi tentu saja kan ya yang namanya gratis pasti banyak keterbatasan.

Cari Tau : Laptop Bisnis Terbaik

Layanan gratis yang tersedia dari firebase ada dua pilihan diantaranya :

  • Spark
  • Blaze

Untuk tau lebih lengkap kamu bisa mengunjungi website firebasenya langsung.

Fitur Firebase

Mungkin kamu emang sudah menggunakan firebase tapi belum mengetahui apa saja fitur fitur yang ada di dalamnya dan tidak tau cara menggunakannya.

Maka dari itu kita akan mencoba membahas tuntas tentang fitur fitur di dalamnya.

Analytics

firebase analytics
Source Unsplash

Firebase analytics adalah salah satu fitur yang digunakan sebagai koleksi data dan reporting untuk membuat aplikasi android ataupun iOS.

Koleksi datanyapun bervariasi, contohnya kamu bisa membuat laporan atau report untuk pengguna aplikasi di negara indonesia saja. Atau mungkin negara lain seperti singapura.

Bahkan ada juga laporan untuk bisa melihat bagian mana aja aplikasi yang kamu buat paling sering di gunakan oleh user.

Analytics punya kelebihan yang memungkinkan kita bisa membuat segmentasi user berdasarkan user atribut. Apa itu user atribut ?

User atribut adalah suatu parameter yang bisa di gunakan sebagai filter yang bertujuan untuk notifikasi dan reporting. Contohnya seperti pada aplikasi olshop.

Dengan user atribut, kamu bisa tau berapa jumlah user yang menggunakan samsung misalnya, ini ngga diendors samsung ya wkwk. Bahkan kamu juga bisa mencari tau jam berapa user menggunakan aplikasimu.

Firebase Cloud Massaging And Notification

Fitur ini menyediakan koneksi yang handal dan tentunya akan menghemat baterai atau server antar device. Sehingga kamu bisa mengirim dan menerima pesan serta notifikasi di android tanpa biaya sedikitpun.

Kalau ingin menargetkan pesan lanjutan, kamu bisa menargetkan pesan dengan mudah menggunakan segment yang telah di tentukan sebelumnya yaitu demografi dan behavior.

Kamu bahkan bisa menargetkan pesan ke perangkat yang telah berlangganan pada topik tertentu. Dan juga kamu bisa targetin hanya pada satu perangkat untuk mendapatkan informasi data yang lengkap.

Fitur ini juga tersambung pada fitur analytics sehingga kamu bisa memiliki akses pada interaksi dan tracking konversi secara detail.

Kamu bisa memantau suatu efektifitas dari satu dashboard tanpa perlu ngoding lagi.

Authentication

Fitur ini adalah fitur yang sering di pakai oleh para developer, kenapa begitu ? Firebase authentification adalah salah satu layanan backend untuk android dan iOS dengan SDK yang mudah di gunakan.

Bahkan tampilan interface yang siap di pakai untuk mengautentifikasi user ke aplikasi yang kamu buat. Fitur ini biasa di gunakan untuk login bahkan register.

Firebase authentification mendukung nomor telepon, sandi bahkan kamu bisa menggunakan intregrasi layanan seperti login menggunakan google atau facebook dan lain sebagainya.

Authentification ini juga saling terintegrasi dengan fitur firebase lainnya.

Cloud Firestore

Database yang bersifat fleksibel dan sangat terukur untuk pengembangan aplikasi seperti mobile dan website dan server di firebase dan google cloud platform.

Cloud firestore ini akan membuat datamu tetap terkoneksi di aplikasi user melalui listener realtime dan menawarkan layanan secara offline untuk aplikasi mobile dan web.

Dengan ini kamu bisa membuat aplikasi yang powerfull, resposif dan bisa bekerja tanpa bergantung pada latensi koneksi internet.

Cloud firestore ini termasuk kedalam database NoSQL yang di hosting di cloud dan bisa di akses melalui SDK real oleh berbagai platform.

Real Time Database

Fitur realtime database yaitu database yang di hosting di cloud, yang nantinya data akan di simpan sebagai JSON kemudian di sinkronkan secara realtime ke setiap client yang sudah terhubung.

Saat kamu membuat aplikasi lintas platform dengan SDK Android, iOS maupun web, semua client akan berbagi sebuah intance realtime database dan menerima update data terbaru secara otomatis.

Adapun kemampuan lain dari realtime database ini yaitu tetap responsif bahkan saat offline karena SDK realtime database akan menyimpan data langsung ke disk device.

Setelah perangkat terhubung kembali dengan internet, perangkat user akan siap menerima perubahan yang terjadi.

Firebase Hosting

Suatu layanan hosting untuk website, hanya dengan satu instruksi. Kamu bisa mengimplementasikan aplikasi website serta menyajikan konten statis maupun dinamis ke CDN.

Kegunaan dari fitur ini sendiripun bisa menayangkan konten melalui koneksi yang begitu aman, mengirimkan konten dengan cepat dan mendukung semua jenis konten untuk di hosting.

Kamu bisa memasukan file seperti HTML dan CSS bahkan hingga API atau layanan mikro Express js.

Integrasi Firebase

Kamu juga bisa mengintegrasikan dengan beberapa tools lainnya seperti :

  • Google Ads
  • Admob
  • Playstore
  • Slack
  • dan masih banyak banget

Kelebihan Dan Kekurangan Firebase

Karena setiap yang ada di dunia ini adalah buatan manusia, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tidak terkecuali untuk firebase sendiri.

Kelebihan

Yang pertama kita akan membahas tentang kelebihannya terlebih dahulu, apa saja kelebihannya ?

  • Adanya versi yang gratis dan bisa diakses oleh kamu. Dengan begitu developer bisa mencoba menggunakan firebase untuk waktu yang tidak terbatas.
  • Cepat dan resposif
  • Sudah menggunakan JSON jadi tidak perlu menggunakan SQL
  • Bisa digunakan di berbagai platform seperti android, iOS, Java, Javascript, Kotlin.
  • Userfriendly
  • Memiliki dokumentasi yang lengkap juga customer support yang sigap menjawab permasalahan dari developer.

Kekurangan

Karena ini buatan manusia pasti ada paling tidak ada satu kekurangan, kecuali firebase ini adalah buatan tuhan.

  • Versi gratis terbatas hanya memberikan 100 koneksi dan storage sebesar 1 GB.
  • Data yang di simpan bukan dari host milik kita sehingga akan menjadi mustahil untuk merecovery nya.
  • Aplikasi yang menggunakan database secara terpusat yang dapat di update oleh user, dan menyebabkan overkill

Contoh Aplikasi

Kemudian kalau kamu masih ragu untuk menggunakannya saya punya beberapa aplikasi yang sudah menggunakan fitur fitur tersebut.

  • Duolinggo : Aplikasi belajar bahasa
  • Wattpad : Penggemar baca baca cerita pasti tau aplikasi ini.
  • Alibaba : E comerce yang berfokus pada B2B
  • Dan masih banyak lagi.

Penutup

Hehe, banyak sekali ya sekarang, semoga kamu betah dah baca yang panjang panjang. Mungkin sudah dulu ya, saya sedang tidak enak badan wkwk.




Suka dengan artikelnya ? Kamu bisa memberikan dukungan dengan mentraktir kopi atau bagikan artikel ini di sosial media. Supaya admin tidak ngantuk dalam proses pembuatan artikel dan semakin semangat.

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.