apa itu content writer

Apa Itu Content Writer, Kupas Tuntas, Gaji Tugas, Skill, Contoh

Haduh, saya lagi bete banget gara gara lupa ngga ngerjain uas, yaudah lah dari pada uring uring ye kan, mendingan bikin artikel dan kali ini saya punya topik yang menarik yaitu apa saja tugas content writer serta gajinya.

Hmm kayaknya mendingan cerita dulu deh kenapa saya pengin bahas content writer. Ya selain saya udah riset juga yang lagi nyari pengertian, tugas bahkan gaji untuk seorang content writer. Tentu saja itu juga poin penting, namun saya juga penasaran juga apakah saya juga content writer ?

Mungkin termasuk kali ya, cuma saya bikin content nya di situs yang di kelola secara pribadi. Pengin sih punya tim, yah mungkin beberapa tahun lagi lah ya wkwk. Jalanin aja sendiri dulu, tapi saya juga keteteran hmm sampe uas aja lupa ngga di kerjain wkwk.

Yahh semoga ngga ngulang aja mata kuliahnya ya hmm. Oke, temen temen saya banyak kali yang udah melabeli dirinya menjadi seorang content writer, maka dari itu saya juga tertarik untuk membahas apa sih pekerjaan content writer, emang berapa gaji content writer. Hmm, penasaran kan. Sama

Setelah saya menjelajah di internet yang cukup lama, ternyata simple banget cuy pengetian content writer. Memang menjadi penulis sekarang kata orang cukup menggiurkan wkwk. Belum tau aja, berdarah darahnya otak buat berimajinasi haha.

Tapi tenang, kalau kamu memang serius ingin melabeli diri kamu menjadi content writer maka saya akan mengupas tuntas sampai ke akar akarnya untuk kamu hehe.

Ohh ya, kamu pasti pernah mendengar juga copywriter kan, nah saya akan coba melakukan perbandingannya di akhir artikel ini.

Sekilas memang terlihat sama jika di perbandingkan secara halus, namun ada beberapa yang membedakan antara content writer dengan copywriter.

Apa Itu Content Writer ?

Gambaran umum jika di jelaskan, Content Writer adalah seorang penulis profesional yang menulis konten di website atau situs situs artikel dan di publikasikan ke internet.

Seperti saya yang menulis artikel seperti ini yang sekarang di baca oleh sobat fiksi. Namun ada juga yang mempublisnya di social media, yahh apapun itu asalkan di terbitkan online.

Ada salah satu yang mungkin membuat saya tidak bisa di kategorikan menjadi content writer, karena saat kamu menjadi content writer, kamu harus bisa juga menyelaraskan gambar dengan content yang kamu buat.

Tidak seperti saya yang gambar asal asalan wkwk. Gambar dan isi tidak ada sambungannya sama sekali, tapi tidak apa apa, bodo amat juga sih wkwk.

Content writer ini di haruskan untuk memutar otak, kenapa ? karena untuk membawa suasana di dalam artikel yang dibuatnya. Sehingga kamu sebagai pembaca merasa nyaman, pokoknya gitu deh.

Tentu, menjadi content writer mempunyai tanggungan untuk memikirkan trafic yang datang ke website, entah itu website perusahaan ataupun buatan sendiri.

Ubah Tampilan Blog

Tampilan blog cuma gitu gitu aja ? Mungkin kamu perlu mencoba beberapa template untuk menambah suasana baru di blog yang kamu miliki.

Jenis Content Writer

Jangan salah, menjadi content writer juga ada jurusannya, kamu harus memilih agar lebih fokus ingin terjun kemana, nih saya kasih tau beberapa jenis content writer, yang saya lansir dari situs upwork

SEO

Content writer bergenre SEO ini bertugas menulis konten dengan menyisipkan keyword di aturan per SEOan wkwk. Sebab, jika sebuah konten tidak tidak atur untuk masuk ke dalam komunitas SEO. Bisa apa?

Mau di baca dan di lihat oleh siapa ? SEO bertujuan untuk menampilkan artikel di halaman pertama google, sehingga mudah untuk mendapat trafic.

Dengan banyaknya trafic ini sangat menguntungka website, apalagi jika kamu punya bisnis di website kamu atau sudah di pasangi adsense.

Yah seperti yang kamu ketahui, situs saya belum ada adsense wkwk, jadi buat apa saya buat artikel ? Ya karena pelampiasan aja, atau lebih baik di pasang adsense ya ?

Jurnalis

Pasti yang kamu pikirin tentang jurnalis pasti udah menjurus ke artikel artikel berita kan. Betul, tapi jurnalis juga bisa menulis tentang yang santai santai dah.

Jurnalis biasanya menulis bisa dalam bentuk entertaiment atau feature, ini berguna untuk menghibur pembaca. Namun lebih seperti reporter, yang dalam bidang jurnalistik bekerja di portal berita.

Generalist

Content writer jenis ini biasa di perintah untuk membuat konten sebanyak banyaknya dan tidak di patok untuk tema apa aja.

Secara umum, generalist juga menulis dan membuat konten yang hanya bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan sebuah brand. Namun, generalis juga harus tetap bertanggung jawab apapun yang di tulis tersebut.

Technical

Technical writer adalah orang yang berkemampuan tinggi dalam menginformasikan yang sangat kompleks ke dalam tulisan dan lebih di mengerti oleh orang awam.

Biasanya, menulis untuk konten product.

Sosial Media

Instagram aja kita ambil sebagai contoh. Kamu pernah kan liat postingan feed yang berisi dengan koten yang seru ? Nah content tersebut di tulis oleh social media writer.

Konten yang di tulis pun harus selalu update, dan harus menarik impresion brand tersebut. Kamu juga harus di tuntut untuk mengikuti trend paling baru. Harus terjun ke dunia algoritma wkwk.

Tugas Content Writer

Kamu harus tau tugas content writer itu ngapai jika kamu ingin terjun memposisikan diri sebagai profesional di bidang ini.

Berikut taufiksi lansir juga beberapa tugas konten writer dari berbagai situs yang saya rangkum.

  • Mengelola Artikel Website Perusahaan
    Banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan profesi menjadi content writer, tugasnya di situ adalah membuat dan mengupdate artikel rutin di website perusahaan tersebut.
  • Membuat Deskripsi Produk
    Banyak sekali perusahaan toko online yang sedang naik daun, dan tugas seorang content writer di sini adalah membuat deskripsi produk yang menarik pelanggan untuk membeli produknya. Penulis juga harus paham apa saja spesifikasi produk tersebut
  • Melakukan Riset Artikel
    Risetlah jika kamu ingin menjadi profesi ini, kamu harus tau apa yang sedang trending di platform manapun itu. Setelah kamu riset dan mendapatkan data, lalu buatlah artikel sesuai riset yang kamu dapatkan.

Tanggung Jawab Content Writer

Profesi ini sebenarnya cukup mudah namun banyak tanggung jawab yang harus di pikul oleh mereka, apa aja tanggung jawab itu ?

  • Membranding Perusahaan
    Kamu harus menulis untuk membuat branding perusahaan tersebut, kamu juga di haruskan untuk membuat artikel mengenai perusahaan tersebut juga. Susahnya di sini adalah kamu harus fokus pada satu perusahaan, yang pasti di larang membawa produk dari perusahaan lain apalagi kompetitor.
  • Meningkatkan SEO Perusahaan
    Kamu juga di haruskan untuk meningkatkan artikel SEO agar trafic masuk. Seperti yang di jelaskan di atas, kamu harus menaikan SEO jika kamu ingin di gaji wkwk. Karena kalau SEO jelek, perusahaan juga belum dapat untung juga.
  • Monitoring Statistik Artikel
    Artikel yang kamu publish juga harus di pantau jika ada beberapa artikel yang kurang dalam SEO, segera perbaiki, dan buat agar lebih SEO lagi.

Skill Content Writer

Setiap profesi pasti harus memiliki skill yang sangat bagus, tak terkecuali dengan profesi ini, berikut ini adalah skill penulis yang wajib di miliki. btw, skill itu termasuk dalam hobby ngga ? mungkin termasuk ya.

Ahli Menulis

Kalau kamu tidak ingin menulis ya udah jangan harap ingin berprofesi writer hmm, karena kamu akan kesulitan jika kamu tidak ahli dalam menulis.

Tidak hanya sekedar merangkai kata, kamu harus bisa memakai bahasa yang user friendly, ya karena artikel yang kamu tulis itu di baca orang lain, jadi jangan menggunakan bahasa yang di mengerti sendiri. Jangan seperti saya ya wkwk.

Meriset

Percuma juga kamu ahli dalam menulis tapi kamu tidak bisa melakukan riset kata kunci yang sedang trending. Karena tulisanmu akan jadi tidak bermanfaat jika kamu tidak riset.

Seperti artikel yang saya tulis ini, saya riset terlebih dahulu apa saja yang di butuhkan untuk menulis artikel ini.

Imajinasi

Imajinasi penting sih, kamu harus punya refrensi yang banyak, supaya kamu punya banyak sekali topik yang ada di otak kamu.

Kalau banyak topik, pasti kamu dengan mudah membuat artikel yang banyak dan tidak stak di sini aja.

Dasar SEO

Gunakan google tren untuk melihat sesuatu yang sedang trending. Banyak sekali dasar dasar SEO yang perlu di pelajari, kalau di jelaskan di sini masa tambah panjang banget ini artikel dah.

Gaji Content Writer

Hmmm udah cape banget sih, tapi masih ada dua sub judul yang ingin saya tullis, atau dua terakhir ini aja kali ya. Saya mau nonton film habis ini wkwk.

  • Full Time
    Gaji penulis full time ini lebih besar setidaknya melebihi UMR gaji di tempat kamu. Kalau di perusahaan biasanya profesi ini di gaji sekitar 4 sampai 5 juta.
  • Freelance
    Profesi menjadi freelancer adalah profesi yang banyak di gandrungi oleh kalangan milenial di era ini. Menjadi content writer ini di dunia freelance bisa mencapai 2 sampai 4 juta per project.
  • Branding Sendiri
    Nah kalau ini, kamu bisa membuat penghasilan sendiri. Seberapa banyak gaji yang kamu dapat tergantung kualitas kamu.

Perbedaan Content Writer dan Copy Writer

Sebelum tau perbedaannya kamu harus tau copywriting adalah pada dasarnya melibatkan penulisan konten tapi untuk menarik consumen.

Ya, seperti pembuatan iklan, contoh copy writing adalah iklan sprite, gimana ya wkwk, mungkin gini segarkan harimu dengan sprite. Gitu mungkin ya wkwk.

Intinya profesi ini berfokus pada brand dan menunjukan kepada pembaca mengapa brand tersebut relevan dan cocok untuk di gunakan.

Tulisan seorang copywriter ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan yang di inginkanya.

Penutup

Udah dulu kali ya, saya mau istirahat wkwk. Sekian, sampai ketemu di artikel berikutnya, bye.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.