apa itu coding

Apa Itu Coding ? Pengertian Beserta Contoh Website Belajarnya

Apa Itu Coding ? – Sebuah pembahasan yang sangat menarik, karena berkaitan dengan pemrograman. Dan pastinya banyak yang membaca artikel ini bukan dari background IT. Karena hal tersebutlah saya memperbaharui artikel ini dengan bahasa yang lebih mudah untuk di mengerti oleh banyak orang termasuk yang belum paham coding.

Taufiksi – Dulu saat saya baru masuk dan menyandang gelar mahasiswa, sama sekali tidak tau apa itu coding. Karena emang bukan berasal dari SMK atau sekolah yang dengan basic IT. Tapi emang berasal dari SMA yang basicnya pengetahuan umum seperti biologi dan lain lain. Tapi semenjak masuk ke kuliah yang jurusan informatika, wah semuanya berubah total.

Dari yang pertama kali belajar C++ pas semester satu sampai machine learning dan masih banyak lagi. Semua mata kuliah informatika di pelajari dengan ngoding. Tapi tidak semua sih mata kuliah yang ngoding, kayak fisika ngga mungkin ngoding kan. Kalau kamu ingin masuk IT supaya lepas dari matematika dan fisika, kamu salah jurusan.

Di jurusan IT kamu akan belajar semuanya mulai dari fisika, matematika, coding, server, jaringan, AI dan segala macemnya. Kalau kamu tau apa itu coding pasti kamu akan ketagihan untuk mencobanya sendiri. Tapi kalau kamu udah tau coding siap siap aja kalau kamu di tanyain anak tetangga bisa ngehack intagram apa ngga ato paling ngga ngehack NASA.

Banyak sekali yang tanya tanya seperti itu dan minta tolong ke anak anak IT. Tapi itu emang suka dukanya anak IT sih, kalau ngga ada yang seperti itu mungkin ngga akan asik dunia perkodingan. Tapi kayaknya udah kelamaan nih pembukaannya.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Isi Artikel

Kenapa Mahasiswa IT Identik Dengan Coding ? Emang Apa Itu Coding

Saya juga tidak tau pastinya kenapa persoalan kenapa mahasiswa IT sangat identik dengan perkodingan. Tapi satu alasan yang emang mungkin bisa masuk akal yaitu karena rata rata mahasiswa IT sangat suka sekali pamer di story dengan setup pc dan di monitornya terpampang sangat jelas bahwa dia sedang melakukan kegiatan coding mengoding.

Jadi tidak heran kalau stereotype masyarakat menganggap bahwa semua mahasiswa IT jago coding. Ngga masalah sih, tapi kasian juga sama mahasiswa yang ngerasa salah jurusan, karena tidak bisa ngoding. Biasanya mahasiswa tersebut berada di perengahan semester ke semester akhir. Mulai agak goyah tuh imannya.

Dulu juga sempat sih saya ngerasa salah jurusan, bahkan dari awal kuliah. Karena emang sama sekali ngga tau apa apa tentang coding. Masuk jurusan ini karena tuntutan orang tua, jadi prinsipnya adalah kalau sudah kepleset mendingan berenang dari pada tenggelam kan.

Bukan berarti sekarang saya adalah dewanya coding, kek apa banget ya di anggap dewa. Tapi cuma ingin berbagi aja sih, siapa tau kan bermanfaat bagi yang ingin tau lebih banyak pengertian coding, cara ngoding bagaimana, sampai belajar coding dimana aja mungkin akan saya jabarkan selebar lebarnya di bawah sana.

Rata rata mahasiswa IT yang saya temui menganggap kalau coding itu di jadikan hobby untuk mereka, hal itulah yang menyebabkan mahasiswa IT tidak merasa terbebani dengan kehadiran coding di dunia ini. Mari kita jabarkan sebenarnya pengertian coding itu apa sih.

Pengertian Coding

Coding adalah sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh programmer dalam menerjemahkan logika menjadi bahasa pemrograman dan menulisnya. Jadi misalnya nih kalau kamu punya sebuah logika memetik mangga tetangga, nah tugasnya programmer adalah menerjemahkan logika tersebut ke dalam sebuah code, itulah yang di sebut dengan coding.

Tapi sebelum membahas mengenai bahasa pemrograman, saya ingin membahas logika aja dulu. Karena logika yang lebih penting daripada coding, seperti contoh tadi kamu yang ingin memetik mangga tetangga logikanya bagaimana supaya kamu bisa berhasil memetik mangga ?. Pikir sendiri deh wkwk.

Nantinya kamu akan mendapatkan mata kuliah tentang logika terlebih dahulu sebelum kamu menulis kode atau skrip. Mata kuliah yang saya masih ingat tentang logika adalah berfikir komputasi. Disana kamu akan belajar bagaimana logika berjalan secara runtut.

Logika sangat penting, karena kamu harus di wajibkan untuk terus berfikir caranya memecahkan masalah, yang sulit adalah bagaimana logika kamu berjalan untuk memecahkan masalah. Kalau kamu udah bisa memecahkan masalah secara runtut baru kamu bisa ngoding.

Karena ngoding sebenarnya sangat mudah, kamu hanya tinggal menguasai satu atau bahkan lebih untuk menerjemahkan logika menjadi barisan code yang sangat memusingkan. Kalau udah bisa ngoding kamu layak di sebut dengan programmer meskipun hanya bisa menulis hello world di berbagai bahasa pemrograman wkwk.

Pengertian Bahasa Pemrogramman

Udah mulai tertarik dengan coding apa belum nih ? gaji programmer gede loh apa lagi kalau kamu bisa full stack atau bisa semua bahasa pemrograman. Kalau kamu ingin memulai coding hal pertama yang harus di lakukan adalah memilih bahasa pemrograman.

Ada berbagai macam bahasa pemrograman yang bisa kamu gunakan tapi semua itu tergantung kebutuhan. Bahasa pemrograman yang di gunakan untuk membuat aplikasi mobile seperti android dan iOS aja sudah beda apalagi mobile dengan website dan bahkan desktop sudah pasti beda beda.

Kalau kapasitas otakmu mencukupi untuk di isi semua bahasa pemrogramman yang ada di dunia mungkin kamu bisa mennyandang gelar dewa coding. Tapi saran saya kalau kamu masih sangat awam tentang coding bisa mempelajari satu dulu bahaa pemrograman, contohnya seperti C++ atau kotlin bahkan kalau mau coba php. Dengan kamu menguasai php mungkin kedepannya bisa berkembang lebih banyak lagi karena bahasa pemrograman website sangat banyak daripada mobile.

Rute belajar coding dengan pemrograman website lebih luas, kalau kamu tidak ingin langsung belajar php mungkin bisa menggunakan javascript terlebih dahulu. Emm kenapa saya tidak menyebutkan html sebagai bahasa pemrograman ? Dari google aja udah keliatan kalau banyak yang bilang html bukan termasuk bahasa program, dia hanya bahasa markup.

Saya akan kasih list bahasa pemrograman nih biar kamu mudah belajar coding kedepannya. Tapi perlu di ingat, setiap bahasa pemrograman punya kesulitannya sendiri.

  • Java
  • Php
  • Phyton
  • Javascript
  • C++
  • C
  • Kotlin
  • Go
  • R
  • Swift
  • Dart

Dari kesekian banyaknya bahasa pemrograman kamu bakalan milih mana nih ? mungkin kamu bisa menggunakan javascript untuk memulai coding dari 0. Karena framework javascript juga ada banyak jadi kamu bisa berkreasi lebih banyak.

Contoh Coding Beserta Penjelasannya

Ternyata bisa panjang juga nih artikel wkwk. Setelah kamu mengetahui berbagai macam bahasa pemrogramman, pasti penasaran kayak gimana sih bentuk coding.

Saya ada beberapa codingan yang pendek, buat contoh aja di sini ya. Jangan mlukek, dan buat para suhu yang membaca artikel tidak jelas ini mohon di maklum ya kalau codingannya jelek wkwk.

#include <iostream>
#include <conio.h>

using namespace std;

float jariLingkaran , keliling , luas;

const float phi = 3.14;

int main()
{
    cout << "masukan nilai jari jari : ";
    cin >> jariLingkaran;

    keliling = 2 * phi * jariLingkaran;
    luas = phi * jariLingkaran * jariLingkaran;

    cout << "keliling : " << keliling << endl;
    cout << "luas : " << luas << endl;
    return 0;
}

Muncul ngga ? kalo ngga muncul komen aja dah di bawah. nanti saya benerin, atau untuk sementara klik disini jika kode tidak muncul.

Mau di jelasin atau ngga usah nih, hmm. Kayaknya biar artikel ini jadi lumayan panjang lagi saya jelasin aja deh. Jadi code di atas adalah code untuk menghitung kelilin dan luas lingkaran.

Code diatas di susun mengguanakan bahasa C++. yahh itu adalah code yang saya buat saat masih menjadi mahasiswa baru dan masih cupu tentang percodingan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Stress Saat Ngoding

Jika kamu ingin mencoba code tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi codebloks atau visual studio atau bisa juga dev c++. Coba aja sendiri ya, saya mager screen shoot.

Gimana coding itu hobby atau bukan ? setelah kamu melihat contoh codingan sederhana itu, apakah coding itu hobby ? Ya begitulah.

Udah gitu doang min ? ngga asik ahh kalo ngga di kasih tau belajar coding dari mana aja. Ok, saya kasih beberapa rekomendasi untuk kamu belajar coding.

Cari Tau : Laptop Bisnis Terbaik

Di Mana Tempat Belajar Coding Terbaik ?

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari tutorial yang bagus untuk menunjang percodingan kamu, memang ada beberapa tips dari saya agar kamu bisa belajar coding dengan baik.

Dah itu doang kayaknya deh. Memang ada semua diatas ada kekurangan dan kelebihannya masing masing. Kunci untuk belajar coding adalah LATIHAN.

Meskipun kamu kuliah, tapi kamu ngga pernah latihan itu percuma dah. Percaya sama saya. Karena saya juga begitu wkwk kadang males banget.

Namun bagi kamu pejuang otodidak, saya respect dan izinkan saya untuk merekomendasikan beberapa website terpercaya dan beberapa youtube yang bisa menunjang kamu yang ingin belajar bahasa pemrogramman atau coding.

Dari website terlebih dahulu aja deh.

  • Codepolitan.com
  • Dicoding.com
  • SekolahKoding.com
  • Udemy.com
  • BelajarPython.com
  • JagoCoding.com
  • CodeSaya.com
  • PetaniKode.com
  • MalasNgoding.com

Mungkin itu saja kali ya, izinkan saya menjelaskan juga website seperti apa mereka itu. Supaya kamu juga mendapat pencerahan jika mau belajar coding disana.

Codepolitan

Ini adalah website tempat ngoding yang lumayan populer di indonesia. Codepolitan menyediakan tutorial bahasa pemrogramman yang cukup lengkap mulai dari php, phyton, js, kotlin hingga java dan lain lain ada di sini. Namun tidak hanya tutorial saja yang ada di codepolitan banyak sekali artikel artikel tentang seputar percodingan.

Kamu bisa menjadi member premium atau ikut kelas tutorial gratis juga aja di codepolitan.

Dicoding

Tutorial yang di berikan dicoding mempunyai cara yang berbeda dari codepolitan. Programmer di wajibkan untuk menjawab semua tantangan yang di berikan oleh pihak dicoding.

Dan semua jawaban juga akan di periksa secara manual oleh expert programmer di situ. Jika jawaban yang kamu berikan salah, maka kamu harus mengulangnya sampai benar.

Sekolah Koding

Di sekolah koding terdapat ribuan vidio tutorial coding dari berbagai macam bahasa pemrogramman yang bisa kamu akses kapanpun kamu mau.

Sekolah koding meneriakan sebuah tema yaitu belajar koding mulai dari nol, oleh karena itu bagi kamu yang ingin belajar coding, di sekolah koding ramah untuk pemula.

Udemy

Udemy adalah website kursus online yang menyediakan kursus untuk berbagai bidang study. Mulai dari bisnis, musik, gaya hidup hingga bahasa pemrogramman.

Untuk bahasa pemrogramman di udemy relatif banyak juga. Seperti bahasa bahasa umum, mulai dari java, phyton, js dan lain sebagainya. Ada kursus yang gratis ada juga yang berbayar.

Belajar Python

Suka dengan bahasa phyton ? di website ini adalah khusus untuk kamu pejuang bahasa ular phyton ini. Karena di sini hanya berfokus pada satu bahasa pemrogramman saja. Kamu bisa menjadi lebih fokus untuk belajar coding deh.

Semua tutorial yang ada di website ini tersusun dengan rapih dan sistematis, jadi bisa memudahkan kamu untuk mempelajarinya secara runtut.

Jago Coding

Jago Coding menyediakan berbagai macam tutorial bahasa pemrogramman dan bahkan banyak sekali tutorial tentang framework di website ini. Kamu juga bisa upgrade ilmu percodinganmu di sini.

Code Saya

Di dalam codesaya ini menerapkan satu fitur lencana, yang sangat menarik perhatian dan cukup unik dan berbeda dibanding yang lainnya.

Dengan adanya fitur lencana ini, dapat membuat para programmer menjadi bersemangat untuk menjadi yang terbaik di situ.

Petani Kode

Petani kode adalah website yang menyediakan ribual artikel tutorial bahasa programming, misalnya seperti c++, phyton, html, dan lain lain terdapat pada website ini.

Malas Ngoding

Sama seperti petani kode, di malas ngoding juga menyediakan artikel tentang tutorial bahasa pemrogramman yang tidak kalah lengkap dengan website lainnya.

Belajar Coding Dari Youtube

Kamu juga bisa belajar coding dari youtube, nih saya kasih beberapa chanel youtube yang bisa digunakan untuk refrensi belajar coding kamu.

  • Web Programming Unpas
  • Programmer Zaman Now
  • Kelas Terbuka

Dah baru itu aja yang saya tau wkwk. Semoga bermanfaat dah.

Gimana Udah Jelas Belum Apa Itu Coding ?

Kalo kamu udah bisa ngoding kabarin deh wkwk, komen di bawah juga nggapapa. Sekian dulu ya. Cape banget nulis panjang panjang dah. Serasa bikin novel haha, tapi ngga papa dah asal hati senang sobat fiksipun ikut senang dong pastinya.

Sampai ketemu di artikel berikutnya. Bye




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.