apa itu algoritma pemrograman

Apa Itu Algoritma Pemrogramman ? Fungsi Dan Penjelasan

Taufiksi – Pernah ngga sih kamu menanyakan tentang apa itu algoritma pemrogramman dan fungsinya buat apa sih ? Saya pengin buat yang simple aja deh ini juga udah kemaleman baru buat artikelnya wkwk. Ohh ya, kamu tau arti programming belum ? kalau belum baca dulu pengertian programming dan cara kerjanya, atau kalau perlu sekalian menambah pengetahuan tentang pengertian coding itu sendiri.

Sebenarnya juga agak males hari ini, terlalu cape kayaknya, jadi lagi ngga enak badan gitu, tapi saya bela belain untuk membuat algoritma pemrogramman ini.

Mau cerita aja, daripada terlalu formal juga ya ngga. Jadi gini, kebanyakan orang awam kalau mendengar kata algoritma pasti akan menduga berkaitan dengan bahasa pemrogramman, matematika dan komputer atau berisi dengan angka tidak jelas.

Yahh, tentu saja perspektif tersebut tidak sepenuhnya salah sih, karena algoritma memang erat dengan matematika dan perhitungan lainya. Tapi untuk algoritma yang akan saya bahas disini bukan yang tentang matematika, bahas yang ringan aja wkwk algoritma pemrogramman komputer, oke ?

Jika di pecah kembali, algoritma adalah sebuah pemecahan masalah, jika kamu udah membaca design thinking, pasti tau bahwa design thinking juga merukapan pemecahan masalah. Namun algoritma ini memecahkan masalah dengan sangat runtut sampai ke akar akarnya.

Mulai Online-kan Projectmu

Udah ngodingnya capek, tapi masih di localhost ? tenang, yang kamu perlukan hanya uploud project ke hosting agar bisa diakses orang lain. Beli hosting sekarang dan dapatkan domain gratis.

Beli Hosting

Sekarang ini banyak sekali bahasa pemrogramman yang bermunculan, kenapa ? karena algoritma juga semakin berkembang, dan bahasa juga semakin berkembang. Ya saling beriringan gitu lah. Agar artikel ini di baca kamu, maka akan membuat beberapa bagian.

Pengertian Algoritma Pemrogramman

Algoritma pemrogramman berbeda dengan yang ada di pelajaran matematika yang super rumit itu, sampai sampai pusing dengan algoritma matematika wkw. algoritma pemrogramman adalah dasar untuk menciptakan program komputer, seperti kamu ingin membuat aplikasi ataupun website.

Sebelum kamu ingin membuat program komputer, hal yang pertama harus kamu ketahui adalah algoritma pemrogramman. Pengertian algoritma menurut orang orang matematis adalah suatu alur yang di pakai di dalam perhitungan atau memecahkan masalah dengan sangat kompleks. Dalam algoritma pemrogramman ini sering sekali di anggap sebagai logika untuk menentukan program yang di buat.

Namun ada pendapat lainnya tentang apa itu algoritma pemrogramman. Jadi algoritma pemrogramman adalah serangkaian uruta yang harus di ikuti dalam perhitungan operasi pemecahan masalah yang lainnya, terutama pada pemrogrmman.

Fungsi Algoritma

Yahh, seperti yang di bilang di awal itu. Jadi algoritma ini berfungsi untuk memecahkan masalah, namun dengan aturan yang sangat urut. Namun algoritma itu ada banyak sekali jenisnya, contohnya ada beberapa salah satunya algoritma greedy. Algoritma ini biasanya muncul di mata kuliah, jika kamu masuk ke jurusan informatika. Atau mungkin kamu juga akan mempelajari algoritma dasar, contohnya seperti algoritma rekursif atau bahkan algoritma conquer. Yahh semacam itu lah.

Udah kali ya wkwk. Males banget, tapi harus uploud. Mungkin lain kali akan saya perbaharui artikel ini supaya lebih lengkap lagi. Ohhh udah ngga kuat, ngantuk banget ngga enak badan wkwk.

Baca Juga :
Cara Menjadi Android Developer Profesional
Cara Mengatasi Installed Build Tools revision 31.0.0 is corrupted
Ramalan Teknologi Yang Sudah Di Buktikan

Kayaknya sih karena agak strees juga sih, padahal udah buat cara mengatasi strees malah saya yang stress sendiri wkwk.

Penutup

Sekian dulu untuk pengertian dan fungsi artikel kali ini, semoga bermanfaat artikel yang sungguh tidak jelas ini. Terima kasih sdan sampai jumpa di artikel berikutnya. Bye.




Terima kasih sudah membaca artikelnya, tetap semangat jalani harimu meskipun dunia bertolak belakang dengan keinginanmu. Dan jangan lupa ngopi supaya sadar pahitnya dunia tidak semanis mimpi. Ahay

Tertanda Sayang


Taufik Nurhidayah
Traktir Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.